User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cara Mendaftar Kuliah di TAFE Queensland

TAFE Queensland adalah tempat pendidikan dan pelatihan di Australia bagian timur di mana Anda bisa mendapatkan pendidikan yang tidak hanya didominasi oleh teori namun juga disediakan fasilitas untuk kerja praktek langsung dan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk kualifikasi profesional. Di sini Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak program mulai dari ilmu sosial hingga ilmu teknik untuk dipelajari baik di tingkat sertifikasi maupun hingga untuk mendapatkan gelar akademik sarjana. Dengan pengalaman dan sejarah lebih dari 135 tahun, saat ini TAFE Queensland sudah memiliki lebih dari 500 bidang pelatihan yang berkaitan dengan kebutuhan dunia industri dengan jumlah siswanya ada lebih dari 110.000 orang setiap tahunnya termasuk siswa internasional. Ingin tahu cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland untuk pelajar Indonesia?

 

Di mana bisa mendaftar?

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menjadi siswa di TAFE Queensland sebagai pelajar internasional, yaitu dengan mendaftarkan diri sendiri secara online dengan membuka halaman Studylink, atau dengan melalui agen-agen terotorisasi yang ada di dekat lokasi Anda yang bisa membantu untuk mendampingi setiap prosedur pendaftaran dan membantu untuk melengkapi berkas pendaftaran hingga proses penerimaan. 

Untuk mendaftar melalui Studylink Anda harus membuat akun terlebih dahulu kemudian nantinya Anda bisa memilih bidang apa yang ingin dipelajari kemudian mulai satu per satu mengunggah dokumen dan data yang diminta untuk bisa mendaftar di bidang studi yang Anda inginkan. Sedangkan jika melalui agen maka Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai mana bidang studi yang kira-kira lebih cocok sesuai dengan minat, program apa yang sebaiknya diambil, hingga persyaratan administrasi yang harus dilengkapi. Agen akan membantu mengirimkan berkas pendaftaran Anda ke TAFE Queensland. Cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland melalui agen adalah cara yang lebih efisien. 

 

Proses pengajuan aplikasi

Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda persiapkan untuk mendaftar kuliah di TAFE Queensland setelah memilih bidang studi yang diinginkan dan juga lokasi kampus yang ingin jadi tempat belajar:

  1. Cek syarat dokumen yang diperlukan untuk membuat visa pelajar
  2. Masing-masing program atau bidang studi memiliki syarat pendaftarannya sendiri-sendiri tapi umumnya yang mesti Anda persiapkan adalah dokumen yang menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, nilai akademik di pendidikan terakhir (untuk WNI syaratnya adalah ijazah SMA/sederajat), dan juga surat lamaran pendaftaran.
  3. Catat tanggal-tanggal penting proses pendaftaran
  4. Beberapa bidang studi mungkin akan meminta Anda untuk menyertakan portofolio atau hasil karya yang pernah dibuat
  5. Berkas dokumen yang digunakan untuk mendaftar harus dalam bahasa Inggris termasuk transkrip, sertifikat, dan sebagainya
  6. Siswa yang lolos seleksi akan menerima Letter of Offer 
  7. Setelah syarat yang ada pada LoF dipenuhi siswa akan menerima Confirmation of Enrollment yang bisa digunakan untuk mengajukan visa. 

 

Berapa biaya yang harus dibayarkan?

Info selanjutnya yang pasti ingin Anda tahu mengenai cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland adalah berapa biaya pendidikannya? Besarnya biaya pendidikan di Queensland ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

  1. Bidang studi yang dipilih
  2. Masa studi
  3. Apakah Anda belajar secara penuh waktu, paruh waktu, atau secara online
  4. Punya bantuan pembiayaan atau tidak

TAFE Queensland memiliki beberapa program yang bisa membantu untuk meringankan beban biaya pendidikan Anda seperti misalnya subsidi, kelonggaran, beasiswa, atau pembiayaan “Away from Base”.

Subsisdi

Kelonggaran/konsesi

Beasiswa

 “Away from Base”
  • Subsidi bisa diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan biaya sekolah dari swasta maupun pemerintah 
  • Siswa yang memenuhi syarat dan memenuhi kriteria bisa mengajukan kelonggaran pembayaran pendidikan
  • Kelonggaran yang diberikan misalnya pembayaran pendidikan bisa dilakukan dengan cara cicilan, maupun dengan beasiswa
  • Siswa bisa memilih dari dua jenis beassiwa yang disediakan yaitu “Merit Scholarship” dan “Access and Equity Scholarship”
  • ABS merupakan program dari pemerintah Australia untuk membiayai pelajar yang akan melakukan aktivitas di lokasi yang jauh dari tempat tinggal maupun tempat pendidikannya, diajukan oleh institusi tempat ia belajar

 

Baca juga: Fasilitas Kuliah di TAFE Queensland

 

Syarat kemampuan bahasa Inggris

Karena Indonesia tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama maka siswa Indonesia yang ingin belajar di TAFE Queensland harus memenuhi syarat standar kemampuan bahasa Inggris yang ditentukan oleh masing-masing program.  Untuk tahu standar apa saja yang dibutuhkan sebagai cara mendaftar kuliah di TAFE Queensland Anda bisa membuka halaman masing-masing program yang ingin diambil. Berikut adalah syarat standar kemampuan bahasa Inggris secara umum untuk setiap tingkat pendidikan yang ingin Anda pilih:

  1. Sertifikasi III, IV, Diploma, dan Advanced Diploma maka dibutuhkan IELTS rata-rata 5,5 (tidak boleh ada skor di bawah 5,0)
  2. Program associate degree level membutuhkan IELTS rata-rata 6,0 (menulis minimal 6,0 dan nilai lain tidak boleh kurang dari 5,5)
  3. Program sarjana membutuhkan IELTS rata-rata 6,5 (tidak boleh ada skor di bawah 6,0). 
 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms