Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
cara daftar kuliah di universitas melbourne

Cara Daftar Kuliah di Universitas Melbourne

Beranda / Perkuliahan / Persiapan Kuliah / Cara Daftar Kuliah di Universitas Melbourne

Apakah kamu memiliki rencana untuk kuliah di Universitas di Melbourne? Melbourne merupakan salah satu kota yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi untuk menuntut ilmu. Terdapat banyak mahasiswa dari seluruh dunia yang melanjutkan pendidikan di Melbourne. Melbourne merupakan kota yang memiliki ragam universitas dan menjadi pusat kebudayaan, rekreasi dan juga bisnis. Simak cara daftar kuliah di universitas di Melbourne berikut agar anda sukses melamar aplikasi kuliah di universitas pilihan. 

Alasan untuk kuliah di Melbourne 

Australia merupakan Negara yang masuk dalam peringkat ketiga di dunia yang menjadi Negara paling diminati oleh pelajar internasional. Peringkat pertama ada Inggris dan yang kedua adalah Amerika Serikat. Hampir semua kota besar di Australia memiliki universitas termasuk di Melbourne. Lalu, mengapa memilih untuk kuliah di Melbourne

Yang pertama, Melbourne merupakan salah satu kota kota yang hipster di Australia, segala sesuatu yang trend di Australia berasal dari Melbourne. Banyak kegiatan seni yang termasuk world class di sini. Kehidupan di Melbourne juga inclusive dimana kamu bisa menjadi siapa saja tanpa dihakimi. Melbourne juga memiliki sistem transportasi yang baik. Tersedia trem gratis sehingga menghemat biaya transportasi. Selain itu, Melbourne juga merupakan salah satu kota teraman di dunia. 

Kehidupan dan akomodasi saat kuliah di Melbourne

Kebanyakan, para pelajar internasional yang mengenyam pendidikan di Melbourne akan memilih tempat tinggal di lingkungan yang dekat dengan universitas. Ada beberapa pilihan tempat tinggal yang bisa dipilih, berupa akomodasi tempat tinggal sewa, tempat tinggal sementara, student accommodation yang ditawarkan oleh universitas di Melbourne, atau homestay dengan keluarga asli Australia. 

Baca juga : Biaya Kuliah Universitas Melbourne

Biaya hidup di Melbourne 

Sebagaimana kehidupan perkuliahan, biaya hidup yang dikeluarkan pastinya berbeda sesuai dengan pilihan akomodasi serta pola hidup masing-masing mahasiswa. Namun begitu kita bisa menarik garis besar biaya yang dikeluarkan jika kamu berminat untuk kuliah di Universitas di Melbourne. Biaya estimasi untuk food and groceries, public transport dan sejenis berkisar antara AUD$ 200-350 pr minggu. Sedangkan untuk akomodasi sebesar AUD$ 200 – 450 per minggu. 

Pilihan universitas di Melbourne

Terdapat beberapa pilihan universitas di Melbourne yang memiliki reputasi baik dan menjadi incaran oleh banyak para pelajar internasional. Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke Melbourne, kamu bisa mendaftar kuliah di Australian Catholic University, Charles Darwin University, Deakin university, Federation university, Southern cross university, La Tribe University, Monash university, Swinburne University of technology, University of Ballarat, University of Melbourne , Victoria University, RMIT University

Pilihan jurusan yang tersedia juga sangat beragam, mulai untuk program sarjana, pascasarjana, hingga program doctoral. Jurusan yang bisa dipilih antara lain education, business, arts, laws, automotive, design, engineering,  agriculture and horticulture, communication, pharmacy, health, computer and IT, dan masih banyak lagi. 

Tips memilih universitas yang tepat 

Dengan banyaknya pilihan kampus di Melbourne, maka anda bisa saja kesulitan untuk memilih jurusan dan universitas yang tepat. Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jurusan yang paling kamu suka dan sesuai dengan bakat serta minat. 

Kemudian, pengalaman kuliah seperti apa yang kamu ingin? Lingkungan pendidikan dan sosial dari sebuah kampus sangat mempengaruhi bagaimana nantinya mahasiswa mengenyam pendidikan. Apakah universitas tersebut memberikan kesempatan magang? Apakah memberikan layanan dan fasilitas bagi mahasiswa? Apakah mereka punya komunitas untuk mahasiswa internasional dan  sebagainya wajib untuk diketahui sebelum mendaftar ke universitas yang kamu pilih. 

Selanjutnya, peringkat suatu  universitas bukanlah segalanya. Sejumlah universitas yang ada di Melbourne memiliki reputasi dan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Yang perlu kamu ketahui, peringkat internasional didasarkan pada hasil riset penelitian yang dilakukan universitas bukan sistem pengajaran. Sangat sulit untuk mengukur sistem pengajaran. 

Untuk menemukan universitas yang tepat, maka lihat apa saja yang menjadi dasar dari peringkat universitas tersebut. Carilah apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus kuliah dan prospek karir yang ditawarkan oleh universitas tersebut. 

Baca juga : Rekomendasi Universitas Terbaik Di Melbourne Australia

Pendaftaran Kuliah di Universitas, Melbourne

Jika kamu berminat untuk masuk kuliah di salah satu universitas di Melbourne maka simak dan persiapkan beberapa dokumen berkas pendukung untuk memasukkan aplikasi pendaftaran ke universitas yang ingin kamu masuki.  Sebelum itu persiapkan student visa sebagai salah satu berkas cara pendaftaran kuliah di universitas di Melbourne. 

Selain itu, siapkan pula persyaratan sertifikat bahasa inggris sebagai syarat utama untuk mendaftar kuliah di universitas di Melbourne. Biasanya universitas mensyaratkan IELTS atau TOEFL dengan nilai minimal yang berbeda sesuai dengan jurusan dan lembaga pendidikan yang kamu tuju. 

Jika kamu ingin mempersiapkan diri lebih maksimal kamu bisa bergabung dengan kelas persiapan yang akan sangat membantu kamu dalam memenuhi persyaratan masuk ke universitas yang hendak kamu tuju. 

ICAN Event - Study in Austrtalia, UK & New Zealand
ICAN Expo - Manado 2024
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Expo - Education Expo Kalimantan
Sunway
Event SEG
Event PSB Academy
Education Expo Kalimantan

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan