User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cara Mendaftar Kuliah di Deakin University Australia

deakin university.jpg

Source: blogs.deakin.edu.au

Australia banyak dipilih oleh siswa internasional sebagai negara destinasi kuliah. Di antara negara-negara bagian di Australia, Victoria merupakan salah satu tempat destinasi studi yang paling diminati dengan hadirnya Deakin University. Universitas yang menempati peringkat 50 teratas di antara universitas termuda dunia versi Times Higher Education World University Rankings 2018-2019 ini dikenal dengan keunggulan inovasi dan visinya selama lebih dari 45 tahun. Itulah mengapa Deakin University banyak diminati sebagai pilihan kampus global terbaik.

 

Aplikasi Siswa Internasional

Mendaftar untuk kuliah di Deakin University Australia itu cukup mudah. Sebagai siswa internasional, Anda dapat mendaftar langsung melalui Deakin University atau dengan bantuan salah satu agen pendidikan resmi universitas di negara setempat. Mereka dapat membantu siswa peminat mempelajari tentang Deakin University, memahami persyaratan visa, hingga mengajukan aplikasi. Banyak program kuliah yang menerima pendaftaran sepanjang tahun dengan jadwal masuk di ketiga trimester. Jadi, ikuti saja panduan langkah-langkah cara mendaftar dan pilihlah jenis aplikasi siswa internasional untuk memulai, seperti dimuat dalam platform resmi universitas, www.deakin.edu.au.

 


Baca juga: Syarat Masuk Kuliah di Deakin University Australia


Memilih program kuliah

Carilah perangkat untuk menjelajahi area studi di Deakin University atau dengan menggunakan filter pencarian praktis untuk menemukan dan memilih program kuliah yang sesuai.

Setiap deskripsi program akan menginformasikan tanggal penerimaan khusus sehingga siswa peminat akan tahu kapan harus mendaftar, bagaimana mendaftar sebagai siswa internasional, dan apa saja persyaratan masuknya.

Perjalanan untuk menemukan jalan impian siswa di mulai di sini. Mulailah dengan mencari informasi berdasarkan jenis program kuliah dan bidang minat, atau mempersempit area studi, dan jelajahi dengan ATAR, lokasi, atau trimester.

Memahami persyaratan masuk

Ada perbedaan antara persyaratan akademis program sarjana dengan program pascasarjana.

Bagi siswa internasional peminat program sarjana, disarankan untuk melihat tabulasi asal negara studi masing-masing. Untuk siswa Indonesia, disyaratkan untuk menyelesaikan studi dasar dan/atau program diploma di Deakin College atau di salah satu mitra TAFE Deakin. Persyaratan masuk yang ditampilkan khusus untuk program perkuliahan di Melbourne Burwood Campus dan Cloud Campus. Sementara, untuk peminat program pascasarjana, persyaratan masuk program kuliah berbeda menurut subjek dan area studi.

 


Baca juga: Kuliah di Universitas Perth Australia


Memenuhi persyaratan bahasa Inggris

Semua pelamar harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris Deakin sesuai dengan jenjang program kuliah yang akan dimasuki. Untuk persyaratan IELTS, ditampilkan di halaman setiap program kuliah.

Jika siswa memenuhi kriteria masuk akademis Deakin University, tetapi tidak memiliki keterampilan bahasa Inggris yang diperlukan, siswa tersebut secara otomatis akan memenuhi syarat untuk masuk ke Institut Bahasa Inggris Universitas Deakin (DUELI).

Lembaga DUELI mempersiapkan siswa untuk masuk ke studi tingkat sarjana di Deakin University dan lembaga tersier Australia lainnya. Selain itu, DUELI juga menawarkan program Bahasa Inggris untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris bagi pengembangan pribadi dan profesional.

Menyiapkan dokumen pendukung

Saat siswa peminat melamar ke Deakin University, penting untuk melampirkan semua dokumen pendukung yang diminta.  Jika tidak, aplikasi tersebut dapat ditunda atau ditolak.

Ingat, sebagian besar dokumen perlu disertifikasi sebelum diunggah, jadi luangkan banyak waktu untuk mengaturnya.

Contoh salinan tersertifikasi yang diperlukan, meliputi:

  • sertifikat penghargaan
  • transkrip akademis
  • kartu identitas formal (misalnya paspor).

Dokumen dalam bahasa selain bahasa Inggris perlu diterjemahkan. Jika siswa mengajukan permohonan beasiswa, harap periksa juga dokumen pendukung spesifik untuk aplikasi tersebut.

Jika aplikasi siswa peminat berhasil, surat penawarannya akan menyertakan rincian tentang RPL siswa tersebut. Ketika mendaftar, pelamar harus menyerahkan semua dokumen asli kepada petugas pendaftaran untuk melengkapi aplikasi RPL.

 


Baca juga: Kuliah Desain di Australia


Menyiapkan sertifikasi dokumen

Sebagian besar dokumen harus disertifikasi sebelum diunggah. Salinan dokumen yang disertifikasi adalah fotokopi yang telah dilihat bersama dengan dokumen asli oleh pihak  berwenang.

Deakin University tidak menerima dokumen yang telah disertifikasi secara elektronik. Dokumen yang dikirim melalui pos tidak akan dikembalikan. Ingat, jangan mengirimkan dokumen asli karena tidak akan dikembalikan.

Mengirimkan aplikasi

Siswa peminat dapat mengirimkan aplikasinya untuk kuliah di Deakin University menggunakan berbagai metode—online, melalui surat, e-mail, secara langsung, ataupun melalui perwakilan.

  1. Daftar online
    Mendaftar secara online itu sederhana, mudah, dan cepat. Pelamar tidak perlu membayar biaya aplikasi tetapi hanya memerlukan detail dari hal-hal berikut.
  • Studi sebelumnya (termasuk nama program dan institusi, durasi, dan kualifikasi yang diperoleh).
  • Studi saat ini (termasuk nama program dan institusi, durasi, dan tanggal penyelesaian yang diharapkan).
  • Kemahiran berbahasa Inggris dan/atau hasil tes bahasa Inggris terkini.
  • Daftar riwayat pekerjaan jika ada (termasuk nama, tanggal, dan uraian pekerjaan yang dilakukan).

       b.  Ajukan melalui surat atau e-mail

  • Langkah 1. Pergi ke halaman program kuliah pilihan dan periksa persyaratan masuk dan dokumentasi yang dibutuhkan.
  • Langkah 2. Pergi ke bagian Cara Mendaftar.
  • Langkah 3. Unduh formulir aplikasi yang relevan untuk program yang Anda inginkan.
  • Langkah 4. Pastikan pelamar memiliki salinan kualifikasi akademis dan kemampuan bahasa Inggris yang disahkan.
  • Langkah 5. Tergantung pada program kuliah, biaya aplikasi yang tidak dapat dikembalikan kira-kira sebesar $ 55. Pelamar bisa mendapatkan wesel bank yang dibayarkan ke Deakin University atau mengisi bagian 'Pembayaran biaya aplikasi dengan kartu kredit' dari formulir aplikasi.
  • Langkah 6. Pelamar dapat mengirim formulir dan dokumen lengkap ke Deakin International melalui e-mail.

    c. Lamar secara langsung

  • Langkah 1. Pergi ke halaman program kuliah pilihan dan periksa persyaratan masuk dan dokumentasi yang dibutuhkan.
  • Langkah 2. Pergi ke bagian Cara Mendaftar.
  • Langkah 3. Unduh formulir aplikasi yang relevan untuk program yang Anda inginkan.
  • Langkah 4. Pastikan pelamar memiliki salinan kualifikasi akademis dan kemampuan bahasa Inggris yang disahkan.
  • Langkah 5. Tergantung pada kursus, biaya aplikasi yang tidak dapat dikembalikan sebesar $ 55. Dapatkan draf bank sebesar $ AUD55 yang dibayarkan ke Deakin University.
  • Langkah 6. Kunjungi salah satu kantor Deakin International di Australia, India, Cina atau Indonesia untuk mengajukan aplikasi. Bawalah dokumen dan draf bank bersertifikasi.
    Untuk alamat kantor Deakin International, silakan kunjungi halaman situs web Deakin International.

    d. Ajukan melalui agen/perwakilan

    Siswa dapat mendaftar untuk kuliah di Deakin University melalui salah satu perwakilan internasional universitas. Semua organisasi ini diakreditasi oleh Deakin dan akan membantu siswa dengan saran, bekerja sama dengan Universitas atas nama siswa, memberikan informasi tentang program kuliah dan membantu siswa melalui seluruh proses aplikasi. Jadi, carilah agen/perwakilan luar negeri tepercayadi wilayah masing-masing!

    Menerima tawaran dan membayar biaya
    Untuk menerima tawaran siswa pelamar, lihat detailnya di e-mail penawaran. Siswa harus memenuhi semua persyaratan dan memberikan bukti yang diminta sehingga Deakin University dapat mengeluarkan dokumen Konfirmasi Pendaftarannya (COE). Selain itu, siswa pun harus mengirimkan pembayaran pertamanya.

 


Baca juga: Beasiswa Kuliah di University of Tasmania, Australia


Cara Mengajukan Visa

Bagi para siswa internasional yang ingin datang ke Australia untuk kuliah,  mereka harus mengajukan permohonan visa pelajar atau memegang visa yang valid untuk belajar di Australia.

Setelah siswa menerima penawaran dari Deakin University dan pihak universitas telah menerima transfer biaya, pihak universitas akan mengirimkan Konfirmasi Pendaftaran (COE) kepada siswa tersebut. Dokumen ini dibutuhkan untuk mengajukan permohonan visa pelajar sesegera mungkin. Ingat, COE akan kedaluwarsa lima hari setelah program kuliah dimulai.

Untuk mengajukan visa pelajar, siswa tersebut harus:

  • mendapatkan COE dari Deakin University
  • memenuhi kriteria aplikasi visa untuk negara asalnya
  • menjalani pemeriksaan medis dengan praktisi medis yang disetujui oleh Misi Diplomatik Australia.

Segera daftarkan diri di Deakin University Australia dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms