User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Daftar Jurusan Kuliah di Curtin University Australia

 Gb. Daftar Jurusan Kuliah di Curtin University Australia.jpg

Source: www.planeteducation.info

Australia merupakan salah satu negara destinasi kuliah terbesar yang paling banyak diminati siswa internasional, termasuk siswa dari Indonesia. Beragam universitas kelas dunia ada di Negeri Kanguru ini, salah satu di antaranya—Curtin University. Curtin dikenal sebagai universitas terbesar di Australia Barat dengan populasi mahasiswa paling beragam secara budaya, yang menempati jumlah mahasiswa internasional ketiga terbesar di Australia.

Curtin University mengadopsi pendekatan inovatif dalam pengajaran dan penelitian. Dengan komitmen selalu memberikan keunggulan sebagai universitas global terkemuka, Curtin kini berada di peringkat satu persen universitas teratas di seluruh dunia, seperti dimuat dalam Academic Rangking of World 2018.

Bidang Minat Kepengajaran

Curtin University memiliki lima bidang minat yang didedikasikan untuk pengajaran dengan detail berikut ini, seperti dimuat dalam platform resminya, www.curtin.edu.au.

 


Baca juga: Persyaratan dan Biaya Kuliah di Edith Cowan University Australia (ECU)


 

Pusat Studi Aborigin

Pusat Studi Aborigin berkomitmen untuk memberikan kontribusi  terhadap perubahan sosial yang positif bagi penduduk asli Australia, Suku Aborigin, melalui pendidikan tinggi dan penelitian. Pusat studi inilah yang secara aktif terlibat dalam pendidikan mahasiswa lokal dan internasional berkaitan dengan pemahaman sejarah dan budaya yang beragam, khususnya dari penduduk asli Australia, serta isu-isu sosial dan politik yang turut memengaruhinya.

Program kuliah yang ditawarkan oleh bidang minat ini berfokus pada keterampilan, kemampuan, dan kesadaran budaya para lulusannya, yang dibutuhkan ketika bekerja di dalam komunitas intern dan ekstern.

Beberapa program pascasarjana ditawarkan secara eksklusif untuk masyarakat adat. Sementara, sejumlah program lainnya dimaksudkan untuk mendidik masyarakat internasional terhadap budaya asli dan masyarakat kontemporer.

Para lulusan dari Pusat Studi Aborigin memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kekuatan dan pemberdayaan masyarakat setempat. Mereka melanjutkan kesuksesan kariernya dalam bidang kesehatan, manajemen dan pengembangan masyarakat, pendidikan, dan berbagai industri lainnya.

Pusat studi ini menawarkan gelar yang lebih tinggi berbasis penelitian, yang mengembangkan keterampilan penelitian dan memajukan pengetahuan di bidang penelitian dan pengembangan masyarakat adat. Program-program yang ditawarkan mendorong dan mendukung pendekatan penelitian yang memfasilitasi partisipasi dan arahan masyarakat adat, serta kegiatan penelitian yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat adat yang teribat.

 


Baca juga: Universitas di Canberra



Fakultas Bisnis dan Hukum

Fakultas Bisnis dan Hukum Curtin terdiri dari Curtin Law School (CLS) dan Curtin Business School (CBS). Tercatat, CBS menempati peringkat sepuluh besar sekolah bisnis di seluruh Australia, yang terdiri dari empat sekolah berbasis bidang minat dengan program sarjana, pascasarjana, dan penelitian khusus, serta memfasilitasi peluang lintas-disiplin. Curtin Business School ini merupakan yang terbesar dari wilayah studi Curtin University dan salah satu fasilitas pengajaran bisnis paling komprehensif di Australia. Selain itu, CBS pun telah mendapatkan reputasi internasional yang kuat sebagai sekolah yang secara konsisten mendidik dan mengembangkan para profesional yang siap dalam industri untuk komunitas bisnis global.

Melalui metode pengajaran yang inovatif dan praktis, Curtin University berhasil memberikan pengetahuan bisnis terdepan yang menghasilkan para lulusan yang banyak diburu.

Sementara, CLS bertujuan untuk menyediakan pendidikan hukum yang transformatif dengan fokus profesional sehingga menghasilkan para lulusan hukum yang mampu menilai berdasarkan standar etika dan profesional, pengetahuan disiplin yang mendalam, perspektif internasional, dan pemahaman yang kuat tentang Peraturan Hukum.

Setiap sekolah memiliki dewan penasihat, yang terdiri dari para pemimpin bisnis untuk memastikan program kuliah mereka tetap relevan dan selaras dengan arah industri spesifik yang diambil. Jika relevan, program kuliah mencakup penempatan kerja, studi banding, dan program industri dalam lingkungan bisnis yang sebenarnya.

Program kuliah yang ditawarkan sedapat mungkin dirancang dengan menyesuaikan standar keanggotaan badan profesional terkait yang berhubungan dengan peluang karier mahasiswa setelah lulus. Program ini membekali para lulusannya dengan keterampilan dan pengetahuan untuk mengejar berbagai profesi karier—akuntan, ahli ekonomi, pengacara, sales, dan manajer, di beragam bidang seperti sumber daya manusia, pariwisata, real estate, dan administrasi olahraga.

Fakultas Bisnis dan Hukum ini berfokus pada penelitian terapan yang menghasilkan manfaat besar bagi bisnis dan masyarakat umum sehingga berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dan sosial. Fakultas secara aktif melakukan penelitian yang dapat memperluas batas pengetahuan dalam bidang bisnis dan lingkungan hukum.

 


Baca juga: Syarat dan Biaya Kuliah di RMIT University Australia



Fakultas Ilmu Kesehatan

Fakultas Ilmu Kesehatan yang dimiliki Curtin University berkomitmen untuk menemukan solusi bagi masalah-masalah kesehatan nasional dan internasional saat ini. Fakultas ini juga menawarkan gelar internasional dan lingkungan belajar yang mendukung dan berfokus pada mahasiswa guna menambah landasan besar untuk berkarier di bidang ilmu klinis, ilmu kesehatan masyarakat, dan ilmu hayati.

Di fakultas ini, disediakan kuliah program sarjana kesehatan berbasis ilmu yang terintegrasi dengan baik dengan profesi di mana lulusannya bekerja. Banyak staf terlibat aktif dalam praktik dan banyak profesional terkemuka dari sektor perawatan kesehatan berkontribusi untuk mengajar kuliah kesehatan di Curtin University, Australia.

Sebagian besar profesional kesehatan melihat program studi pascasarjana dalam fakultas ini sebagai investasi untuk masa depan profesional mereka. Ilmu Kesehatan menawarkan berbagai program kuliah master profesional untuk memungkinkan para profesional kesehatan memperbarui basis teoretis mereka dan mempelajari keterampilan tingkat lanjut.

Peluang karier pun banyak dan beragam. Di antaranya, karier di lembaga kesehatan, pusat penelitian, lembaga kesehatan masyarakat, administrasi, atau praktik swasta. Banyak program kesehatan fakultas yang dirancang dengan bekerja sama dengan badan profesional untuk memastikan Curtin mempersiapkan mahasiswa dengan baik untuk praktik lulusan. Jika relevan, program kuliah diakreditasi oleh badan profesional sehingga lulusan kesehatan Curtin memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai praktisi kesehatan atau pun bergabung dengan asosiasi profesional.

Di bidang penelitian dan pengembangan, Fakultas Ilmu Kesehatan Curtin University terus mengeksplorasi solusi inovatif untuk masalah kesehatan melalui hubungan yang kuat dengan badan dan industri profesional. Mayoritas staf terlibat dalam penelitian mutakhir dan banyak praktisi kesehatan terkemuka terlibat dalam pengajaran sehingga memastikan adanya integrasi kuat antara teori, penelitian, dan praktik.

Pendirian Lembaga Penelitian Inovasi Kesehatan Curtin bernilai jutaan dolar—ini merupakan yang pertama di bidang sejenis di Australia, yang menyatukan para peneliti kesehatan yang kompeten untuk bekerja dengan mitra industri, pemerintah, dan masyarakat luas. Lembaga ini akan merevolusi pendidikan profesional kesehatan Curtin dengan berfokus pada program pendidikan antar-profesional dan peluang penelitian sambil memberikan peluang praktik klinis yang penting guna meningkatkan pembelajaran dan pengalaman mahasiswa.

 


Baca juga: Daftar Jurusan Kuliah di Blue Mountains Australia



Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas Ilmu Budaya (Humaniora) Curtin University menawarkan fleksibilitas, dasar pengetahuan yang luas, kemampuan untuk mengkomunikasikan ide-ide mahasiswa secara efektif, serta pengalaman dalam kerja tim dan keterampilan dalam kemandirian.

Fakultas ini menawarkan program sarjana dengan Jurusan Lingkungan Buatan, Desain dan Seni, Media dan Komunikasi, Pendidikan, serta Bahasa Asia dan Ilmu Sosial.  Semua jurusannya bersifat komprehensif, fleksibel, memberikan banyak keterampilan, serta mendorong pola pikir praktis yang maju.

Beragam program pascasarjana juga ditawarkan, di antaranya—Manajemen Proyek, Hubungan Internasional, Keberlanjutan dan Perencanaan Kota dan Wilayah, hingga Pendidikan, Seni, Kepustakawanan dan Manajemen Informasi, Jurnalisme, serta Kinerja Penulisan. Ada penekanan praktis yang kuat dalam semua program ini.

Fakultas memberikan program kuliah yang menggabungkan unsur kepraktisan dengan berfokus pada dunia industri dengan inovasi dan kreativitas. Program ditawarkan dalam berbagai metode studi yang mencerminkan pendekatan inovatif untuk mengajar dan menggabungkan teknologi informasi untuk memaksimalkan pencapaian mahasiswa.

Gelar Humaniora dari Curtin University memberi para mahasiswanya landasan yang kuat untuk karier mereka, baik sebagai arsitek, guru, desainer, jurnalis, perencana, penulis, produser, atau seniman. Program-program kuliah di fakultas ini telah terbukti menghasilkan lulusan dengan tingkat berpikir kreatif dan kritis tertinggi, keterampilan memecahkan masalah dan komunikasi, yang dapat diterapkan ke semua bidang pekerjaan.

Pada 2017, lulusan Program Studi Jurnalisme, Rebecca Johns, tercatat memenangkan gelar Jurnalis Australia Barat 2017 Terbaik dengan hasil liputannya seputar kerusuhan Kalgoorlie. Sementara, alumnus lainnya, Brendan Seals, bekerja sebagai pengawas efek visual sinema. Film-film superhero seperti Blockbuster adalah bagian tak terpisahkan dari pekerjaannya sehari-hari. Sebagai pemenang National Emerging Architect Prize dan Delux Study Tour pada 2015, Nic Brunsdon, mencatatkan pencapaiannya yang luar biasa. Ia memiliki dua bisnis yang sukses di Perth, yaitu Spacemarket—program perkotaan yang memasangkan ruang yang tidak digunakan dengan orang-orang yang berguna, dan POST—praktik desain arsitektur sosial. Sementara lulusan Program Doktoral dalam Ilmu Pendidikan, Dr. Susan Barkdoll, dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Curtin. Ia memiliki 30 tahun pengalaman di bidang ilmu pendidikan, dari tingkat taman kanak-kanak hingga universitas di San Bernardino, California.

Penelitian di Fakultas Ilmu Budaya ini tergolong inovatif, banyak diterapkan dan relevan, serta sering dikerjakan dalam kemitraan dengan pemerintah dan industri. The Curtin University Sustainability Policy Institute (CUSP) pun berupaya mengembangkan solusi inovatif untuk isu-isu keberlanjutan utama yang dihadapi masyarakat dan dunia bisnis saat ini. Sementara, kelompok-kelompok penelitian lain mengkhususkan diri dalam pengembangan masyarakat di Asia dan Pasifik, teknologi kreatif dan budaya Australia, solusi cerdas untuk masalah-masalah kompleks, dan pemahaman yang lebih dalam tentang Australia dan kawasan sekitarnya.

 


Baca juga: Kuliah Jurusan Actuarial Science di Australia



Fakultas Sains dan Teknik

Fakultas Sains dan Teknik yang dimiliki Curtin University, Australia Barat, terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah, mewakili salah satu produsen terpenting di dunia. Curtin University pun berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam pendidikan dan penelitian di bidang sains dan teknik. Fakultas ini memiliki target untuk dapat diakui secara nasional dan internasional sebagai pemimpin dalam pendidikan dan penelitian teknik, ilmu pengetahuan, dan komputasi. Ini merupakan fakultas yang paling beragam secara geografis dari semua fakultas yang ada di Curtin University, dengan kampus-kampus yang terletak di Bentley, Perth, serta di seluruh wilayah pertanian dan pertambangan Australia Barat. Bidang-bidang pendidikan dan penelitian yang ditawarkan fakultas mewakili bidang-bidang utama perekonomian negara, khususnya sektor sumber daya energi.

Fakultas ini sangat kredibel karena pengajaran dan penelitiannya dalam berbagai disiplin ilmu dan teknik. Ini adalah mitra di lima pusat penelitian kerja sama yang didanai Pemerintah Federal dan delapan Pusat Keunggulan Pemerintah Negara Bagian Australia Barat, selain mitra lainnya di Pusat Kunci Nasional dan Pusat Penelitian Khusus.

Gelar sains ataupun teknik adalah jalur menuju karier lokal dan internasional yang menarik, beragam, dan bermanfaat. Lulusan fakultas ini banyak yang terjun menjadi astronom, insinyur kimia, ilmuwan material, surveyor dan kartografer, pengembang perangkat lunak, pengusaha, ahli biologi lingkungan, pembuat anggur, ilmuwan pencitraan medis, dan sebagainya.

Program penelitian tersedia di tingkat master dan doktoral di semua Sekolah Sains dan Teknik Curtin. Fakultas ini berkomitmen untuk memberikan penelitian mutakhir ke pasar dunia melalui ikatan yang kuat dengan universitas lain, kelompok penelitian dan industri, dengan dukungan dari Dewan Penelitian Australia. Selain kolaborasi ini, kekuatan fakultas dalam penelitian didukung oleh pusat-pusat penelitian yang luar biasa.

Segera tentukan jurusan pilihan dari daftar fakultas yang ditawarkan Curtin University Australia. Untuk detailnya, Anda dapat menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms