User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Akomodasi Kuliah di University of New South Wales Sydney

Ada berbagai pilihan akomodasi bagi mahasiswa yang ingin menempuh kuliah di University of New South Wales (UNSW), Australia. Universitas negeri yang terletak di kota Sydney dan berdiri pada tahun 1949 tersebut dikenal sebagai salah satu universitas terkemuka dunia yang menempati peringkat ke-43 dunia (QS World University Rankings 2020).  Sebagai institusi penelitian dan pengajaran ternama dunia, UNSW juga memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat selain membina para mahasiswanya.

University of New South Wales (UNSW) menyediakan beragam pilihan akomodasi yang sesuai dengan semua gaya hidup. Para mahasiswa internasional dapat memilih tinggal di dalam atau di luar kampus, di apartemen, atau bahkan berada di dalam komunitas universitas. Uraian berikut ini menyajikan detail informasi akomodasi, seperti dimuat dalam laman resmi UNSW, www.unsw.edu.au.

 

Memilih Tipe Akomodasi

Universitas merekomendasikan untuk tiba di Sydney sebelum semester dimulai karena banyak mahasiswa mencari akomodasi di minggu-minggu menjelang awal kelas. Aturlah akomodasi sementara sebelum para mahasiswa tiba di UNSW, setidaknya untuk kurun waktu 3 – 4  minggu sebelum mereka mendapatkan akomodasi permanen.

Untuk merencanakan akomodasi yang tepat, perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

  • memilih lokasi yang tepat,
  • mengetahui keamanan hunian,
  • mencari dan meninjau properti,
  • mengatur jenis akomodasi hunian (pilih akomodasi jangka pendek terlebih dahulu),
  • mendapatkan detail informasi penyewaan.

Berikut beberapa tips saat mencari akomodasi pribadi:

  • Jangan pernah memberi uang kepada pihak lain untuk properti yang belum jelas.
  • Waspadalah terhadap penipuan.
  • Pastikan diri menandatangani sejumlah perjanjian akomodasi yang dikeluarkan oleh UNSW Fair Trading.
  • Luangkan waktu untuk mempertimbangkan tipe hunian di pinggiran kota terkait harga, ukuran, dan kualitas berbeda-beda sesuai lokasi. Tinjaulah peta interaktif pinggiran kota.
  • Pertimbangkan lokasi hunian yang dekat dengan transportasi umum di Sydney.
  • Pastikan mahasiswa memahami perjanjian sewa sebelum menandatanganinya.

 

Akomodasi di Dalam Kampus

Anda mencari akomodasi di dalam kampus? Di UNSW, tersedia beragam pilihan akomodasi yang sesuai dengan segala jenis gaya hidup mahasiswa.

Pilihan untuk tinggal di dalam kampus saat Anda masih mahasiswa memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mudah untuk menjangkau setiap fasilitas kampus, tetapi juga bernilai ekonomis, aman, dan memberikan rasa kebersamaan dalam lingkungan yang menyenangkan dan ramah. Para mahasiswa dapat meraih gelar mereka dan dapat melakukan beragam kegiatan kampus yang mereka inginkan dengan mendapatkan banyak pelajaran kemandirian dan tanggung jawab.

University of New South Wales memiliki berbagai kamar untuk disewa di UNSW Colleges dan UNSW Hall. Pilihan tempat tinggal ini termasuk apartemen yang dimiliki dan dikelola pihak Universitas atau melalui afiliasi perguruan tinggi swasta yang bekerja sama dengan UNSW.

Tergantung pada gaya hidup dan kebutuhan masing-masing mahasiswa, mereka dapat memilih opsi yang paling sesuai. Mengingat permintaan untuk akomodasi di dalam kampus sangat tinggi dan kuotanya terbatas, maka bagi mahasiswa yang berminat harus mendaftarkan diri dan mengaturnya sedini mungkin. Untuk informasi lebih lanjut tentang akomodasi hunian UNSW, silakan mengunjungi laman: www.housing.unsw.edu.au.

 

Baca juga: Cara Mendaftar Kuliah di University of New South Wales, Sydney 

 

UNSW Colleges

Jika mahasiswa memilih untuk tinggal di kampus, UNSW Colleges menyediakan lebih dari sekadar tempat tinggal—hunian yang mendukung, aman, dan nyaman seperti layaknya sebuah rumah. Tak hanya nyaman untuk dihuni, pilihan akomodasi ini menghadirkan gaya hidup komunitas yang mendorong persahabatan dan pengalaman baru yang penting untuk kehidupan kampus yang mengesankan.

Universitas dapat menjadi tempat yang menakutkan, terutama bagi mahasiswa tahun pertama. Dengan memilih untuk tinggal di kampus, mahasiswa mendapatkan akses ke komunitas rekan-rekan seangkatan dan penghuni kampus lainnya, serta layanan pendukung yang siap membantu saat dibutuhkan.

  • Colombo House

Colombo House adalah tipe hunian otonom bergaya campuran antara gaya kuliah klasik dan gaya hidup apartemen. Mahasiswa akan memiliki kebebasan untuk memasak makanannya sendiri dan membersihkan kamarnya sendiri, tetapi masih menjadi bagian dari komunitas perguruan tinggi yang kuat dengan banyak acara dan kegiatan sepanjang tahun.

Mulai dari acara barbeque, film, pentas seni dan pertunjukan budaya, kesempatan berolahraga, kelas kuliner, serta acara jalan-jalan santai. Colombo House menghadirkan semua yang ditawarkan kota Sydney, selain membangun rasa komunitas yang kuat di antara mahasiswa penghuninya.

Dengan lebih dari 35 negara yang diwakili dari seluruh penjuru dunia, Colombo House menjadi asrama bagi komunitas multikultural yang berkembang dengan berfokus pada kegiatan dan acara internasional.

Colombo House berisi 242 kamar tidur berukuran 10 – 12 m2 dengan kamar mandi pribadi, perabotan lengkap, serta akses wi-fi, listrik, gas, dan air. Tipe hunian 52 minggu ini juga memiliki layanan kebersihan area umum, swalayan dengan dapur besar dan fasilitas memasak, ruang belajar sosial dan kelompok di setiap lantai, ruang bersama yang berdekatan dengan halaman luar pribadi, teras atap dengan fasilitas BBQ outdoor, fasilitas koin binatu, serta keamanan kampus 24 jam.

  • Fig Tree Hall

Fig Tree Hall adalah hunian komunitas yang kuat dan unik seperti keluarga, dibangun berdasarkan rasa hormat dan toleransi di antara populasi mahasiswa yang sangat beragam. Ini merupakan pilihan akomodasi internasional di mana mahasiswa penghuninya berasal dari seluruh penjuru dunia, dari berbagai latar belakang dan agama yang berbeda-beda. Dengan komitmen menghormati banyak agama, fasilitas yang disediakan pun disesuaikan, seperti sajian minuman bebas alkohol, makanan berlabel halal, serta menawarkan lantai wanita atau pria saja.

Hunian yang menawarkan jaringan global dengan nuansa lokal ini dilengkapi dengan fasilitas 158 kamar berukuran 10 – 12 m2 dengan lantai yang terpisah antara pria dan wanita, berperabot lengkap, kamar mandi pribadi, layanan makanan, serta akses Wi-Fi, listrik, gas, dan air. Selain itu, hunian juga memberikan layanan pembersihan kamar setiap dua minggu, ruang belajar sosial dan kelompok di setiap lantai, ruang salat di setiap lantai, ruang bersama yang berdekatan dengan taman lanskap, teras atap dengan fasilitas BBQ outdoor, fasilitas koin binatu, serta keamanan kampus 24 jam.

  • International House

International House adalah jenis hunian komunitas dengan keanekaragaman asal negara dan jenjang pendidikan mahasiswa penghuni. Hunian ini menyediakan suasana yang ideal bagi mahasiswa yang mencari lingkungan yang tenang dan kondusif serta kesempatan untuk bertemu mahasiswa yang ramah dari seluruh dunia. Keragaman budaya dan toleransi adalah konsep penting di International House. Komunitas hunian ini bekerja erat dengan para staf untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi keberhasilan akademis para mahasiswa penghuninya, pertumbuhan pribadi, dan pemahaman lintas budaya. Program ekstensif kegiatan budaya, sosial, dan olahraga tersedia juga untuk para penghuni dan tamu.

International House menawarkan banyak fasilitas layaknya sebuah rumah untuk membuat para mahasiswa merasa nyaman dan berada di rumah sendiri. Fasilitas yang tersedia meliputi ruang tamu yang nyaman dan luas, ruang umum yang ditemukan di seluruh gedung, kamar dan peralatan untuk olahraga dan permainan, ruang belajar, serta dapur dan fasilitas makan.

 

UNSW Hall

Jika para mahasiswa memilih untuk tinggal di hunian kampus yang lebih ekonomis,  mereka dapat memilih UNSW Hall. Pada 2019, bangunan tua yang telah menampung banyak generasi mahasiswa ini sedang dinonaktifkan untuk keperluan renovasi. Semua penghuninya akan dipindahkan ke lokasi sementara.

Ruang kamar yang disediakan merupakan kamar hunian tunggal dalam format apartemen sehingga masing-masing kamar tidur akan memiliki ukuran yang sama berisi tempat tidur, meja, lemari pakaian, dan sebagainya.

Fasilitas lain yang tersedia antara lain: ruang umum, ruang belajar, serta ruang makan bersama dengan layanan catering.

Tipe hunian 44 minggu ini juga memiliki perabotan lengkap, kamar mandi bersama, layanan sarapan dan makan malam, layanan pembersihan kamar setiap dua minggu, akses wifi, listrik, gas, dan air, serta keamanan 24 jam.

 

Akomodasi di Luar Kampus

Jika mahasiswa tertarik dengan akomodasi di luar UNSW, berikut diuraikan sejumlah pilihan akomodasi. Mahasiswa juga harus mengetahui hal-hal apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih properti, pilihan tipe hunian jangka pendek dan jangka panjang, serta informasi penyewaan.

 

UNSW Apartments

Apartemen ini ada yang terletak di dalam dan di luar kampus. Ini merupakan jenis hunian dengan gaya hidup mandiri untuk mahasiswa program sarjana dan pascasarjana, termasuk pasangan dan keluarga dengan anak-anak.

Semua akomodasi mandiri di UNSW mudah dijangkau dari pusat kota, pantai-pantai indah Sydney, Taman Centennial, Bandara Sydney, pusat perbelanjaan, dan rute bus. Tinggal di UNSW Apartments akan menyenangkan, menginspirasi, dan terkadang menantang.

  • Barker Street

Apartemen Barker Street terletak di kampus yang menghadap ke arah Green Village yang rimbun dengan fasilitas ruang keluarga memuat lima kamar tidur, ada juga pilihan untuk pasangan dan keluarga. Dibangun pada tahun 1996, Barker Street sangat cocok untuk semua orang, terutama mereka yang sudah berpasangan.

Ada 59 apartemen dengan berbagai ukuran dengan ukuran kamar rata-rata 10 – 12 m2.  Setiap kamar dilengkapi dengan meja dan kursi, tempat tidur, lemari pakaian, dan sofa ruang tamu. Dapurnya memiliki oven dan lemari es.

Tipe hunian 52 minggu ini juga menyediakan catering mandiri,  layanan pembersihan area umum, lounge, area BBQ outdoor, fasilitas koin binatu, layanan keamanan 24 jam, serta akses Wi-Fi, listrik, gas, dan air.

  • High Street

Apartemen High Street berlokasi tepat di seberang jalan dari kampus UNSW, yaitu di Gate 9. Tipe akomodasi ini sangat cocok untuk mereka yang berkeluarga. Fasilitas yang tersedia dirancang untuk pasangan keluarga dengan anak-anak mereka.

Terdapat 15 apartemen yang terdiri dari 9 apartemen 2 kamar tidur, dan 6 apartemen 1 kamar tidur dengan ukuran kamar rata-rata sekitar 10 – 12 m2.  Setiap kamar dilengkapi dengan meja dan kursi, tempat tidur, lemari pakaian, dan sofa ruang tamu. Dapurnya memiliki oven dan lemari es.

Tipe hunian 52 minggu ini juga menyediakan catering mandiri, fasilitas koin binatu, layanan keamanan 24 jam, parkir mobil (terbatas), serta akses Wi-Fi, listrik, gas, dan air.

  • Mulwarree

Apartemen Mulwarree dapat diakses dengan berjalan kaki singkat dari kampus UNSW di pinggiran Randwick, dikelilingi oleh taman-taman hijau yang subur dan indah. Mulwarree adalah pilihan hunian lokal yang tepat untuk mahasiswa yang ingin tinggal dekat dengan kampus, tetapi bukan di dalam kampus.

Dibangun pada tahun 1994, terdapat 37 apartemen 5 kamar tidur, dengan ukuran kamar rata-rata 10 – 12 m2.  Mahasiswa akan merasakan pengalaman tinggal seperti layaknya penghuni kota Sydney yang dikelilingi oleh toko-toko lokal, arena balap, dan masih banyak lagi. Setiap kamar dilengkapi dengan meja dan kursi, tempat tidur, dan lemari pakaian. Mahasiswa akan berbagi area umum dengan sesama penghuni, seperti ruang dapur (dilengkapi microwave, ove, dan lemari es), ruang tamu yang dilengkapi sofa, dan kamar mandi umum.

Tipe hunian 52 minggu ini juga menyediakan ruang mahasiswa, catering mandiri, layanan pembersihan area umum, fasilitas koin binatu, layanan keamanan 24 jam, parkir mobil (terbatas), serta akses Wi-Fi, listrik, gas, dan air.

 

University Terraces

University Terraces adalah tipe akomodasi yang penuh gaya, terjangkau, modern, dan berlokasi strategis di jantung kampus UNSW, yaitu di Gate 2, High Street. Ini merupakan tempat yang tepat bagi mahasiswa yang mencari gaya hidup mandiri. Dibuka pada tahun 2013, terdapat 371 apartemen dengan berbagai ukuran, dengan ukuran kamar rata-rata sekitar 20 m2. Dengan bar, kafe, dan supermarket di depan pintu, mahasiswa tidak perlu bepergian jauh. Tipe hunian 52 minggu ini dilengkapi swalayan dengan perangkat dapur kecil, akses wi-fi dan listrik.

 

Segera temukan pilihan akomodasi kuliah di University of New South Wales, Sydney, Australia, dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms