User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

10 Sekolah Animasi Terbaik di Dunia

10 Sekolah Animasi Terbaik di Dunia

 

Industri kreatif kian menjadi primadona karena memiliki prospek yang sangat cerah seiring perkembangan teknologi. Jika Anda tertarik berkarier dalam industri kreatif, menempuh pendidikan seni animasi adalah suatu keharusan. Di Indonesia, perkembangan industri kreatif memiliki kontribusi yang besar terhadap lahirnya para seniman muda yang andal. Mereka bergerak dalam berbagai bidang kreatif, termasuk seni animasi.  Ya, animasi yang telah lahir sejak awal 1900-an ini memang berperan besar dalam kehidupan sehari-hari. Animasi bukan sekadar film kartun yang digemari anak-anak, tetapi digunakan secara luas dalam iklan, pertunjukkan ilmiah, ataupun dalam permainan komputer. Ini berarti ada banyak pilihan karier yang tersedia di industri animasi.

Menggambar, bercerita, keterampilan komputer tingkat lanjut, dan pengetahuan lanjutan tentang program umum yang digunakan dalam industri ini sama pentingnya. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh seorang praktisi animasi - animator. Banyak animator memilih untuk bekerja dalam film animasi, game, animasi serial TV, iklan, film dokumenter, ataupun efek visual. Sementara animator lainnya dapat memilih bekerja di bidang arsitektur, teknik, medis, forensik, bahkan dirgantara. Seorang animator andal adalah orang yang mampu melihat dunia jauh berbeda dari orang lain. Mereka harus memiliki perhatian yang kuat terhadap detail, mampu menguasai seni gerakan, dan dapat mentransfer apa yang mereka lihat di kehidupan nyata ke dalam animasi mereka.

 

 

Memilih Sekolah Animasi Internasional

Melahirkan ide dan terobosan baru untuk menciptakan karya-karya animasi dunia adalah obsesi banyak animator. Untuk dapat sampai ke taraf itu, dibutuhkan pendidikan formal yang berfokus pada program animasi. Program-program animasi ini memiliki lulusan dengan tingkat peluang kerja yang tinggi, menawarkan teknologi terkini, dan menawarkan berbagai jenis pelatihan animasi—termasuk profil animasi, animasi 2D, animasi 3D, animasi komputer, kartun, ilustrasi, animasi web, pencahayaan, storyboard, dan penulisan naskah. Banyak sekolah internasional yang menawarkan gelar animasi dengan pelbagai bidang fokus. Namun, jangan sampai salah memilihnya! Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah akreditasi. Akreditasi menunjukkan bahwa sekolah memenuhi atau melampaui kriteria yang menunjukkan keunggulan dalam pendidikan. Program gelar animasi yang spesifik membutuhkan penyelesaian kursus untuk program-program seperti Maya, Lightwave, 3D Studio Max, Macromedia Flash, Ilustrator, dan Photoshop.

Para siswa nantinya akan mengambil sejumlah mata kuliah yang diperlukan, seperti Desain Visual Animasi, Animasi 3D, Sejarah Animasi, Sejarah Bioskop, Penulisan Skenario, Ilustrasi, Pengeditan Gambar,  Desain 3D dan Pemodelan, Grafis Gerak, Produksi SInema Digital, Pembuatan Storyboard dan Narasi, serta Desain Suara Digital. Selain itu, mata kuliah umum seperti Matematika, Bahasa Inggris, Seni, dan Sains juga termasuk dalam persyaratan wajib.

 

 

10 Peringkat Teratas Sekolah Animasi Internasional

Tidak ada sekolah yang sempurna untuk semua orang. Tidak ada satu pun pendapat yang mengalahkan semua  ketika dihadapkan pada pilihan mana yang “terbaik”. Pada akhirnya, setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda berkaitan dengan akurasi program akademis, persyaratan teknologi, budaya kampus, biaya kuliah, dan fokus karier.

Sepuluh nama sekolah animasi internasional yang diuraikan secara singkat dalam daftar berikut ini hanyalah suatu peringkat komprehensif.  Peringkat tersebut merupakan titik awal bagi para siswa untuk menemukan sekolah-sekolah yang paling sesuai bagi mereka. Dengan daftar peringkat ini, diharapkan para siswa memperoleh kemudahan akses sehingga mereka dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang sekolah dan program animasi yang diminati.

Peringkat sekolah animasi internasional tahun ini dibuat berdasarkan hasil survei terhadap lebih dari 100 sekolah animasi di seluruh dunia dengan sejumlah kriteria. Di antaranya—reputasi  akademis, selektivitas penerimaan, kedalaman dan batasan program, nilai yang berkaitan dengan biaya kuliah, serta lokasi geografis.

 

Berikut daftar 10 (sepuluh) nama sekolah animasi yang menempati peringkat teratas di dunia, seperti dimuat dalam www.animationcareerreview.com.

 

1. Vancouver Film School (VFS). Vancouver, Kanada. (www.vfs.edu)

Vancouver Film School (VFS) adalah sekolah seni hiburan swasta yang berlokasi di Vancouver, British Columbia, Kanada. Sekolah ini didirikan pada tahun 1987 dan telah memperoleh akreditasi internasional. Kampusnya berlokasi di kawasan Downtown Vancouver yang terdiri dari enam gedung.

Setiap seniman dari setiap negara harus mempertimbangkan VFS sebagai pilihan pertama mereka untuk pelatihan profesional. Mulai Januari hingga Juni 2018, lebih dari $ 500.000 dalam bentuk hibah akan tersedia bagi mahasiswa dalam jumlah mulai dari $ 500 dan $ 10.000 untuk artis baru paling berbakat di Kanada. Bahkan, beberapa program gelar VFS menawarkan beasiswa penuh. Tahun ini, 24 lulusan VFS bekerja di acara TV yang dinominasikan untuk Emmy Awards 2018. Mereka bahkan memiliki layanan yang memungkinkan  mahasiswa memilih teman sekamar mereka untuk memastikan kualitas hidup terbaik saat mendaftar di VFS.

Program gelar yang ditawarkan meliputi berbagai program studi, seperti Animasi 3D  dan Efek Visual, Esensi Akting, Akting untuk Film dan Televisi, Seni Konsep Animasi, Animasi Klasik, Desain Digital, Produksi Film, Desain dan Seni Visual Dasar, Desain Game, Desain Rias untuk Film dan Televisi, Desain Suara untuk Media Visual, Penulisan Naskah Film dan Televisi, serta Pemrograman Game, Web, dan Mobile. Di portal resmi sekolah terdapat kurikulum lengkap dan data biaya kuliah untuk semua program yang tercantum di atas.

 

2. GOBELINS – The School of Visual Communication. Paris & Noisy-le-Grand, Prancis. (www.gobelins-school.com)

Selama 50 tahun terakhir, GOBELINS telah menjadi sekolah yang terkenal dan diakui secara luas dalam industri animasi. Tahun ini, tren itu berlanjut. Sekolah ini menawarkan kursus singkat musim panas di bulan Juli 2018 dengan biaya yang berkisar dari € 1.500 hingga € 2.900, serta kursus satu tahun untuk berkarier di Video Game, Desain Gerak, Fotografi, dan Animasi 3D, tetapi program utama mereka adalah program gelar empat tahun Pembuatan Film Animasi. Meskipun terkenal di dunia, biaya kuliah di sekolah ini hampir tidak mengalami kenaikan dalam satu tahun terakhir. Para calon seniman harus mempertimbangkan Program Master dua tahun mereka dalam bidang Karakter Animasi dan Pembuatan Film Animasi, yang diberlakukan biaya kuliahnya sebesar € 8.100 untuk peminat asal Uni Eropa dan € 12.800 per tahun untuk peminat non-Uni Eropa.

 

3. MOPA –  Motion Picture in Arles. Arles, Prancis. (www.ecole-mopa.fr/en/mopa-animation-school)

Motion Picture in Arles (MOPA) merupakan sekolah kesenian yang terletak di Arles, Prancis. Sekolah MOPA ini bisa membuatmu terkenal. Didirikan pada tahun 2000 sebagai Supinfocom Arles. Dua tahun lalu, MOPA resmi memisahkan diri dari payung Supinfocom dan menjadi Motion Picture in Arles. Tahun lalu, laman penghargaan mereka memiliki 93 lulusan Program Film, 611 seleksi festival, dan 52 hadiah atau penghargaan. Tahun ini, MOPA telah menambahkan lebih banyak penghargaan dari SIGGRAPH, Festival Hamburg, GLAS, Paris Courts Devant, Clermont - Filmfest, ASIFA - China, dan Festival D'annecy. Tercatat, MOPA juga lebih banyak menampilkan karya seni mahasiswa mereka di platform resmi sekolah lebih banyak dari sekolah seni lainnya. Beberapa mahasiswa tingkat pertama melewati tahun persiapan dasar seni dengan bantuan biaya sebesar € 5.550 untuk membantu mereka lulus ujian masuk. Setelah itu, mereka akan melalui "siklus pertama" setidaknya menyelesaikan masa studi tiga tahun dengan biaya sekitar € 6.550 hingga € 8.700 per tahun. Kemudian mereka memiliki pilihan untuk menjalani "siklus kedua" dengan masa studi spesialisasi dua tahun dengan biaya kuliah sebesar € 7.900 hingga € 9.500 per tahun.

 

4. National Film and Television School. Beaconsfield, Inggris. (www.nfts.co.uk)

National Film and Television School (NFTS) adalah sekolah film, televisi, dan permainan yang didirikan pada tahun 1971 dan berbasis di Beaconsfield Studios, Buckinghamshire, Inggris. Sekolah ini menempati peringkat 15 sekolah film internasional teratas oleh The Hollywood Reporter 2017.

Ratusan bahkan ribuan mahasiswa NFTS telah dinominasikan untuk penghargaan industri BAFTA dan Oscar dalam beberapa dekade terakhir.  Sebanyak 11 lulusan tercatat bekerja di Wonder Woman. Selain itu, sejumlah karya film box office dan acara televisi yang termasuk daftar 100 deretan teratas juga digarap oleh para lulusan dalam tiga tahun terakhir.

Mata kuliah dalam Program Diploma dan Magister NFTS meliputi Animasi, Sinematografi, Komposisi, Bisnis Kreatif, Efek Digital, Directing, Editing, Pemasaran, Produksi, Screenwriting, Desain Suara, dan Desain & Pengembangan Game.  Pada tingkat  selanjutnya, NFTS juga menawarkan 32 program kuliah singkat yang dialokasikan selama masa studi 10 bulan.

 

5. Vancouver Institute of Media Arts (VanArts). Vancouver, Kanada. (www.vanarts.com)

Vancouver Institute of Media Arts (VanArts) adalah institut kesenian swasta yang terletak di Vancouver, Kanada. VanArts didirikan pada tahun 1995 dan menawarkan berbagai program diploma yang dirancang khusus untuk mempersiapkan para mahasiswanya untuk bekerja di bidang seni media, termasuk Produksi Efek Visual, Seni dan Desain Game, Animasi Karakter, Fotografi Profesional, Akting Perfilman dan Pertelevisian, serta Pengembangan Web dan Penyiaran.

VanArts terus meningkatkan standar pendidikan setiap tahunnya. Institut ini secara konsisten berada di peringkat sepuluh besar dan selalu berusaha menjadi yang terbaik. Program-program utama institut ini adalah Animasi Karakter 2D/3D, Akting Film & Televisi, Penyiaran & Media Online, Seni & Desain Game, Fotografi Profesional, Efek Visual untuk Film & TV, dan Pengembangan Web & Desain Interaktif. Biaya kuliah untuk Program Game Art dan VFX selama masa studi 12 bulan adalah $ 30.750 per tahun untuk mahasiswa lokal dan $ 37.750 untuk mahasiswa internasional. Sementara biaya kuliah untuk Program Animasi selama masa studi 12 bulan adalah $ 25.750 atau $ 31.750 tergantung pada kewarganegaraan mahasiswa. Semua mahasiswa mendapat manfaat dari kelas kecil dan fakultas industri-profesional. VanArts juga menawarkan program  kuliah paruh waktu dan intensif pada musim panas dan program gelar dengan beberapa mitra universitas di Kanada, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Inggris. Program ini memungkinkan mahasiswa untuk menghemat biaya kuliah dengan memperoleh gelar diploma dalam masa studi  satu tahun di VanArts dan dilanjutkan ke program gelar sarjana dengan mentransfer sejumlah kredit ke salah satu sekolah mitra yang ditunjuk.

 

6. Supinfocom Rubika.Valenciennes, Prancis. Pune, India. Montreal, Kanada. (www.rubika-edu.com)

Supinfocom Rubika berdiri pada tahun 1988 di Valenciennes, Prancis, sebagai sekolah orisinal yang telah menjadi pemimpin dalam pelatihan industri animasi di seluruh dunia.  Program Sarjana utamanya adalah program pelatihan multidisiplin selama 3 tahun yang memungkinkan mahasiswa mempersiapkan diri untuk berkarier di bidang Animasi, Desain Industri, atau Desain Video Game. Setiap tahun, beberapa seniman terbaik dunia datang ke sekolah ini dengan harapan yang tinggi, banyak dari mereka mencapai impian mereka. Sekolah ini juga memiliki beberapa kampus lain di Pune, India dan Montreal, Kanada.

 

7. Filmakademie Baden-Wuerttemberg. Ludwigsburg, Jerman. (www.filmakademie.de)

Filmakademie Baden-Wuerttemberg (FABW) didirikan pada tahun 1991 sebagai sekolah film yang didanai publik yang terletak di Ludwigsburg, Jerman. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah film internasional yang paling terkenal.

Sekolah ini terus membantu mahasiswanya menjadi pusat perbincangan dunia. Rekam jejak lulusan barunya seringkali lebih cemerlang dari rangkaian acara bahkan para veteran industri. Sekolah ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempercepat jenjang karier. Sejumlah program studi utama yang dapat dipilih, antara lain Animasi, Kamera, Skenario, Dokumenter, Jurnalisme TV, Musik Film, Desain Suara, Media Interaktif, Montage/Editing, Desain Gerak, dan Produksi.

 

8. Sheridan College. Ontario, Kanada. (www.sheridancollege.ca)

Didirikan pada tahun 1967, Sheridan College adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi terkemuka di Ontario, Kanada. Sheridan memiliki daya magnet bagi sejumlah besar peminat lokal dan internasional.

Sheridan College menawarkan program satu tahun atau lebih dalam bidang-bidang berikut—Visual dan Seni Pertunjukan (7 program), Film, TV, dan Jurnalisme (7 program), Animasi dan Desain Game (8 program), Seni Material dan Desain (10 program), Komputasi Terapan (11 program), serta Desain, Ilustrasi, dan Fotografi (5 program). Mahasiswa dapat mengajukan beragam program beasiswa yang ditawarkan dan bantuan keuangan lainnya. Selain itu, terdapat layanan bantuan mahasiswa, termasuk program studi kerja. Sheridan terkenal akan kampusnya yang berkualitas tinggi dan laboratorium penelitian berkualitas tinggi dengan teknologi mutakhir yang dapat digunakan dalam studi mahasiswa. Biaya kuliah untuk program sarjana animasinya sekitar $ 10.163 untuk mahasiswa lokal dan $ 26.906 untuk mahasiswa internasional dengan masa studi empat tahun.

 

9. Lost Boys Studios – School of Visual Effects. Vancouver, Kanada. (www.lostboys-studios.com)

Lost Boys Studios – School of Visual Effects adalah sekolah seni dan efek visual swasta yang terakreditasi PCTIA, terletak di Vancouver, British Columbia, Kanada. Didirikan pada tahun 2006, sekolah ini hanya berfokus pada pelatihan VFX dan seiring perkembangannya, sekolah ini dengan cepat telah menjadi salah satu sekolah VFX terbaik di dunia. Karena spesialisasinya, sekolah ini hanya menawarkan tiga program studi terfokus. Pertama, Effects Technical Director, dengan 12 bulan pelatihan Houdini, yang biaya kuliahnya sekitar $ 36.900 untuk mahasiswa lokal dan $ 39.900 untuk mahasiswa internasional. Kedua, Effects Technical Director merupakan program pelatihan Katana selama empat bulan dengan biaya $ 12,900 untuk mahasiswa domestik dan $ 13.500 untuk mahasiswa internasional. Ketiga, Advanced Visual Effects Compositing adalah program pelatihan Nuke X selama masa studi 12 bulan dengan biaya sekitar $ 39.900 untuk mahasiswa domestik dan $ 41.900 untuk mahasiswa internasional. Mereka menawarkan berbagai layanan untuk membantu para mahasiswa menemukan akomodasi penginapan dan membuat rencana keuangan.

 

10. Think Tank Training Centre. North Vancouver, Kanada. (www.tttc.ca)

Didirikan pada tahun 2005 di Vancouver Utara, Kanada, Think Tank Training Center lahir dari hasrat untuk berbagi pengetahuan industri dengan generasi profesional CG berikutnya. Tim instruktur Think-Star adalah para bintang yang telah mengerjakan proyek-proyek seperti Deadpool, Jurassic World, dan Beauty and the Beast. Sekolah ini dilengkapi dengan fasilitas mutakhir, menggunakan perangkat lunak dan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan industri televisi, film, dan video game. Studio kerja mahasiswa dilengkapi dengan perangkat keras berspesifikasi tinggi terbaru dan terletak di sebuah bangunan warisan seni yang dirancang dengan apik. 

Sekolah ini terbilang sekolah paling unik di daftar peringkat ini karena hanya menerima 12 mahasiswa baru per semester dengan hanya menawarkan satu program studi satu tahun yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus masing-masing mahasiswa dalam karier yang mereka tuju. Ukuran kelas yang terbatas ini memungkinkan setiap seniman mendapatkan atensi yang besar dari para instruktur satu per satu untuk mengembangkan keterampilan mereka sebanyak mungkin dalam setahun. Biaya program satu tahun ini sekitar CAD $ 38.400 untuk mahasiswa lokal dan CAD $ 50.800 untuk mahasiswa internasional. Sekolah ini juga menawarkan program bimbingan selama empat bulan dengan biaya CAD $ 12.500 untuk mahasiswa lokal dan CAD $ 16.500 untuk mahasiswa internasional. Think Tank agaknya pilihan terbaik karena lebih ekonomis dalam industri pendidikan saat ini.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kuliah di masing-masing sekolah animasi internasional dalam daftar peringkat di atas, silakan menghubungi tim konsultan pendidikan yang tertera di halaman web ini, atau nomor kontak berikut:

  • (021) 54210200 (Gading Serpong)
  • (021) 66670204 (Pluit Village Mall)
  • (021) 22553272 (Taman Palem Lestari)
  • (021) 22213833 (Bintaro)
  • (0274) 5016618 (Yogyakarta)

Sampaikan pertanyaan Anda melalui email:  This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms