Anti Boros Meski Kuliah Di Luar Negeri Pakai Tips Ini

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Mahal dan boros mungkin menjadi hal yang dibayangkan banyak orang saat ingin berkuliah di luar negeri. Berbagai perlengkapan, sewa tempat tinggal hingga pakaian yang sesuai cuaca harus dipersiapkan sebelum memutuskan berkuliah di luar negeri.

Para pelajar biasanya memiliki daftar negara-negara tujuan untuk menempuh pendidikan, salah satunya adalah Malaysia yang memiliki Monash University Malaysia. Dengan reputasi yang baik, universitas ini telah dituju oleh banyak mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

Meski bertetangga dengan Indonesia, kamu harus mempersiapkan dana yang memadai saat ingin berkuliah di universitas ini. Selama di sana, kamu juga diharuskan untuk mengatur pengeluaran sebaik mungkin agar uang saku kamu tidak cepat habis. Beberapa tips ini bantu kamu biar bisa atur pengeluaran sebaik mungkin.

  1. Jangan malu naik kendaraan umum

Transportasi umum menjadi primadona di luar negeri, hal ini karena warganya lebih memilih menggunakan bus atau kereta api untuk aktivitas sehari-hari. Kamu bisa gunakan cara mereka untuk berhemat dengan naik kendaraan umum untuk mmobilitas sehari-hari. Meski harus menggunakan kartu atau tiket untuk masuk ke transportasi umum, harga yang harus dibayarkan tidak semahal yang kamu pikirkan loh.

  1. Manfaatkan fasilitas gratis

Ada banyak fasilitas gratis yang ternyata bisa kamu manfaatkan. Salah satunya adalah koneksi internet di sekitar kapus. Kamu bisa mengerjakan tugas di sekitar kampus untuk mendapatkan koneksi internet gratis tersebut. Fasilitas lain yang bisa kamu gunakan adalah pinjam buku di perpustakaan. Daripada membeli buku di luar, kamu bisa meminjamnya di perpustakan. Nah, dana yang kamu miliki bisa dialihkan ke hal lainnya.

  1. Belanja menjelang toko tutup

Kamu harus tahu, pasar atau supermarket yang akan tutup biasanya memberikan diskon hingga 50 persen! Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan dengan harga yang cukup murah. Hal ini juga berlaku di toko roti yang akan segera tutup. Jadi, usahakan untuk berbelanja di sore hari ya. Kamu juga bisa mengunjungi pasar bekas untuk mendapatkan barang-barang elektronik dengan harga yang murah. Barang yang dijual masih dalam keadaan yang sangat baik loh!

  1. Manfaatkan kartu mahasiswa

Ada banyak toko yang memberikan potongan harga bagi mereka yang menunjukan kartu tanda mahasiswa. Biasanya, para mahasiswa sering mendapat diskon di tempat wisata, transportasi dan panduan dalam kota. Diskon yang ditawarkan berkisar 10-20%. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa kartu mahasiswa kamu, ya!

Berkuliah di luar negeri juga membuat kamu lebih mandiri karena terpaksa jauh dari keluarga dan orang-orang terdekat. Namun, dengan mengelola keuangan dengan baik kamu akan mendapatkan kehidupan yang layak meski jauh dari orang tua. Jadi, atur keuangan sebaik mungkin dan usahakan untuk tidak boros, ya!

Share Now :

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Promo

ICAN - General English

Chat with us: