Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
beasiswa kuliah di australia dan biaya kuliah di monash university

Beasiswa Kuliah di Australia dan Biaya Kuliah di Monash University

Beranda / Bacaan Umum / Informasi Beasiswa / Beasiswa Kuliah di Australia dan Biaya Kuliah di Monash University

Monash University adalah salah satu universitas terbaik di Australia. Didirikan tahun 1958, Universitas Monash adalah universitas tertua kedua di kota Melbourne. Universitas negeri ini adalah salah satu anggota dari Group of Eight (Go8), lembaga perkumpulan delapan (8) universitas terbaik berbasis penelitian di Australia.

Universitas Monash menempati posisi yang tinggi diantara universitas-universitas terbaik di Australia maupun di dunia dalam segala bidang standar pendidikan. Menurut Times Higher Education, Monash University menempati peringkat 25 didunia dalam jurusan ilmu science dan biomedicine, peringkat 26 dunia dalam bidang social science, peringkat 15 dunia dalam kategori kualitas lulusan siswanya dalam mendapatkan pekerjaan, peringkat 17 dunia dalam kategori siswa internationalnya.

MBA di Universitas Monash mendapatkan ranking nomor 1 di dunia menurut The Economist Intelligence Unit sedangkan Business and Economics School di Universitas Monash mendapat peringkat satu (1) di Australia menurut Webometrics.

Beasiswa Kuliah di Australia

Biaya kuliah di Universitas Monash bagi mahasiswa Australia lebih murah di bandingkan dengan biaya untuk mahasiswa international. Selain banyaknya beasiswa, ini disebabkan karena biaya pendidikan kuliah untuk mahasiswa lokal dibantu atau disubsisidi oleh pemerintah Australia. Bagi mahasiswa international ada berbagai biaya yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Australia. Ada dua kategori biaya utama yang harus dipersiapkan, yaitu: biaya hidup dan biaya pendidikan ketika kuliah. Selain itu, mahasiswa harus mempertimbangkan berapa lama durasi pendidikan di Universitas Monash harus ditempuh. Tentunya semakin lama durasi kuliahnya maka biaya yang harus dipersiapkan juga bertambah.

Seperti untuk meraih Bachelor degree, diperlukan kira-kira 3 sampai 4 tahun tergantung program jurusan yang diambil. Adapun sebelum memasuki program bachelor, siswa harus menempuh setahun lagi untuk program Foundation atau program pathway university . Untuk program master diperlukan antara satu setengah sampai dua tahun masa pendidikan dan untuk program PhD umumnya mahasiswa menyelesaikan antara 3 sampai 4 tahun. Besar kecilnya biaya pendidikan di Universitas Monash juga tergantung jurusan program yang diambil oleh para mahasiswa. Jurusan kedokteran di Monash akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jurusan program bisnis atau sosial politik dalam perhitungan biaya setiap tahunnya.

Ditambah durasi untuk menyelesaikan program kedokteran di Universitas Monash memerlukan waktu 5 tahun yang jauh lebih lama dibandingkan durasi pendidikan di program jurusan bisnis atau sosial politik yang hanya memerlukan waktu 3 tahun.

Biaya Hidup di Australia

Sebagai mahasiswa yang akan belajar di luar negeri, biaya hidup adalah hal lain yang harus diperhitungkan. Biaya hidup adalah gabungan antara biaya akomodasi, biaya makan, biaya transportasi, biaya hiburan dan lain lain. Besar kecilnya biaya hidup seorang mahasiswa tergantung dengan gaya hidupnya. Seperti biaya akomodasi sangat beragam tergantung pilihan mahasiswa dengan keinginan atau kebutuhannya. Contohnya, biaya tinggal di apartemen pasti lebih tinggi daripada menyewa kamar kos (home stay).

Biaya tinggal di asrama kampus yang sudah termasuk catering pasti lebih tinggi daripada asrama yang mahasiswanya harus memasak sendiri. Tinggal di daerah pinggiran yang agak jauh dari kampus mungkin lebih murah daripada dekat kampus yang berlokasi di daerah pusat kota, namun biaya tranportasi juga harus dipertimbangkan yang akan diperlukan setiap harinya.

Monash University terdiri dari mahasiswa  yang dibiayai oleh dua ragam pendanaan. Ada mahasiswa sebagai perorangan  yang membiayai dengan dana sendiri dan adapun mahasiswa yang dibiayai oleh pihak ketiga seperti biaya dari dana beasiswa. Banyak mahasiswa yang mengejar dana dari program beasiswa australia melalui lembaga-lembaga yang menyediakannya. Ini salah satu alternatif apabila mahasiswa tidak kuat dengan kemampuan anggarannya untuk kuliah diluar negeri. Penyediaan dana beasiswa sangat terbatas dan syaratnya untuk mendapatkannya cukup ketat.

Baca juga : Jurusan IT Faculty Of Information Technology Monash

2 Jenis Beasiswa Australia

Adapun dana beasiswa terdiri dari bermacam ragam dalam hal membiayai kuliah pendidikannya. Ada program beasiswa yang memenuhi semua kebutuhan biaya kuliah atau yang disebut full australia scholarship atau pun ada program beasiswa hanya mendanai biaya pendidikannya saja atau disebut partial scholarship.  Full scholarship meliputi biaya hidup, biaya pendidikan dan biaya lainnya seperti biaya pulang pergi tiket pesawat, biaya penelitian lapangan dan lain-lainnya.

1. Australian Awards

Australian Awards yang diberikan oleh pemerintah Australia adalah contoh beasiswa penuh yang telah didapatkan oleh banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia. Untuk partial scholarship banyak ragamnya juga, seperti ada lembaga pemberi beasiswa yang memberi beasiswa hanya untuk biaya pendidikan saja tanpa biaya hidup. Biaya pendidikan juga beragam durasinya. Ada yang didanai hanya sebatas satu semester ataupun satu tahun, ada juga beasiswa meliputi biaya keseluruhan sampai mahasiswa bersangkutan selesai dalam studi kuliahnya.

2. Monash International Leadership Scholarship

Universitas Monash juga menyediakan beragam dana beasiswa untuk mahasiswanya. Salah satunya adalah Monash International Leadership Scholarship. Program ini menyediakan beasiswa S1 dan S2 yang menutupi seluruh biaya kuliah Monash. Biaya hidup seperti akomodasi, transportasi, asuransi dan lain-lain tidak ditanggung dalam beasiswa ini. Beasiswa Universitas Monash sangat ketat dan terbatas, dimana salah satunya syarat nya adalah prestasi akademis kandidat. Syarat penting lainnya adalah kandidat sudah mendaftar dan di terima untuk gelar S1 atau S2 kuliah di Monash University.

Beasiswa Monash International Leadership Scholarship secara detail dapat dilihat di sini (mohon copy paste)

Beasiswa Universitas Monash lainnya seperti Faculty of Information Technology International Merit Scholarship dan Faculty of Arts Honors Merit Scholarship adalalah beasiswa yang dikeluarkan dari beberapa ragam fakultas di Universitas Monash dan dapat diajukan oleh mahasiswa international yang berprestasi di Universitas Monash.

Sebagai informasi lebih lengkap lagi mengenai biaya kuliah pendidikan dan program beasiswa di Monash University, bisa melihat link dibawah ini.

Untuk detail info terbaru untuk anda yang ingin melanjutkan kuliah di Australia menggunakan biasiswa kuliah di Australia silahkan menghubungi ICAN Education Consultant melalui telpon atau melalui contact us di samping kanan.

Seputar Monash University

Universitas Monash termasuk universitas yang memiliki jumlah mahasiswa yang banyak di antara Universitas dan institusi pendidikan di Australia. Total jumlah mahasiswa disemua kampus Universitas Monash terdiri lebih dari 63,000 mahasiswa. Dari jumlah ini sekitar 35% nya adalah mahasiswa international yang berasal lebih dari 100 negara.

Universitas Monash adalah universitas tertinggi di Australia dalam komposisi mahasiswa internationalnya dimana secara langsung menandakan tingginya reputasi universitas ini dalam tingkat global. Alumni mahasiswa international  dari Universitas Monash cukup banyak yang telah menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai lembaga, baik di sektor pemerintahan ataupun swasta di masing masing negaranya.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan