User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

biaya kuliah di Australia

Biaya kuliah di Australia sangatlah bervariatif

Biaya yang dikeluarkan mahasiswa bergantung pada pilihan universitas dan program yang inign diambil. Menurut survey biaya kuliah di Australia berdasarkan jumlah rata-rata termasuk biaya pendidikan dan hidup berkisar AUD$ 42,000 Universitas universitas papan atas (group of eight) seperti ANU atau Melbourne University akan relatif lebih mahal daripada universitas lainnya terutama universitas universitas di kota-kota kecil di Australia, seperti University of Wollongong atau University of Newcastle.

Biaya kuliah universitas di Australia tergantung juga dengan jurusan yang diambil para siswa. Umumnya program seperti kedokteran akan jauh lebih mahal daripada  biaya rata-rata jurusan program pendidikan lainnya seperti jurusan managemen atau sosial politik.

Biaya Kuliah di Australia tergantung juga dengan biaya hidup para siswanya. Besar kecilnya biaya hidup tergantung para siswa menjalankan gaya hidupnya. Contohnya, siswa dapat memilih untuk makan setiap harinya di rumah makan atau masak sendiri, tentu pengeluarannya akan jauh berbeda. Pilihan jenis transportasi dapat membedakan biaya pengeluaran juga untuk siswa, seperti memilih  kendaraan umum ke kampus memakai bis atau memakai taxi.  Pengeluaran biaya hidup di Australia perbulan untuk para siswa international dapat dihemat dengan pilihan jenis akomodasi mereka tinggal. Menetap di asrama kampus akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan tinggal dirumah kos seperti homestay. Pengeluaran biaya dapat dihemat juga  apabila siswa dapat tinggal bersama dengan teman siswa lainnya berbagi biaya, dengan menyewa satu rumah. Lokasi tempat tinggal seperti tinggal di pinggiran kota atau suburb akan lebih murah dibandingkan dengan tinggal di pusat kota atau inner city, namun tentunya biaya tranportasi akan lebih mahal untuk lokasi yang lebih jauh.

Biaya hidup di Australia tergantung juga dimana kota para siswa kuliah. Kota Sydney dan Melbourne adalah kota yang paling mahal untuk biaya hidup diantara kota besar di Australia lainnya. Kebalikannya apabila siswa kuliah dan tinggal dikota-kota kecil seperti Armidale atau Lismore, pengeluaran biaya hidup siswa akan jauh lebih rendah dibandingkan kota Perth atau Brisbane. Menurut sumber Australian Government Department of Immigration and Border Protection, biaya hidup di Australia rata-rata sekitar AUD$ 18,000 pertahunnya.  Peraturan Imigrasi Australia memberi syarat ketat kepada siswa international yang ingin mendapatkan student visa untuk diperbolehkan masuk wilayah Australia. Peraturan tersebut adalah siswa international harus memiliki minimal dana sebesar AUD$ 18,000 untuk memenuhi keperluan biaya hidup setahunnya tinggal dan kuliah di Australia. Dana sebesar ini harus ditunjukan kepada perwakilan kedutaan Australia saat mengajukan student visa.

Siswa international untuk meringankan biaya kuliah di Australia, dapat menghasilkan hasil sampingan dengan  bekerja paruh waktu sekitar 40 jam seminggu yang di izinkan oleh pemerintah Australia. Sudah umum banyak siswa international bekerja di waktu senggangnya untuk menambah uang saku seperti bekerja di rumah makan cepat saji, atau pasar swalayan, namun mohon di perhatikan biaya yang akan didapatkan tidak akan menutup biaya keseluruhan kuliah di Australia dan jangan sampai bekerja paruh waktu menggagu tujuan utama para siswa yaitu berhasil menyelesaikan pendidikannya di Australia.

 

Ketentuan Visa

Untuk mendapat visa pelajar, anda harus membuktikan bahwa anda mempunyai uang yang cukup untuk membayar biaya hidup, biaya pendidikan dan perjalanan untuk sepanjang durasi program belajar anda. 

 

Asuransi dan Perlindungan Kesehatan Siswa Asing (OSHC)

Anda harus mempertahankan asuransi yang disebut Overseas Student Health Cover (OSHC) selama visa pelajar anda berlaku sebagaimana peraturan visa pelajar di Australia. OSHC sendiri memiliki harga yang berbeda-beda tergantung pada rate masing-masing perusahaan asuransi.

 

Kuliah di Australia

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms