Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
kuliah engineering di singapore

Kuliah Engineering di Singapore

Beranda / Perkuliahan / Info Jurusan / Kuliah Engineering di Singapore

Engineering merupakan salah satu disiplin atau jurusan yang semakin lama semakin populer di kalangan pelajar Indonesia. Engineering sendiri terbagi menjadi beberapa disiplin seperti Civil Engineering, Mechanical Engineering, Mechatronic Engineering, Electrical Engineering , Aerospace Engineering, Chemical Engineering dan masih banyak lagi. 

Untuk dapat diterima di salah satu Sekolah Tinggi Teknik di Singapura, siswa harus memenuhi beberapa kriteria kelayakan yang ditentukan oleh Universitas. Setiap Universitas mempunyai persyaratan tersendiri. 

Universitas di Singapura untuk Kuliah Engineering

Singapura adalah salah satu tujuan pilihan bagi pelajar yang ingin belajar di luar negeri. Universitas-universitas di Singapura menawarkan pendidikan berkualitas tinggi yang sebanding dengan pendidikan yang ditawarkan di AS dan negara-negara maju lainnya. Belajar engineering di Singapura akan membantu siswa memperoleh pengalaman akademis dan penelitian di berbagai bidang dan memiliki akses terhadap perekonomian Singapura yang kuat. 

Berikut beberapa universitas di Singapura yang bisa kamu pilih untuk belajar Engineering:

Nanyang Technological University

Didirikan pada tahun 1981, Nanyang Technological University menempati peringkat ke-11 secara global dalam QS World University Rankings 2021 dan merupakan salah satu universitas terbaik dan peringkat ke-3 di Asia. Ini adalah Universitas negeri, dianggap oleh sebagian besar orang sebagai yang terbaik di negara ini untuk mengejar bidang Teknik.

Berada di urutan teratas dalam daftar perguruan tinggi Teknik di Singapura, NTU terkenal dengan beragam program Sarjananya, yang menawarkan program-program berikut kepada para mahasiswanya:

  • Aerospace Engineering
  • Civil Engineering
  • Computer Engineering
  • Electric and Electronic Engineering
  • Mechanical Engineering
  • Bioengineering
  • Marine Engineering

Universitas juga menawarkan program studi kerja untuk pengembangan keterampilan dan untuk membekali mahasiswa dengan paparan industri penting dan kurikulum pembelajaran praktis.

National University of Singapore

Didirikan pada tahun 1905, National University of Singapore adalah salah satu Universitas tertua dan paling terkenal di negara ini. Dengan tiga kampus utamanya di Kent Ridge, Outram dan Bukit Timah, institusi ini menawarkan gelar Sarjana Teknik empat tahun dalam disiplin ilmu berikut:

  • Biomedical Engineering
  • Chemical Engineering
  • Civil Engineering
  • Computer Engineering
  • Marine Engineering
  • Electrical Engineering
  • Environmental Engineering
  • Industrial & Systems Engineering

Untuk melengkapi gelar tradisional ini, Universitas menawarkan program spesialisasi unik yang merupakan salah satu alasan utama mengapa mahasiswa internasional menganggapnya sebagai salah satu perguruan tinggi Teknik terbaik di Singapura. 

Singapore Management University

Singapore Management University memiliki fakultas khusus untuk studi Teknik, yang disebut sebagai Fakultas Sistem Informasi. Salah satu perguruan tinggi Teknik terpilih di Singapura, memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja yang sangat tinggi sebesar 97,8% dan menawarkan kursus TI khusus di tingkat sarjana di bawah gelar B.Sc dalam mata pelajaran berikut:

  • Information Systems
  • Computer Science
  • Computing and Law

Selain itu, Singapore Management University juga terkenal dengan sekolah Manajemen dan Ilmu Sosialnya, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di semua bidang karir.

Singapore University of Technology and Design

Didirikan oleh profesor MIT Thomas L. Magnanti pada tahun 2009, Singapore University of Technology and Design adalah lembaga otonom yang memberikan pendidikan khusus di bidang Teknik, Arsitektur, dan Desain. Mata kuliahnya seragam untuk tiga semester pertama, setelah itu mahasiswa memilih spesialisasi yang ingin mereka ambil dari empat pilar studi mereka:

  • Architecture and Sustainable Design
  • Engineering Product Development
  • Engineering Systems and Design
  • Information Systems Technology and Design

Sebagai salah satu perguruan tinggi teknik dan Teknik khusus di Singapura, institusi ini telah mengembangkan kurikulum pendidikan uniknya sendiri untuk mahasiswa sarjana dengan program studi Teknik yang mencakup total durasi tiga setengah tahun.

Alasan Kuliah di Singapura

Engineering sebagai salah satu jurusan favorit juga memiliki prospek kerja yang baik dan juga termasuk dalam profesi dengan tingkat penghasilan yang diatas rata-rata dibandingkan dengan jurusan lain nya seperti bisnis. Tak heran, banyak pelajar Indonesia yang tertarik dan mencoba untuk mencari pengalaman kerja di Singapore setelah lulus kuliah engineering di Singapore.

Banyak pelajar yang memilih untuk meneruskan kuliah jurusan Engineering di Singapore antara lain karena beberapa hal seperti:

  • Sistem Pendidikan Yang Sangat berkualitas
  • Pilihan Universitas-Universitas Top dengan harga terjangkau
  • Durasi yang relatif lebih singkat dibandingkan banyak destinasi lainnya

Biaya untuk belajar Engineering di Singapura bergantung pada berbagai faktor seperti universitas, lokasi, gaya hidup, pengaturan perjalanan, dan biaya lain-lain. Untuk mengikuti kursus akademis apa pun di Singapura, pelajar perlu mengajukan visa pelajar. Permohonan visa pelajar Singapura diajukan melalui sistem Student’s Pass On-Line Application & Registration (SOLAR) di portal Imigrasi dan CheckPoint Authority (ICA) – Singapura. Pemrosesan sebesar SGD 30 dikenakan.

Siswa, yang ingin tinggal kembali di Singapura setelah menyelesaikan studinya, harus mengajukan Izin Kerja Pasca Studi. Siswa, yang menerima gelar mereka dari Institutes of Higher Learning (IHL) yang terdaftar, dapat menerima Visit Pass jangka panjang (LTVP). Masa berlaku LTVP hingga 2 tahun.

Singapura memiliki perekonomian yang sangat kuat dan merupakan rumah bagi beberapa raksasa keuangan terbesar dan perusahaan multinasional lainnya di dunia. Selain itu, standar pendidikan di Singapura sangat tinggi. Gaji bulanan rata-rata seorang Insinyur di Singapura hampir SGD 4,000. Semua faktor ini menjadikan Singapura tujuan yang menguntungkan untuk bekerja dan belajar.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan