Daftar universitas terbaik di Belanda

Eropa masih menjadi tujuan pendidikan favorit bagi banyak pelajar. Di antara negara-negara di benua tersebut, Belanda adalah salah satu negara yang menjadi impian banyak pelajar untuk tujuan pendidikan. Berbagai universitas terbaik di Belanda mampu menampung banyak mahasiswa dari seluruh dunia.

Kualitas pendidikan di Belanda memang terkenal sangat baik, sistem belajar yang efektif juga membuat negara ini dituju oleh banyak pelajar internasional. Setiap tahunnya, ada banyak pelajar dari berbagai negara, khususnya Indonesia memilih untuk kuliah di Belanda.

Daftar Universitas Terbaik di Belanda

Negara kincir angin ini memang dikenal memiliki jajaran universitas terkemuka dengan kualitas pendidikan yang sangat mumpuni. Ada banyak perguruan tinggi tersebar di berbagai kota di Belanda. Berikut daftar universitas terbaik di Belanda yang bisa jadi tujuan pendidikanmu.

1. Breda University of Applied Sciences

Universitas yang satu ini didirikan pada 1966 dan menawarkan pendidikan dalam ilmu pariwisata dan rekreasi. Lembaga ini terletak di sebelah selatan Belanda, tepatnya di kota Breda dan menampung lebih dari 7,000 siswa yang berasal lebih dari 50 negara.

Breda University of Applied Sciences menawarkan program sarjana dan magister di tingkat professional (‘hbo’) dan akademik (‘wo’) dalam berbagai bidang seperti Media, Hotel, Fasilitas, Logistik, dan Hiburan.

Strategi universitas ini adalah untuk mendedikasikan fokus yang lebih besar pada pendidikan internasional, memiliki sinergi antara berbagai disiplin ilmu dan kerja sama dengan mitra industri. Setiap siswa didorong untuk mengembangkan bakat mereka, dan mengembangkan kecerdikan serta daya ciptanya.

Memiliki pengalaman lebih dari setengah abad dalam bidang pendidikan tinggi berbasis praktik dan Kerjasama internasional, program gelar sarjana di sini telah mencatat peringkat tinggi secara konsisten dalam HBO Keuzegids selama bertahun-tahun hingga sekarang.

2. Wittenborg University of Applied Sciences

Wittenborg University of Applied Sciences adalah sekolah bisnis yang berupaya untuk mempromosikan keunggulan dalam pengajaran dan pembelajaran bisnis dan manajemen internasional.

Universitas ini memiliki kampus utama yang berbasis di Apeldoorn. Kampus yang berlokasi di Amsterdam sendiri memungkinkan universitas untuk mendukung pengusaha internasional yang datang ke Belanda, dengan program sarjana kewirausahaan yang dirancang secara khusus.

Baca: 
Fasilitas Kuliah di Wittenborg University of Applied Sciences

Wittenborg berupaya untuk memberikan koneksi yang sangat bagus, baik di dalam kelas maupun di luar. Universitas ini tidak didanai oleh pemerintah, namun telah diakui secara hukun oleh Pemerintahan Belanda sebagai Institusi Pendidikan Tinggi dan beroperasi sebagai organisasi non-profit.

Program yang ditawarkan oleh universitas ini berfokus pada bidang bisnis dan perhotelan. Di bidang bisnis sendiri ada beberapa spesialisasi yang bisa dipilih oleh para mahasiswa, seperti General Management, International Hospitality Management, Entrepreneurship & Innovation, Finance, Education dan masih banyak lagi.

Sementara di bidang perhotelan, kamu bisa memilih spesialisasi dalam International Hospitality Management dan beberapa lainnya.

3. University of Amsterdam

University of Amsterdam berlokasi di Belanda dan menjadi universitas riset yang telah dianugrahi sebagai universitas terbaik di Belanda. Perguruan tinggi ini bahkan mendapat peringkat terbaik ke-17 di Eropa dan peringkat 56 terbaik di dunia.

Universitas ini merupakan universitas tertua ketiga di Belanda dan kini telah memiliki sekitar 30,000 mahasiswa dan menjadikannya sebagai universitas yang paling banyak pendaftar di Belanda. Program perkuliahan dilakukan di tujuh fakultas dan program master di universitas ini banyak yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

Baca: 
Syarat Masuk Kuliah di University of Amsterdam

University of Amsterdam atau kerap juga disapa UvA unggul untuk perkuliahan dalam bidang Seni, Humaniora, dan Ilmu Sosial. Ada sekitar 150 gelar akademik internasional yang ditawarkan dengan jumlah 3000 mahasiswa internasional dari 100 negara.

UvA dikenal sebagai universitas penghasil riset terbesar di Eropa. Universitas ini juga memiliki lima museum, salah satunya adalah Rijksmuseum.

4. University of Twente

Berdasarkan data dari QS, University of Twente berada di peringkat ke-9 untuk universitas terbaik di Belanda. Universitas ini adalah universitas teknik negeri yang berada di Enschede, Belanda.

University of Twente telah dikenal sejak lama sebagai universitas yang menawarkan program S2 berkualitas dan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Ada lima fakultas dengan fokus berbeda yang ada di Twente.

Bidang Teknologi Biomedis dan Kesehatan, Teknik, Administrasi Publik Eropa, Teknologi Informasi, Administrasi Bisnis International, Sains dan Teknologi adalah fokus utama universitas ini.

Sejak 1 Januari 2020 lalu, universitas ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Maka, untuk kamu yang belum mahir berbahasa Belanda, University of Twente menjadi universitas yang sangat tepat untukmu.

5. Cambridge Education Group (CEG), Amsterdam

Sejak 1952, CEG telah menawarkan program akademik berkualitas tinggi, menyediakan langkah yang berharga kepada ribuan mahasiswa untuk proses menuju universitas ternama tujuan dan memaksimalkan tujuan karir mereka.

Cambridge Education Group ONCAMPUS bekerja sama dengan University of Amsterdam di mana para mahasiswa bisa merasakan proses belajar langsug di kampus tersebut dan merasakan sendiri kehidupan mahasiswa di sana.

Baca: 
Cara Daftar Kuliah di Cambridge Education Group (CEG), Amsterdam

ONCAMPUS sendiri adalah kemitraan antar universitas terkemuka dan CEG. Universitasnya sendiri berpusat pada universitas di seluruh Inggris, Eropa dan Amerika Serikat.

Program ini mengajarkan program pra-universitas sebagai langkah awal sebelum memasuki program Sarjana dan Master di universitas terkemuka di Inggris, Eropa dan Amerika Serikat.

Program ini dirancang untuk para siswa internasional yang tidak memenuhi persyaratan untuk masuk ke program studi universitas.

6. Holland International Study Centre

Berlokasi di Amsterdam, Holland International Study Centre mempersiapkan mahasiswa untuk belajar dalam program Sarjana di universitas yang tersebar di Belanda. Di sini, para siswa akan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris dan akademik secara umum.

Kamu bisa memilih satu universitas tujuan ketika kamu telah menyelesaikan program di lembaga ini. Ada banyak program yang ditawarkan dalam Bahasa Inggris. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa ada 100,000 mahasiswa internasional yang belajar di Holland International Study Centre setiap tahunnya.

Holland International Study Centre bermitra dengan universitas ternama untuk menawarkan kepada siswa internasional jalur menuju berbagai gelar yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Erasmus University Rotterdam, Hanze University of Applied Sciences, Tilburg University, Vrije Universiteit Amsterdam adalah beberapa universitas yang bekerja sama.

7. Delft University of Technology (TU Delft)

TU Delft menjadi universitas teknik umum terbesar dan tertua di Belanda. Awalnya, universitas ini didirikan sebagai akademi untuk insinyur sipil, sebagian untuk mendidik pegawai negeri yang akan bekerja untuk Perusahaan Hindia Timur Belanda.

Berbagai fasilitas disediakan oleh universitas ini, mulai dari lab komputer, perpustakaan, fasilitas olahraga, fasilitas seni dan lainnya. TU Delft termasuk universitas yang mudah diakses karena ada banyak transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke universitas ini. Bahkan, kamu bisa mencapai universitas ini menggunakan sepeda selama 5 menit dari pusat kota Delft.

Awalnya, gedung universitas berada di pusat kota, namun saat ini semua kegiatan belajar beada di Mekelpark, lingkungan universitas yang memang sengaja dirancang untuk ekosistem pendidikan.

Dari sekitar 17,000 siswa di universitas ini, seperempatnya adalah mahasiswa internasional.

8. Wageningen University & Research

Wageningen University & Research adalah salah satu universitas terbaik di dunia untuk sains dan ilmu sosial yang berfokus pada ilmu pengetahuan.

Ada lebih dari 10,000 mahasiswa mengambil gelar Sarjana, Pascasarjana, dan kualifikasi professional dan sekitar 20 persennya berasal dari luar Belanda. Program sarjana diajarkan sebagian dalam bahasa Belanda dan ada 40 gelar program sarjana dan pascasarjana yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

Secara keseluruhan, ada 20 program sarjana yang berbeda di universitas ini, termasuk bisnis, pengembangan internasional dan ilmu kesehatan. Sebanyak 29 program master diajarkan dalam bahasa Inggris dan rata-rata mahasiswa membutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikannya.

Wageningen University & Research kini berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk universitas terbaik di Belanda menurut QS.

9. Leiden University

Leiden adalah universitas tertua di Belanda yang didirikan pada 1575, Masing-masing mahasiswa juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam penelitian.

Sebagai universitas tertua, banyak anggota keluarga kerajaan Belanda yang berkuliah di sini dan menarik sejumlah peneliti berbakat untuk bergabung di universitas ini. Bahkan, para filsuf seperti Spinoza dan Descartes pernah berkuliah di sini selama Zaman Keemasan Belanda. Universitas inipun berhasil melahirkan 16 alumni penerima hadiah Nobel termasuk Albert Enstein dan Enrico Fermi.

Ada sekitar 200 gelar akademik ditawarkan dalam kelas internasional, baik di tingkat sarjana dan pascasarjana. Leiden juga dikenal karena inovasinya dan selalu menggunakan gaya mengajar yang tidak biasa.

10. Erasmus University Rotterdam

Sesuai dengan namanya, universitas yang satu ini terletak di Rotterdam. Uniknya, nama universitas ini dinamakan berdasarkan nama seorang humanis dan ahli teologi pada abad ke-15, Desiderius Erasmus Roterodamus.

Setidaknya, ada lebih dari 6,000 pelajar internasional yang berada di universitas ini, demham tuju fakultas yang fokkus pada empat bidang, yaitu Kesehatan, Keuangan, Tata Kelola dan Budaya.

Erasmus sendiri didirikan pada 1913 ketika Sekolah Perdagangan Belanda mengubah namanya beberapa kali sebelum akhirnya Erasmus University Rotterdam pada 1973.

Universitas ini sendiri memiliki reputasi sekolah bisnis dan ekonomi yang cukup baik. Erasmus University Rotterdam sempat menduduki peringkat pertama dalam QS World University Rankings by Subject 2018.

Baca: 
7 Cara Wujudkan Impian Kuliah ke Luar Negeri

Nah, dari 10 universitas terbaik di Belanda yang disebutkan di atas, kamu bisa memilih satu universitas yang paling tepat untukmu. Kamu bisa memilih berdasarkan lokasi, ranking universitas atau program-program yang ditawarkan. Proses pendafataran bisa kamu lakukan lewat agen pendidikan luar negeri yang professional.

Selain universitas yang ditawarkan di atas, masih ada banyak universitas terkemuka lainnya di Belanda yang bisa kamu pilih. Bahkan, terdapat pula universitas murah di Belanda yang bisa jadi pilihanmu. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa program yang memang menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar. Jika kamu belum cukup mahir dalam hal ini, maka kamu bisa memilih program-program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.


Sharing is Caring!

|

Promo

Online Class Private for Preparation Class IELTS or TOEFL

Chat with us: