User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cara Mendaftar Kuliah di Monash University Australia

Syarat Masuk Kuliah di Monash University Australia

 Source:  www.ican-education.com

 

Australia banyak dipilih oleh siswa internasional sebagai negara destinasi kuliah. Di antara kota-kota di Australia, Melbourne merupakan kota destinasi studi yang paling diminati dengan hadirnya Monash University. Anggota Group of Eight yang menempati peringkat ke-84 universitas terbaik dunia menurut Times Higher Education World University Rankings 2018-2019 ini dikenal dengan keunggulan dalam pengajaran dan penelitian selama lebih dari 50 tahun. Itulah mengapa Monash University banyak diminati sebagai pilihan kampus global terbaik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan aplikasi, di antaranya—memeriksa apakah siswa memenuhi persyaratan masuk, mulai mendaftar, menerima surat penawaran dari kampus, berusia di bawah 18 tahun, menerima penawaran masing-masing peminat, mengajukan visa pelajar, dan mempersiapkan kedatangan ke universitas. Para siswa peminat harus memenuhi persyaratan usia, nilai akademis, dan Bahasa Inggris untuk memulai kuliah.

 

Cara mendaftar kuliah di Monash University Australia itu cukup mudah. Ikuti panduan langkah-langkah cara mendaftar dan lengkapi aplikasinya secara online, seperti dimuat dalam platform resmi universitas, www.monash.edu.

 

  1. Memenuhi persyaratan masuk
    Pastikan siswa peminat memeriksa persyaratan masuk dan prasyarat dari semua bidang studi. Persyaratan usia secara umum adalah siswa berusia 17 tahun pada saat mendaftar kuliah. Namun, beberapa pengecualian bisa saja terjadi. Periksa pula persyaratan masuk kemahiran berbahasa Inggris. Selain itu, periksa persyaratan masuk siswa program jenjang sarjana, pascasarjana—misalnya, gelar master melalui riset, doktor (PhD), atau doktor profesional.

 

  1. Mempersiapkan dokumen
    Untuk mendaftar, persiapkan dokumen-dokumen berikut ini:  
  • alamat email yang masih berlaku,
  • rincian bidang studi yang dipilih (nama, kode, dan tanggal mulai),
  • transkrip akademis,
  • bukti persyaratan kemahiran berbahasa Inggris,
  • rincian kartu kredit (siswa harus membayar biaya pendaftaran sebesar AUD $100),
  • salinan paspor yang telah dilegalisir.

    Bila siswa mendaftar untuk kredit mata kuliah dari pendidikan sebelumnya, maka harus melampirkan sejumlah dokumen pendukung. Dokumen ini dapat berupa transkrip resmi atau hasil studi sebelumnya, dan salinan skema mata kuliah. Kredit mata kuliah yang dialihkan ini dapat memengaruhi lama studi dan visa pelajar siswa. Beberapa bidang studi membutuhkan lampiran dokumen lain seperti daftar riwayat kerja terkait.

 


Baca juga : Kuliah di Universitas Melbourne Australia


 

  1. Mendaftar
    Siswa dapat mendaftar secara online, melalui surat aplikasi, ataupun melalui agen pendidikan resmi.  
  • Secara online
    Pertama, siswa perlu membuat akun aplikasi secara online. Siswa akan mendapatkan sebuah akun ID yang dikirimkan melalui email siswa. Ikuti tautan pada email tersebut untuk masuk dan memulai aplikasi secara online.

    Siswa dapat keluar dan masuk kembali untuk melanjutkan aplikasinya setiap saat. Program aplikasi secara otomatis akan menyimpan aplikasi setelah siswa melengkapi setiap halaman.

    Untuk mengunggah dokumen dengan baik, dokumen tersebut harus:
  • dalam format yang benar (jpg, pdf, doc, atau rtf)
  • masing-masing berukuran kurang dari 2.5 MB
  • Melalui surat aplikasi

 


Baca juga: Kuliah di Universitas Perth Australia


 

Untuk mendaftar melalui surat, unduhlah:

Kirimkan formulir aplikasi yang telah dilengkapi dengan semua dokumen dan cek sebesar AUD $100 (atau rincian kartu kredit) kepada International Recruitment Services.

 

  • Melalui konsultan resmi pendidikan luar negeri
    Agen pendidikan resmi dapat membantu siswa mendaftar ke universitas dan mengurus visa pelajar karena:
  • memahami sistem yang berlaku di universitas Australia,
  • dapat memberi penjelasan mengenai bidang studi dan persyaratan masuk,
  • dapat membantu siswa mendaftar,
  • dapat membantu siswa mengatur setiap dokumen lain yang diperlukan,
  • dapat membantu siswa mengurus visa dan hal-hal penting lainnya.

  1. Menelusuri aplikasi secara online
    Bila siswa telah mengajukan aplikasi secara online, siswa yang mendaftar kuliah di Monash University Australia dapat menelusuri aplikasinya masing-masing dengan konfirmasi penerimaan melalui surat penawaran dari pihak kampus.

  1. Menilai aplikasi
    Ketika aplikasi siswa diterima, Monash University akan menilai aplikasi tersebut terhadap persyaratan masuk universitas, termasuk usia minimum, Bahasa Inggris, dan persyaratan masuk akademis. Pihak kampus dapat menolak aplikasi, menarik tawaran tempat, atau membatalkan konfirmasi pendaftaran. Jika aplikasi siswa diterima, pihak kampus akan memberikan tawaran penuh melalui email kepada siswa ataupun agennya.

    Jika pihak kampus tidak dapat memberikan tawaran penuh, siswa mungkin dapat menerima penawaran bersyarat. Penawaran bersyarat berarti siswa harus mengirimkan informasi lebih lanjut sebelum pihak kampus dapat mengirimkannya tawaran penuh. Informasi lanjutan yang biasa dibutuhkan adalah hasil akhir, hasil ujian Bahasa Inggris, ataupun transkrip, yang dijelaskan di dalam email.

    Jika siswa tidak berhasil untuk preferensi pertamanya, pihak kampus akan menilai siswa untuk preferensi berikutnya pada formulir aplikasi, atau untuk program jalur melalui Monash College.

  1. Menilai sendiri penerimaan dan kelayakan kredit
    Periksa kredit atau kelayakan penerimaan siswa menggunakan kredit studi dan pencarian kelayakan penerimaan.

 


 Baca juga: Kuliah di Brisbane Australia


 

Segera daftarkan diri Anda untuk kuliah di Monash University Australia dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

 

Atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms