Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah di universitas melbourne australia

Kuliah di Universitas Melbourne Australia

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Kuliah di Universitas Melbourne Australia

Ada banyak keinginan setelah menamatkan pendidikan menengah di Indonesia, salah satunya dengan menempuh kuliah di luar negeri. Jika kesempatan itu ada di depan mata, jangan pernah untuk melewatkannya. Apalagi, jika negara yang dituju adalah Australia. Ya, Negeri Kanguru ini memang telah lama dikenal sebagai negara destinasi belajar terbesar di dunia. Australia memiliki beragam universitas dengan kualitas pendidikan berstandar internasional yang memuat kurikulum penelitian dan pengembangan ilmiah terbesar di dunia.

Salah satu kota di Australia yang diminati banyak siswa internasional untuk berkuliah adalah Melbourne. Jumlah universitasnya yang cukup banyak dengan beragam aktivitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri untuk mendapatkan pengalaman belajar terbaik di kota metropolitan ini.

Mengapa Kuliah di Melbourne Australia?

Melbourne adalah ibu kota negara bagian Victoria di Australia. Kota ini merupakan kota bisnis terpenting kedua di Australia dan kota terbesar di Victoria. Selain itu, Melbourne merupakan kota paling nyaman dihuni di dunia. Di kota ini, para pelajar dimanjakan dengan beragam fasilitas kota yang lengkap dan modern. Mereka dapat merasakan kenyamanan dengan beragam alasan. Di antaranya, keramahtamahan penduduk lokal, akses transportasi yang mudah, akomodasi mahasiswa dan layanan kuliner yang baik dengan harga terjangkau, budaya yang dinamis, serta kegiatan olaharaga yang beragam. Semua atraksi yang disuguhkan di kota ini membuat gaya hidup Australia kian menarik, termasuk pantai yang indah, kehidupan malam, cuaca yang cerah, dan kegiatan budaya—seni, musik, komedi, film, mode, dan sejumlah perayaan multikultural.

Seperti kota-kota lain di Australia, hal yang kerap menjadi kendala para mahasiswa internasional adalah keterjangkauan biaya hidup dan kuliah. Namun, untuk standar hidup yang tinggi dan panorama alam yang luar biasa, Melbourne tetap menjadi kota yang sulit ditandingi.

Semua universitas di Melbourne mudah dijangkau dengan transportasi umum. Tersedia pula infrastruktur yang lengkap untuk membantu semua mahasiswa dalam masa studi mereka.

Baca juga :
Kehidupan Di Melbourne Australia, Mahasiswa Harus Tahu!

5 Tempat Universitas Terbaik Untuk Kuliah di Melbourne

Melbourne adalah ‘rumah’ bagi 7 (tujuh) universitas favorit di Australia yang bereputasi internasional. Tiga di antaranya (yaitu Monash University, RMIT University, dan University of Melbourne) memiliki lebih dari 50.000 mahasiswa. Secara keseluruhan, universitas-universitas yang ada di Melbourne tersebut menjadi tempat perkuliahan bagi sekitar 277.000 mahasiswa, termasuk 91.000 mahasiswa internasional.

Berikut daftar 5 (lima) nama universitas terbaik untuk kuliah di Melbourne yang menempati peringkat teratas di Australia, seperti dimuat dalam QS World University Rankings 2018.

1. University of Melbourne

Berdiri pada tahun 1853, University of Melbourne merupakan universitas tertua kedua di Australia yang paling bergengsi. Sejak batu fondasi diletakkan pertama kali hingga penemuan terkini di bidang biomedis, hukum, humaniora, dan budaya, Melbourne telah memetakan masa lalu yang kaya dan memesona serta menunjukkan masa depan yang gemilang.

Universitas ini menjadi lembaga pendidikan tinggi negeri yang memberikan kontribusi tersendiri bagi masyarakat dalam penelitian, pembelajaran, pengajaran, dan interaksinya. Konsistensinya di dunia pendidikan tinggi telah mencatatkan universitas ini sebagai universitas peringkat pertama di Australia dan peringkat ke-32 terbaik di dunia, seperti yang dimuat dalam Times Higher Education World University Rankings 2017-2018.

Saat ini, University of Melbourne memiliki lebih dari 17.800 mahasiswa internasional dari berbagai negara. Universitas ini memiliki 7 (tujuh) kampus, 4 di antaranya berlokasi di sebelah utara pusat kota, yaitu Kampus Parkville, Burnley, Southbank, Werribee. Sementara 3 (tiga) kampus lainnya terletak di luar kota, yaitu Kampus Creswick, Dookie, dan Shepparton.

2. Monash University

Monash University didirikan oleh Undang-Undang Parlemen pada tahun 1958. Universitas ini mengambil nama seorang insinyur yang juga tokoh pimpinan militer publik, yaitu Sir John Monash. Universitas ini menjadi universitas pertama yang didirikan di negara bagian Victoria selama lebih dari 100 tahun dan tumbuh sesuai visi awalnya, yaitu mencipatakan lembaga tersier yang berfokus pada penelitian sains dan teknologi.

Monash telah berkembang membentuk jaringan kampus, pusat pendidikan, dan kemitraan yang menjangkau seluruh dunia. Dengan sekitar 60.000 mahasiswa dan 350.000 alumni dari 170 negara, menjadikan Monash University tumbuh menjadi universitas terbesar di Australia. Universitas ini memiliki keunggulan dalam penelitian manufaktur dan pengajaran di masa depan.

Ada 10 (sepuluh) fakultas dengan berbagai program studi yang ditawarkan di Monash. Di antaranya—Seni, Desain, dan Arsitektur; Bisnis dan Ekonomi; Pendidikan; Teknik; Teknologi Informasi; Hukum; Ilmu Kedokteran; Keperawatan dan Ilmu Kesehatan; Ilmu Farmasi; dan Sains. Hingga saat ini, Monash memiliki 5 (lima) kampus yang berlokasi di Melbourne, yaitu Kampus Berwick, Caulfield, Clayton, Parkville, dan Peninsula. Selain di Australia, Monash University juga hadir di 4 (empat) negara berbeda, yaitu China, India, Italia, dan Malaysia.

3. RMIT University

Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) University adalah universitas metropolitan Melbourne yang menjadi tujuan studi terbesar bagi siswa internasional di Australia. Awalnya, universitas ini didirikan pada tahun 1887 sebagai perguruan tinggi khusus untuk para mahasiswa pria yang juga sedang bekerja. Seiring perkembangannya, RMIT University telah menjadi universitas teknologi, desain, dan perusahaan global. Pada 2013, RMIT membuka pusat penelitian dan kolaborasi industri di Barcelona, Spanyol. Dengan kemitraan pengajaran yang signifikan di Asia dan Eropa, serta kemitraan penelitian dan industri di setiap benua, RMIT menjadi bagian global yang kuat.

Universitas ini memiliki keunggulan pendidikan profesional dan kejuruan, riset terapan, dan kemitraan industri di seluruh dunia. Sejumlah catatan prestasi telah diraihnya, di antaranya—menempati peringkat ke-15 tertinggi di Australia versi QS World University Rankings 2018-2019; peringkat ke-11 dunia dalam program studi Seni dan Desain; dan peringkat ke-20 dunia dalam program studi Perpustakaan dan Manajemen Informasi, masing-masing versi QS World University Rankings by Subject 2018.

Saat ini, RMIT University berkembang menjadi lembaga tersier terbesar di Australia dengan jumlah mahasiswa lebih dari 84.000 orang, termasuk 13.000 mahasiswa pascasarjana. Universitas ini memiliki 3 (tiga) kampus di Australia (yaitu Kampus City, Brunswick, Bundoora), 2 (dua) kampus di Vietnam, serta pusat riset dan kemitraan industri di Spanyol. Kampus RMIT University yang berlokasi di Melbourne dan Vietnam menampilkan bangunan megah dan sejumlah fasilitas berteknologi mutakhir. Sementara, Kampus Melbourne City terletak di jantung kosmopolitan yang dikelilingi oleh transportasi umum, restoran, kafe, teater, galeri, dan taman. Di kampus ini, terdapat 45.000 mahasiswa yang belajar di semua bidang minat utama. Kampus RMIT ini telah menjadi bagian integral dari karakter Melbourne selama lebih dari seratus tahun.

4. Deakin University

Deakin University adalah universitas yang dinamis dan kontemporer yang memiliki reputasi inovatif, dinamis, dan ramah. Universitas ini menggabungkan aspek penelitian yang berkualitas dan pengajaran yang luar biasa dengan berfokus kuat pada masyarakat.

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun sebagai salah satu penyedia pendidikan tinggi terkemuka di Australia dalam kualitas penelitian dan pengajaran yang diakui secara internasional, universitas ini memenangkan banyak penghargaan. Deakin University menempati deretan 200 teratas universitas paling bergengsi di dunia versi Academic Ranking of World Universities 2018. Selain itu, Deakin menempati peringkat teratas kategori universitas dengan kepuasan mahasiswa terbaik di Victoria.

Setiap tahunnya, tercatat lebih dari 53.000 mahasiswa yang belajar di Deakin University. Universitas ini menawarkan siswa-siswanya program kelas dunia dan peluang tanpa batas. Deakin juga dikenal sebagai universitas yang terhubung secara global, dengan 5 (lima) kampus yang berlokasi di Geelong (Kampus Waurn Ponds, Waterfront), Melbourne (Kampus Burwood), dan Warrnambool, termasuk kampus online, Cloud, serta pusat pembelajaran sarat teknologi di luar kota.

Baca juga :
Cara Daftar Kuliah Di Universitas Melbourne

5. La Trobe University

Nama universitas ini diambil dari nama seorang inspektur pertama dari Port Phillip District, yaitu Sir Charles La Trobe pada era tahun 1839. Pria ini telah berjasa dalam pembentukan Negara Bagian Australia di Victoria dengan sejumlah nilai-nilai sosial yang progresif. Nilai-nilai inilah yang hingga kini digunakan La Trobe sebagai misi universitas untuk melayani masyarakat melalui peningkatan akses pendidikan tinggi. La Trobe University bertujuan untuk memberikan perkuliahan inovatif dengan target topik yang relevan dengan bidang karier.

La Trobe University terletak di negara bagian Victoria yang memiliki banyak kampus. Kampus utamanya berbasis di Bundoora—16 km dari Kota CBD Melbourne. Sementara kampus-kampus besar lainnya berada di Albury-Wodonga, Bendigo, Mildura, Shepparton, dan Sydney. Seiring perkembangannya, La Trobe telah menjadi salah satu universitas perintis di Australia selama lebih dari 50 tahun. Hingga kini, La Trobe University memiliki jaringan kampus dengan lebih dari 26.000 mahasiswa yang belajar di Kampus Melbourne dan lebih dari 7.500 mahasiswa yang belajar di kampus-kampus lainnya.

Ada lebih dari 20.000 universitas di seluruh dunia. La Trobe sendiri menempati peringkat ke-317 terbaik dunia versi Academic Ranking of World Universities 2018. Prestasi bidang penelitian universitas ini juga mencatatkannya ke dalam universitas riset terbaik di dunia versi QS World University Rankings by Subject 2018.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang universitas terbaik untuk kuliah di Melbourne, Australia, silakan menghubungi kami konsultan pendidikan luar negeri.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan