User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

Kuliah di Singapura / Malaysia? why not? buat kamu yang baru saja lulus SMA/ belum diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN dll dan masih bingung untuk menentukan kuliah dimana mungkin mencari-cari informasi tentang biaya kuliah di luar negeri terutama negara malaysia atau singapura dari teman atau sumber-sumber informasi lain baik itu di internet maupun dari sekolah. Informasi biaya kuliah dan beasiswa banyak dicari lulusan SMA yang baru saja lulus dan berencana akan melanjutkan pendidikannya di luar negri. Banyak negara yang bisa dijadikan pilihan sebagai tempat kuliah, beberapa diantaranya adalah Malaysia dan Singapura.

 

Salah satu alasan memilih kuliah di Singapura atau Malaysia adalah kedua negara ini lokasinya dekat dengan Indonesia dan tentunya dengan kualitas pendidikan yang bagus bahkan ada yang bilang biaya kuliah di malaysia lebih murah dari beberapa universitas di Indonesia. Benarkah?

 

Selain itu alasan lain mengapa memilih kuliah di Singapura atau Malaysia  yaitu biaya yang relatif lebih murah jika dibandingkan negara eropa atau amerika baik itu biaya kuliah maupun biaya hidup . Jika kamu masih bingung mencari biaya kuliah di Singapura dan Malaysia untuk berbagai universitas /perguruan tinggi di sana.maka kamu bisa menemukannya dengan mudah. 

 

Dalam memilih negara tempat kuliah di luar negri banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti bagaimana kehidupan masyarakat  di negara tujuan , biaya hidup yang diperlukan selama menuntut ilmu di sana dan tentunya reputasi dari universitas yang akan kita pilih sebagai tempat kita melanjutkan pendidikan di luar negeri.

 

Mengenai biaya kuliah di  Singapura untuk program sarjana berkisar antara $ 9000 hingga $14.000 pertahun. Sedangkan untuk Malaysia lebih murah yaitu $2800-$8200 per tahun (Sumber Kompas). Jika dibandingkan dengan negara-negara seperti USA, UK, Australia dan New Zealand sangat jelas terlihat bahwa biaya kuliah di Singapura lebih murah dibandingkan dengan empat negara tersebut. Sedangkan biaya kuliah di Malaysia lebih murah dari pada Singapura. Untuk masalah biaya hidup tentu saja kedua negara tersebut juga memiliki biaya hidup yang lebih murah. Biaya akomodasi, transportasi dan makanan di Singapura  lebih mahal dari pada di Malaysia namun lebih murah dibandingkan di USA, UK, Australia dan New Zealand. Untuk Informasi detail tentang biaya kuliah di Malaysia dan Singapura di banyak universitas berdasarkan jurusan bisa didapat disini.

 

Negara Singapura dan Malaysia bisa dijadikan alternatif pilihan dalam memilih kuliah di luar negri jika dilihat dari biaya kuliah dan biaya hidup di sana. Selain itu jika dilihat dari kualitas pendidikan, banyak universitas Singapura juga termasuk dalam Top Universitas di dunia.

 

Jadi sekarang menjadi pilihan kamu sendiri untuk menentukan tempat kuliah kamu nanti di luar negeri. Apakah kamu sudah menentukan di universitas mana kamu akan kuliah nanti di sana? Apakah kamu sudah tahu berapa biaya kuliah di universitas itu nantinya? Apakah kamu tau kuliah jurusan apa yang cocok dengan Bakat dan Minat yang kamu miliki? atau Jika kalian semua memiliki pertanyaan yang sedang di pikiran selama ini maka disarankan untuk berkunjung ke  website ICAN Education Consultant,  karena di sana kamu akan menemukan semua jawaban atas pertanyaan yang ada di pikiran kamu itu sekarang juga. Selain itu juga ada informasi biaya kuliah serta tata cara pendaftaran untuk tiap jurusan di masing-masing universitasnya.  Jika berminat kuliah di universitas itu maka disarankan mendaftar saja lewat website itu karena akan lebih mudah.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms