User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Cara Mendaftar Kuliah di The University of Sydney Australia

Australia banyak dipilih oleh siswa internasional sebagai negara destinasi kuliah. Di antara kota-kota di Australia, Sydney merupakan salah satu kota destinasi studi yang cukup banyak diminati dengan hadirnya universitas tertua di Australia, yaitu The University of Sydney. Anggota Group of Eight yang menempati peringkat ke-60 universitas terbaik dunia menurut Times Higher Education World University Rankings 2019-2020 ini dikenal dengan kapasitas keunggulannya dalam pengajaran dan penelitian. Itulah mengapa The University of Sydney banyak diminati sebagai pilihan kampus global terbaik.

Ada sedikit perbedaan untuk proses aplikasi masing-masing program gelar di The University of Sydney. Berikut ini, diuraikan beberapa langkah sederhana yang berlaku umum untuk mengetahui cara mendaftar kuliah di The University of Sydney, seperti yang dimuat dalam laman resmi universitas, www.sydney.edu.au. Ikuti langkah-langkahnya untuk memastikan Anda memenuhi kriteria untuk melamar program sarjana atau pascasarjana.

 

Memilih program kuliah

Silakan memilih program studi dengan menjelajahi bidang minat yang diinginkan. Halaman program studi tersebut akan memberi informasi kepada calon mahasiswa tentang latar belakang kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengikuti kuliah, jumlah pembiayaan, dan hal-hal lain yang terkait.

 

Memeriksa kriteria penerimaan

Setiap program memiliki serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi. Ini dicantumkan pada halaman informasi masing-masing program studi, termasuk beberapa hal berikut.

  • Kualifikasi yang diperlukan seperti penyelesaian sekolah menengah (misalnya, International Baccalaureate), diploma, bridging course atau penyelesaian kursus tersier (perguruan tinggi atau universitas). Periksa halaman Universitas untuk kualifikasi yang diakui yang dapat diterima dari negara di seluruh dunia.
  • Universitas menerima lulusan program yayasan dari universitas-universitas di Australia dan Selandia Baru dan beberapa program luar negeri untuk masuk. Lebih dari 80 persen mahasiswa yang menyelesaikan Program Persiapan The University of Sydney (USPP) berasal dari Program Yayasan The University of Sydney (USFP) dan Program Persiapan Berprestasi Tinggi (HAPP), yang kemudian diterima di salah satu program sarjana Universitas.
  • Pengetahuan yang diasumsikan, di mana Universitas menganggap calon mahasiswa atau pelamar telah mencapai tingkat pengetahuan tertentu atau telah lulus subjek yang relevan di Tingkat 12 Australia atau setara.
  • Prasyarat, termasuk prasyarat bidang studi matematika.
  • Persyaratan Bahasa Inggris—Jika pelamar tidak memenuhi persyaratan ini, ia mungkin masih dapat mendaftar untuk program kuliahnya dan menyelesaikan kuliah Bahasa Inggris melalui Centre for English Teaching.
  • Kriteria penerimaan tambahan—Untuk beberapa program kuliah, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pendidikan, Musik, Kesehatan Mulut, Seni Visual dan Kedokteran Hewan, mungkin ada kriteria penerimaan tambahan, seperti audisi, wawancara, portofolio atau pernyataan pribadi.
  • Semua dokumen pendukung yang mungkin diperlukan.
  • Membayar biaya untuk mengirimkan aplikasi. Ini berlaku untuk semua pelamar internasional dengan pengecualian.

 

Pengakuan untuk studi sebelumnya

Jika pelamar telah menyelesaikan studi sebelumnya di bidang terkait atau pengalaman kerja yang relevan, ia mungkin dapat mempercepat proses program gelarnya. Hal ini merupakan bentuk pengakuan Universitas terhadap pendidikan sebelumnya. Dengan demikian, pelamar tidak harus mengulangi mata kuliah atau unit program yang sama dan bisa lulus lebih cepat.

Universitas memiliki perjanjian artikulasi kredit dengan lembaga luar negeri seperti Singapore Polytechnics di mana penyelesaian diploma 2-3 tahun di bidang yang relevan akan membuat pelamar memenuhi syarat untuk kredit hingga satu tahun atau lebih, dalam banyak kasus memungkinkan pelamar untuk melewati satu tahun dalam gelarnya di The University of Sydney. Ini juga dapat mengurangi durasi visa pelamar.

 

Baca juga:

 

Gelar ganda

Gelar ganda, seperti yang dikombinasikan dengan jurusan Kedokteran ataupun Kedokteran Hewan, memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mahasiswa dapat diterima ke tingkat dua.

 

Mengumpulkan dokumen yang diperlukan

Setiap program memiliki serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi. Ini ditentukan pada halaman informasi program, termasuk beberapa formulir aplikasi tambahan. Hal ini harus menjadi catatan yang benar dan lengkap. Pelamar dapat memindai dokumen-dokumen tersebut dan mengunggahnya secara online.

Dokumen yang diserahkan dalam bahasa selain Bahasa Inggris harus disertai dengan terjemahan Bahasa Inggris lengkap yang dibuat oleh penerjemah terakreditasi dengan badan pemerintah atau panitera dari lembaga penerbit.

 

Kriteria Genuine Temporary Entrant (GTE)

Universitas berhak untuk meminta informasi tambahan jika pelamar adalah pemohon visa pelajar berdasarkan kriteria Genuine Temporary Entrant (GTE) sebagaimana ditentukan oleh pemerintah Australia. Ini mungkin melibatkan penyerahan formulir aplikasi tambahan yang mencari klarifikasi tentang keadaan pribadi pelamar, dan mungkin juga melibatkan wawancara. Informasi lebih lanjut dapat diminta oleh Universitas atau oleh agen pendidikan setelah pelamar mendaftar.

 

Memahami jumlah pembiayaan

Setiap halaman program kuliah akan menjelaskan biaya yang dibutuhkan untuk memulai kuliah tahun depan atau tahun sesudahnya. Ada paket biaya lain yang juga perlu diketahui pelamar. Cari tahu lebih lanjut tentang pembiayaan—biaya kuliah dan biaya hidup.

 

Pilihan sumber dukungan keuangan: pinjaman dan beasiswa

Beberapa negara memberikan pinjaman pendidikan kepada warganya. Pelamar juga dapat memenuhi syarat untuk beasiswa berdasarkan prestasi atau kriteria khusus  lain dari The University of Sydney. Cari tahu tentang beasiswa untuk mahasiswa internasional.

 

Mengirimkan aplikasi

Ada 3 (tiga) opsi untuk mengirimkan aplikasi, yaitu:

1. Mendaftar langsung ke Universitas

Para pelamar yang dapat mendaftarkan diri secara langsung, yaitu mereka yang termasuk dalam kriteria berikut ini:

  • pelamar yang tidak tercakup dalam kategori UAC,
  • melamar untuk program gelar ganda (bahkan jika melamar melalui UAC untuk gelar lain).

Untuk mendaftar langsung ke Universitas, cari program studi yang dipilih, lalu klik tombol "Daftar Sekarang" di halaman program studi. Semua mahasiswa pascasarjana dan sebagian besar mahasiswa sarjana bisa mendaftar langsung. Siswa internasional yang ingin mendaftar untuk kuliah offline perlu membayar biaya aplikasi sebesar $ 125.

Tenggat waktu aplikasi berbeda-beda. Periksa tanggal penutupan aplikasi untuk program kuliah yang dipilih di halaman informasi program masing-masing. Sebagai siswa internasional, Anda harus mendaftar sedini mungkin untuk memberikan waktu pemrosesan visa dan pengaturan perjalanan.

 

2. Mendaftar melalui UAC

Pelamar yang diperkenankan mendaftar melalui Universitas Admissions Center (UAC) adalah seorang mahasiswa sarjana yang telah menyelesaikan studi:

  • kualifikasi Kelas 12 Australia saat ini (misalnya, Sertifikat Sekolah Tinggi NSW, Sertifikat Pendidikan Victoria, Sertifikat Pendidikan Queensland) di dalam atau di luar Australia; atau
  • ijazah International Baccalaureate (IB) saat ini di Australia.

Universitas umumnya berpartisipasi dalam semua tahap penawaran internasional UAC. Jika pelamar ingin mendaftar untuk program gelar ganda, ia perlu mendaftar langsung ke The University of Sydney, bahkan jika ia mendaftar melalui UAC untuk preferensinya yang lain.

 

3. Mengajukan permohonan melalui agen resmi

Pelamar juga dapat mendaftar kuliah melalui agen atau perwakilan resmi yang ditunjuk oleh The University of Sydney, Australia.

 

Menunggu hasil aplikasi

Apa yang terjadi setelah pelamar menyelesaikan tahapan 1 – 6 di atas? Pelamar dapat memperoleh penawaran dari Universitas secara langsung atau melalui UAC, bergantung pada metode aplikasinya.

Jika pelamar menerima penawaran bersyarat, ia mungkin perlu memenuhi kriteria tertentu seperti persyaratan akademik dan kemampuan berbahasa Inggris sebelum ia berhak menerimanya. Jika pelamar menerima penawaran tanpa syarat, langkah selanjutnya adalah menerima tawaran tersebut.

  • Untuk menerima penawaran tanpa syarat, pelamar dapat log in ke Sydney Student Portal.
  • Pelamar UAC juga akan menerima e-mail konfirmasi dari Universitas dengan instruksi tentang cara menerima tawaran Anda secara online.
  • Setelah pelamar mengonfirmasi tempatnya di The University of Sydney, ia harus membayar pembiayaan, termasuk biaya kuliah semester dan jaminan kesehatan mahasiswa luar negeri (OSHC). Jenis perlindungan kesehatan yang dibutuhkan akan tergantung pada jenis visa setiap pelamar.
  • Pelamar akan menerima Konfirmasi Pendaftaran (eCoE) elektronik, yang dapat digunakan untuk mengajukan visa pelajar.
  • Sebagian besar siswa internasional datang ke Australia dengan visa pelajar, tetapi juga dimungkinkan untuk belajar di sini dengan visa penduduk sementara, visa 457, visa mitra atau bisnis, dan visa mahasiswa di bawah usia 18 tahun.

 

Baca juga:

 

Segera daftarkan diri di The University of Sydney, Australia dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

Atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms