Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah di universitas perth australia

Kuliah di Universitas Perth Australia

Beranda / Perkuliahan / Info Universitas / Kuliah di Universitas Perth Australia

Memimpikan bisa kuliah di Australia tidaklah berlebihan. Ya, negara yang letaknya berdekatan dengan Kota Denpasar ini memang telah lama menjadi destinasi belajar terbesar bagi siswa internasional dari seluruh negara, termasuk Indonesia. Hingga kini kurang lebih sudah lebih dari 2.5 juta lulusan internasionalnya yang berkarier di berbagai perusahaan dunia ataupun kembali ke negara asal dengan membuat perubahan setelah kuliah di Australia.

Ada banyak kota di Australia yang dikenal kondusif untuk belajar, salah satunya, Perth. Perth adalah ibu kota negara bagian Australia Barat—negara bagian dengan luas wilayah terbesar di Australia. Perth dijuluki sebagai salah satu Kota Pelajar di mana lebih dari 56.000 siswa internasional dari sekitar 200 negara datang untuk belajar setiap tahunnya. Dengan memiliki sejumlah predikat terbaik, Perth menjadi kota yang paling berkilau dan kian dilirik para pendatang.

Mengapa Kuliah di Perth?

Terletak di tepi Swan River yang megah di sudut barat daya Australia Barat, Perth telah tumbuh menjadi kota kosmopolitan berpenghuni 1.4 juta penduduk yang terdepan di beragam sektor. Perth menawarkan tempat yang unik untuk belajar. Para siswa internasional dapat menemukan segala sesuatu yang mereka butuhkan untuk mencapai potensi mereka di Perth. Di kota ini, para pemikir dan pengajar terkemuka dunia terlibat hingga universitas-universitasnya dapat mencapai standar internasional.

Beragam jenjang pendidikan kelas dunia ada di kota ini dengan pilihan program belajar yang fleksibel. Pendekatan praktis negara terhadap pendidikan dipandu oleh staf pengajar ahli di bidangnya untuk memastikan para mahasiswa telah mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang andal di dunia yang semakin kompetitif. Pengalaman belajar mahasiswa tidak hanya akan memberi mereka pembelajaran, tetapi juga peluang untuk menjadi bagian dari jaringan akademis dan profesional di masa depan.

Tak hanya sektor pendidikan tinggi, para praktisi profesional pun terjun ke sektor industri demi membangun Perth. Kehidupan budaya di kota ini pun telah berkembang seiring pertumbuhan ekonomi yang pesat. Perth pun telah berhasil menjadi pusat seni dan pariwisata di Australia Barat.

Perth menawarkan apa yang tidak dapat dilakukan oleh kota lain. Ada banyak kesempatan untuk menjadi bagian dari kehidupan kota, dimana gaya hidup, unsur keselamatan, dan norma masyarakat masih menjadi tradisi penting.

Baca Juga:
Estimasi Biaya Kuliah Universitas Di Perth

5 Universitas Populer Kuliah Di Perth Australia

Ada sejumlah universitas di Perth yang termasuk ke dalam lembaga pendidikan tinggi. Kota yang dijuluki juga dengan Kota Pendidikan di Australia ini menawarkan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa peminatnya dengan fasilitas layanan dukungan mahasiswa yang tiada dua. Hal ini menjadi pilihan yang sulit untuk memutuskan universitas Perth mana yang lebih menarik. Setiap tahunnya, banyak siswa internasional memutuskan untuk kuliah di Perth. Udara yang bersih, pantai yang indah, iklim yang sejuk, keramahan penduduk, juga kemudahan akses transportasi dan fasilitas kota menjadi daya tarik utama. Semua universitas di Perth memang memilki daya tarik tersebut. Jadi, langkah terpentingnya kita dapat mengeksplorasi program kuliah masing-masing universitas dan melihat apa yang mereka tawarkan di bidang yang diminati.

Berikut daftar 5 (lima) nama universitas terpopuler untuk kuliah di Perth Australia, yang layak untuk Anda pilih.

1. Curtin University

Curtin University merupakan universitas terbesar dengan kultur paling beraneka ragam di Australia Barat. Universitas ini berbasis di Kampus Bentley yang terletak sekitar 8 km dari Kota Perth CBD. Populasi mahasiswa internasionalnya tercatat menempati peringkat ketiga di Australia. Banyaknya jumlah mahasiswa internasional yang belajar di universitas ini turut didukung oleh adanya program kemitraan pendidikan dan penelitian di kawasan Asia.

Sejumlah rekam jejak prestasi telah diraih Curtin University. Universitas ini menempati peringkat satu persen teratas dari universitas di seluruh dunia versi Academic Ranking of World Universities 2018. Selain itu, Curtin juga termasuk peringkat 10 besar untuk kategori institusi akademis teratas di Australia versi Nature Index 2018. Untuk bidang Teknik Pertambangan dan Mineral, Curtin menduduki peringkat kedua di dunia, seperti dimuat dalam QS World University Rankings by Subject 2018.

Saat ini, Curtin University memiliki lebih dari 48.000 mahasiswa internasional dari berbagai belahan negara. Kampusnya tidak hanya berlokasi di Perth, Australia saja, tetapi di beberapa kota di wilayah Dubai, Malaysia, Mauritius, dan Singapore. Universitas memiliki jaringan industri yang kuat, menerapkan pembelajaran praktis, berkomitmen kuat untuk keadilan sosial, menumbuhkan budaya berpikiran maju untuk mahasiswa, staf, dan masyarakat luas.

2. Edith Cowan University

Edith Cowan University (ECU) merupakan universitas yang berbasis di bagian utara pusat perkotaan Perth dengan fokus pengajaran dan penelitian. Penelitian di ECU memperluas pengetahuan dan meningkatkan kualitas hidup warga Australia juga dunia.

Ada sejumlah prestasi bintang lima yang dicatatkan oleh universitas ini. Para lulusan ECU memberi penilaian bintang lima untuk kualitas pengajaran. Rating ini telah dicapai selama 12 tahun berturut-turut. Hal ini membuat ECU menjadi salah satu universitas terbaik dari dua universitas publik dan satu-satunya di Australia Barat, seperti dimuat dalam Good Universities Guide 2019. Selain itu, ECU menempati deretan 150 teratas universitas muda terbaik dunia versi Times Higher Education 2018.

Tercatat saat ini, ada sekitar 6.000 mahasiswa internasional dari 100 negara yang berbeda di ECU. Universitas ini memiliki 3 (tiga) kampus di Australia Barat, yaitu Joondalup dan Mount Lawley di kawasan metropolitan Perth, serta South West di Kota Bunbury—yang berjarak sekitar 200 km dari selatan Perth CBD. Selain program perkuliahan yang berlangsung di kampus, universitas ini juga menyediakan program pembelajaran jarak jauh bagi mahasiswa internasionalnya.

3. Murdoch University

Murdoch University terletak di pusat kota Perth. Universitas ini tumbuh dan beradaptasi dalam tradisi kebebasan perspektif, yang dimulai sejak berdiri hingga menjadi investasi berkelanjutan dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian. Murdoch adalah tempat sektor bisnis, industri, riset, mahasiswa, alumni, dan komunitas yang lebih luas berkumpul bersama untuk belajar, berinovasi, dan berkolaborasi. Dengan lebih dari 23.000 mahasiswa dan 1.700 staf dari 90 negara berbeda, Murdoch bangga menjadi yang terdepan. Para lulusannya dibimbing untuk dapat berpikir bebas, memahami penelitian yang dapat mengubah kehidupan, mengembangkan kampus yang inovatif, dan mengembangkan industri yang telah diciptakan, baik di Australia maupun di seluruh dunia.

Berbagai program gelar yang ditawarkan universitas diminati sekitar 19.700 mahasiswa program sarjana, 3.800 mahasiswa pascasarjana, termasuk 10.100 mahasiswa internasional dari seluruh negara. Universitas ini menjangkau lima kampus di tiga negara dan menawarkan mahasiswa beragam lingkungan belajar. Tiga kampus yang terletak di Australia Barat—Perth, Rockingham, dan Mandurah, serta dua kampus di negara lain—Dubai dan Singapore. Kampus-kampus tersebut menawarkan pembelajaran dan lingkungan pengajaran yang nyata, pusat riset yang memfasilitasi kolaborasi dan inovasi, serta berbagai fasilitas dan layanan dukungan untuk digunakan oleh komunitas yang lebih luas.

Sejumlah prestasi global telah dicatatkan universitas ini. Di antaranya, sebagai universitas dengan rating bintang lima untuk kategori lulusan dengan pengalaman pendidikan dan kompensasi kerja terbaik versi The Good Universities Guide 2018. Murdoch juga menempati peringkat teratas dalam lima bidang studi, seperti dimuat dalam QS World University Rankings by Subject 2017. Di tahun 2015, universitas ini juga menyandang predikat universitas riset bereputasi dunia untuk 85% bidang studi riset yang diberikan oleh Excellence in Research for Australia (ERA) – Australian Research Council. Sementara, seperti yang dimuat dalam Times Higher Education 2017, Murdoch University termasuk dalam salah satu universitas terbaik di Australia dan Asia Pasifik, serta menempati deretan 100 universitas muda teratas dunia.

4. University of Notre Dame Australia

University of Notre Dame adalah universitas katolik swasta modern yang berbasis di Fremantle, kawasan metropolitan Perth. Kawasan ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan penuh nilai sejarah. Universitas ini sangat terbuka bagi semua peminat tanpa memandang unsur etnis dan agama. Sebagai institusi pendidikan, Notre Dame terbuka dalam berbagai riset dan diskusi ilmiah.

Universitas ini memiliki tiga kampus berbeda, yaitu Kampus Fremantle dan Kampus Broome di Perth,  serta Kampus New South Wales di Sydney. Saat ini, universitas memiliki sekitar 12.000 mahasiswa dari berbagai program studi gelar sarjana maupun pascasarjana yang komprehensif.

Para mahasiswa dibekali dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan profesional demi mewujudkan potensi mereka. Notre Dame menyakini bahwa pendidikan tinggi harus dapat mempersiapkan mahasiswa untuk kehidupan yang baik, memuaskan dan reflektif, bukan sekadar peluang kerja. Pihak universitas melibatkan semua tradisi dan nilai yang diyakini dalam berbagai program kampus—penyelenggaraan beasiswa dan penelitian, perkembangan dan tantangan dunia modern untuk melayani semua elemen kampus, termasuk membantu semua mahasiswa dalam mencapai keunggulan akademis yang diharapkan.

5. University of Western Australia

University of Western Australia (UWA) adalah universitas bergengsi di Australia yang letaknya dekat dengan Perth CBD. Universitas ini merupakan satu-satunya anggota dari Group of Eight di negara bagian Australia Barat. Group of Eight adalah kumpulan dari 8 (delapan) universitas terbaik di Australia.Universitas tertua di Australia Barat yang berdiri sejak tahun 1911 ini juga menjadi tempat destinasi studi para siswa lulusan sekolah-sekolah di Perth.

Dikenal memiliki rekam jejak akademis yang baik, UWA memberikan kualitas pendidikan bertaraf dunia— keunggulan dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian. Di sinilah, mahasiswa dipersiapkan untuk mendapat posisi terbaik di dunia kerja.

Ada 4 (empat) fakultas yang tersedia di UWA, yaitu Fakultas Seni, Bisnis, Hukum dan Pendidikan; Fakultas Teknik dan Ilmu Matematika; Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan; serta Fakultas Sains. Saat ini, sekitar 25.100 mahasiswa terdaftar di UWA, termasuk 4.800 mahasiswa internasional. Para mahasiswa belajar di tiga kampus—Crawley dan Claremont yang terletak di Perth dan kampus lainnya di Albany.

Baca juga :
Estimasi Biaya Kuliah Di Perth Australia

Estimasi Biaya Kuliah di Perth Australia

Siswa internasional diharapkan membayar penuh biaya sekolah mereka sebelum mereka dapat memulai program studi mereka. Menurut situs Study In Australia, berikut adalah biaya kuliah (dalam Dolar Australia (AU$) yang harus kamu bayarkan selama belajar di Perth:

  • Undergraduate Bachelor Degree: $15,000 to $33,000
  • Postgraduate Masters Degree: $20,000 to $37,000
  • Doctoral Degree: $14,000 to $37,000

Namun, biayanya akan sangat tergantung dengan pilihan universitas, program dan durasi perkuliahan yang kamu pilih. Perlu diingat bahwa rentang yang disediakan tidak termasuk kursus mahal seperti studi kedokteran atau kedokteran hewan. Kamu dapat melihat biaya spesifik untuk belajar di Perth melalui situs web universitas tujuan kamu.

Selain biaya kuliah, kamu juga perlu memperhatikan biaya hidup yang mungkin akan kamu keluarkan selama kuliah di Perth, berikut beberapa daftarnya:

  • Akomodasi: $70 hingga $400 per minggu – yang termurah biasanya adalah akomodasi dalam kampus sedangkan yang lebih mahal adalah sewa di luar lingkungan sekolah
  • Makanan dan bahan makanan: $80 hingga $200 – semakin banyak makan di luar, semakin mahal harganya
  • Utilitas (misalnya gas, listrik): $60 hingga $100 per minggu
  • Telepon dan internet: $20 hingga $50 per minggu
  • Transportasi: $10 hingga $50 per minggu (akan lebih murah jika memilih berjalan kaki atau bersepeda)
  • Hiburan: $50 hingga $100 per minggu

Perhatikan bahwa kamu juga harus mempertimbangkan biaya visa pelajar dan bahkan asuransi perjalanan dan kesehatan. Untuk asuransi kesehatan, kamu dapat mempertimbangkan Overseas Student Health Cover – asuransi khusus untuk pelajar internasional.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan