Tips sukses belajar Bahasa Inggris

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bagi sebagian orang, belajar bahasa inggris adalah hal yang sulit, padahal sebagai bahasa internasional, hampir semua orang dituntut untuk bisa menguasai atau setidaknya mengerti Bahasa Inggris. Bahkan, dari sekolah dasar, mata pelajaran yang satu ini menjadi pelajaran wajib hampir di semua sekolah.

Mempelajari bahasa Inggris, biasanya dimulai dari mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, cara pelafalan dan penulisan. Jika sudah memahami dasar-dasar ini, maka akan lebih mudah untuk memahami materi lainnya.

Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari Bahasa Inggris akan cukup rumit jika kamu tidak memahami dasarnya. Untuk itu, kamu perlu paham betul mengenai dasar-dasar Bahasa Inggris dengan belajar Bahasa Inggris dasar. Dengan begitu, kamu lebih mudah mempelajari berbagai aspek dan ilmu yang ada di dalamnya. Berikut beberapa tips belajar Bahasa Inggris cepat dengan cara yang mudah.

1. Belajar Kosakata

Untuk mempelajari kosakata, kamu bisa menggunakan berbagai cara. Kamu bisa menulis beberapa kosakata di catatan kecil secara rutin atau juga menggunakan Flashcard. Meski terdengar membosankan, penggunaan Flashcard nyatanya terbukti ampuh untuk menghafalkan kata karena kamu akan mengulangnya secara terus menerus.

Baca: 
Belajar dan Kursus Bahasa Inggris Online Bersama Guru Berpengalaman

Flashcard sendiri adalah sejenis kartu yang berisi kata-kata dalam kategori tertentu. Misalnya, Flashcard tentang binatang, warna atau juga makanan.

Tak harus beli, kamu bisa membuat Flashcard dengan mudah di rumah. Atau jika kamu membutuhkan Flashcard lengkap dengan gambar, kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko buku.

2. Membaca Berita atau Artikel Berbahasa Inggris

Sering baca berita dan artikel? Nah, kamu bisa membaca berita dan artikel berbahasa Inggris. Biasakan dirimu adengan mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris. Cari berita dengan topik yang kamu senangi, misalnya bisnis, selebriti atau kesehatan.

Berita-berita berbahasa Inggris bisa kamu temukan dengan mudah di portal berita internasional seperti CNN atau Dailymail.

3. Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Di jaman serba canggih seperti sekarang, kamu bisa menyesuaikan gaya belajar yang kamu inginkan. Jika membaca berita atau artikel terlalu membosankan, kamu bisa mendengarkan Podcast berbahasa Inggris yang sekarang bisa kamu temui dengan mudah.

Baca: 
Begitu Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Masa Depan

Tema-tema yang diangkat dalam podcast juga cukup ringan sehingga bisa kamu terima dengan baik, mulai dari tema komedi, olahraga, hingga sosial budaya.

Podcast sendiri bisa kamu temukan di Spotify atau Apple Podcast. Mulailah dari berita pendek atau tema yang kamu sukai.

4. Menulis dengan Bahasa Inggris

Siapkan buku catatan ke manapun kamu pergi. Cari kosakata yang kamu anggap menarik setiap hari dan tulis di buku tersebut.

Atau kamu juga bisa menulis kalimat pendek di buku tersebut. Jika membawa buku terlalu merepotkan untukmu, maka kamu bisa menulis di catatan smartphone milikmu atau juga di sosial media yang kamu punya.

Jangan malu jika menulis kalimat yang salah, dari sana kamu bisa belajar banyak dan memperbaiki kesalahan yang kamu lakukan. Menulis kalimat berbahasa Inggris secara rutin juga akan membuatmu mengingat kalimat tersebut dan memahaminya.

5. Gunakan Aplikasi

Saat ini, mungkin ada banyak orang yang mulai meninggalkan kamus fisik. Kebanyakan dari mereka beralih ke kamus online atau aplikasi-aplikasi khusus untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Untungnya, kini ada banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari dan memahami Bahasa Inggris. Sebut saja, DuoLingo yang cukup populer digunakan untuk belajar berbagai bahasa, seperti Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol dan Indonesia.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi menulis gratis, seperti Grammarly untuk mengecek tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris yang kamu tulis.

6. Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu kesulitan untuk mempelajari Bahasa Inggris sendiri, maka kamu bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris di lembaga pendidikan non-formal.

Dengan mengikuti kursus, jadwal belajar kamu akan lebih teratur dan kamu akan dibimbing langsung oleh tutor berpengalaman sehingga ilmu yang disampaikan bisa lebih mudah dipahami. Kamu juga lebih disiplin dalam mempelajari Bahasa Inggris ini.

Kini, ada banyak lembaga kursus yang bisa dipilih. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisimu saat ini, atau level kemampuan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa menerima ilmu yang tepat.

7. Ikut Berbagai Forum di Internet

Cara belajar Bahasa Inggris yang paling tepat adalah dengan menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi sehari-hari. Jika tidak ada teman atau rekan yang bisa melakukan percakapan denganmu, kamu bisa cari forum di internet.

Baca: 
Belajar Bahasa Inggris Dengan Harga Terjangkau

Berbagai website tersedia untuk menghubungkan kamu dengan orang-orang yang juga ingin belajar Bahasa Inggris. Temukan website yang tepat dan pastikan kamu berhati-hati jika ada website yang mengharuskan kamu membagikan informasi pribadi.

Dengan mempelajari dan memahami Bahasa Inggris, kamu bisa mengembangkan diri dan bahkan mendapatkan karir yang lebih cemerlang di masa mendatang.

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan hampir di semua negara dan menjadi bahasa internasional. Kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai negara jika memahami bahasa yang satu ini.


Sharing is Caring!

|

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Promo

ICAN - General English

 

Event

International Virtual Education Expo 2021

Chat with us: