User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Alasan Memilih Kuliah di University of Otago New Zealand

  Kuliah di University of Otago New Zealand Photo by: www.otago.ac.nz

 

Memutuskan untuk kuliah di luar negeri memang menjadi tantangan tersendiri.  Apalagi jika universitas yang dituju adalah universitas favorit dunia. Tak hanya negara-negara di benua Eropa dan Amerika saja yang berpeluang menjadi negara destinasi belajar terbesar, New Zealand pun kini mulai dipilih banyak pelajar internasional. Mengapa? New Zealand dikenal memiliki beragam universitas dengan kualitas pendidikan dan pengajaran standar dunia dengan biaya yang relatif terjangkau, memiliki lingkungan yang nyaman, serta memberi prospek kerja bagi para lulusannya. Sebut saja, University of Otago - salah satu universitas peringkat atas di New Zealand. Nah, kali ini akan kita bahas mengenai info kuliah di University of Otago New Zealand, simak selengkapnya dibawah ini:

 

Keunggulan Universitas  

University of Otago merupakan universitas tertua di New Zealand yang didirikan pada 1869. Selama hampir 150 tahun berdiri, universitas ini patut berbangga karena selalu berhasil menjadi institusi riset terdepan dengan reputasi internasional. Saat ini, Otago menempati peringkat ke-8 dari 10 universitas teratas di New Zealand dan berada di peringkat ke-175 universitas terbaik dunia, seperti termuat dalam QS World University Rangkings 2018/19 (Lihat: www.topuniversities.com)

Berkat kualitas pengajarannya, universitas ini berhasil meraih tujuh penghargaan National Teaching Excellence Awards dalam 14 tahun terakhir dan berada di peringkat ke-100 universitas top dunia di 12 bidang studi. Tak heran jika para lulusannya memiliki peluang kerja yang menjanjikan di berbagai perusahaan bergengsi dunia.

 


Baca Juga: Siap Kuliah di Massey University New Zealand


 

Para peneliti di universitas ini pun telah berhasil membawa angin segar di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan dengan temuan molekul penyebab penyakit jantung pada pasien diabetes,  sehingga dapat menaikkan tingkat harapan hidup.

 

Program Studi & Fasilitas

Seperti halnya universitas-universitas terbaik lainnya, Otago juga menawarkan program sarjana (S1), pascasarjana magister (S2) dan doktoral (S3), dengan 4 departemen utama, seperti dimuat dalam platform resmi universitas, www.otago.ac.nz, yaitu:

  • Bisnis Departemen Bisnis terdiri dari program studi Akuntansi & Keuangan, Ekonomi, Kewirausahaan, Pendidikan Eksekutif, Ilmu Informasi, Bisnis Internasional, Manajemen, Pemasaran, MBA, dan Pariwisata.
  • Ilmu Kesehatan Departemen Ilmu Kesehatan meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Fisioterapi.
  • Ilmu Budaya Departemen Ilmu Budaya menawarkan program studi Antropologi & Arkeologi, Ilmu Keguruan, Bahasa Inggris, Geografi, Sejarah & Seni, Budaya & Bahasa, Hukum, Filosofi, Politik, Kesejahteraan Sosial, Teologi, Musik Teater & Seni Pertunjukan, serta Media Film & Komunikasi.
  • Sains Departemen Sains  menyediakan program studi Ilmu Terapan, Botani, Zoologi, Kimia, Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Pangan, Geologi, Ilmu Gizi, Ilmu Kelautan, Matematika & Statistika, Pendidikan Jasmani & Olahraga, dan Psikologi.

 

Sebagian besar program studi yang ditawarkan tersebut diselenggarakan di Dunedin—lokasi kampus utama. Beberapa program lainnya diselenggarakan di tiga lokasi kampus berbeda, yaitu di Auckland, Wellington, dan Christchurch dengan beragam fasilitas perkuliahan dan penelitian modern di lingkungan yang nyaman.

 

Biaya Kuliah yang Terjangkau

Salah satu alasan bagi banyak pelajar memilih berkuliah di New Zealand adalah faktor biaya yang relatif terjangkau.

Program pendidikan sarjana dengan lama kuliah rata-rata 3 tahun ini memberlakukan biaya kuliah sekitar +/- NZ$28.700 per tahunnya. Sementara program pascasarjana dengan lama kuliah 1,5 sampai 2 tahun ini memberlakukan biaya kuliah sekitar +/- NZ$29.930 per tahun.

Biaya hidup para mahasiswa internasional memang sangat tergantung dari kebutuhan dan gaya hidup selama berkuliah. Namun, rata-rata per tahunnya tercatat menghabiskan sekitar +/- NZ$19.498 dengan biaya akomodasi kampus sekitar +/- NZ$14.478.

 


Baca Juga: 6 Jalan Hidup Setelah Lulus Kuliah


 

Syarat Pendaftaran

Persyaratan bahasa bagi calon mahasiswa internasional adalah sertifikasi kemahiran bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, PTE dengan nilai yang telah ditentukan, disamping persyaratan akademis seperti ijazah kelulusan sekolah tingkat SMA atau kualifikasi setara untuk program sarjana. (Lihat: www.otago.ac.nz)

Terdapat beberapa perbedaan dalam persyaratan kemahiran berbahasa Inggris bagi calon mahasiswa internasional program sarjana dan pascasarjana, yang dirinci sebagai berikut:

 

·          Kualifikasi Sarjana

  • IELTS Akademik – nilai rata-rata 6.0, dengan nilai minimum 5.5 dalam membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.
  • TOEFL IBT – total nilai minimum 80, dengan nilai minimum 19 dalam membaca, menulis, dan mendengar.
  • TOEFL PBT – nilai minimum 550 dan TWE dengan nilai minimum 4.5
  • PTE Akademik – nilai total 57

 

·          Kualifikasi Pascasarjana

  • IELTS – nilai rata-rata 6.5, dengan nilai minimum 6.0 dalam membaca, menulis, mendengar, dan berbicara.
  • TOEFL IBT – total nilai minimum 95, dengan nilai minimum 19 dalam membaca, menulis, dan mendengar.
  • TOEFL PBT – nilai minimum 575 dan TWE dengan nilai minimum 4.5
  • PTE Akademik– nilai total 64

 

Anda ingin segera mendaftar? Hubungi tim konsultan pendidikan resmi kami di halaman web ini, atau dengan menghubungi langsung nomor kontak 021-5421 0200 / 021-6667 0206 / 021-2255 3272 / 021-2951 1824. Jangan lupa, pelajari dan lengkapi persyaratannya sesuai jenis program strata yang dipilih. Setiap biaya dan persyaratan yang diberlakukan dapat berubah sewaktu-waktu. Langkah terakhir, segera persiapkan keberangkatan Anda!

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms