Cara daftar dan syarat masuk di James Cook University Australia

Cara daftar kuliah di James Cook University Australia wajib anda perhatikan agar rencana kuliah berjalan lancar. JCU merupakan rumah bagi mahasiswa internasional, lebih dari 100 negara sekaligus lembaga pendidikan yang sangat berkomitmen memberikan banyak keuntungan.

Dengan kuliah di JCU, maka anda dapat memilih gaya hidup selama tinggal di universitas, belajar online, sesuai kebutuhan pendidikan. Anda bahkan punya fleksibilitas tinggi untuk mengambil mata kuliah dari satu ilmu disiplin, sekaligus meningkatkan pengetahuan pada ilmu disiplin lain di JCU.

Cara Pendaftaran

Sebagai siswa internasional yang akan mendaftarkan diri di James Cook University, kamu perlu memperhatikan beberapa langkah mendaftar di kampus ini. Berikut adalah cara daftar kuliah di James Cook University jurusan S1/S2:

Kumpulkan formulir pendaftaran, bisa dengan cara online atau menggunakan agen pendidikan luar negeri, ICAN Education Consultant. Beberapa negara wajib menggunakan agen pendidikan untuk mengurus pendaftaran.

Ketika mendaftar, pastikan melampirkan transkrip akademik sesuai skala penilaian pada institusi jenjang pendidikan sebelumnya. Jika dokumen menggunakan Bahasa Indonesia, harus anda terjemahkan menggunakan bantuan jasa penerjemah tersumpah.

Setelah James Cook University menerima formulir pendaftaran lengkap, maka akan membutuhkan waktu peninjauan, sesuai syarat masuk kuliah di James Cook University.

Dalam hal ini yaitu syarat akademik dan syarat Bahasa Inggris sesuai pilihan jurusan yang sudah anda pilih. Beberapa berkas tambahan mungkin dibutuhkan sesuai syarat jurusan.

JCU juga akan mengirimkan Letter of Offer, jika pendaftaran anda juga telah dinyatakan sesuai kualifikasi. Dalam Letter of Offer via email berisi tentang nama dan durasi jurusan yang anda pilih, biaya kuliah, fasilitas mahasiswa, biaya amenities, dan biaya asuransi.

Jika anda sudah dinyatakan diterima dengan seluruh penjelasan biaya, maka cara daftar kuliah di James Cook University berikutnya yaitu harus menyatakan menerima penawaran tersebut. Ikuti seluruh instruksi sesuai dalam Letter of Offer.

JCU akan mengeluarkan Electronic Confirmation of Enrolment atau eCoE, dokkumen untuk mengurus visa pelajar ke Australia.

 

Baca Juga: Akomodasi di James Cook University Australia

 

 

Batas Akhir Pendaftaran Kuliah 

Perkuliahan semester pertama dibuka pada tanggal 30 Januari 2021, sedangkan pendaftaran berikutnya bisa anda lakukan saat semester 2 yaitu pada 30 Juni 2021.

Masing-masing jurusan memiliki batas waktu pendaftaran berbeda. Jadi, pelajari pendaftaran sesuai jurusan pilihan anda.

Jika anda telah memenuhi beberapa mata kuliah pada lembaga lain di Australia atau negara lain sebagai bagian dari program studi berbeda di JCU, anda mungkin dapat melakukan transfer credit ke jurusan terbaru.

Syarat Masuk James Cook University Australia

Mahasiswa yang tidak mampu memenuhi syarat masuk kuliah di James Cook University Australia karena nilai Bahasa Inggris masih kurang baik, maka dapat mengikuti program English for Academic Purpose/ EAP. Program tersebut hanya jika anda telah memenuhi kualifikasi, kecuali bahasa saja.

Setelah selesai menuntaskan program EAP maka anda dapat mengikuti perkuliah di James Cook University sesuai jurusan. Durasi program EAP tergantung kemampuan level Bahasa Inggris anda ketika mendaftar, serta syarat kemampuan bahasa sesuai jurusan.

EAP juga program intensif dengan total 20 jam pembelajaran per minggu, secara full-time.

Mahasiswa internasional yang tidak berasal dari negara dengan bahasa utama Bahasa Inggris, maka harus menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris melalui hasil tes, seperti IELTS, TOEFL, Pearson, atau OET.

Tes Bahasa Inggris menjadi syarat masuk kuliah di James Cook University, karena bukti sah level mahir Bahasa Inggris. Sertifikat tes tersebut juga tidak boleh lebih dari dua tahun.

JCU merupakan lembaga pendidikan multi kampus, dengan kampus utama di Cairns, Singapura, dan Townsville.

Mahasiswa Indonesia wajib menunjukkan kualifikasinya, yaitu telah menuntaskan pendidikan jenjang menengah atas, SMA. Anda perlu membawa SKHUN dengan GPA 55% atau 60%, tergantung pilihan jurusan.

Itulah panduan lengkap tentang bagaimana cara daftar kuliah dan syarat masuk di James Cook University, Australia. Pastikan anda mengurus perkuliahan dan bertanya hal banyak hal tentang perkuliahan langsung pada agen pendidikan yang tepat.


Sharing is Caring!

|

Event

Promo

Event Registration