empat kiat jitu memilih jurusan kuliah yang sesuai

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bagi para pelajar, memilih jurusan kuliah yang tepat untuk mereka bukanlah hal yang mudah. Sebab, pilihan inilah yang akan menentukan karir dan perjalanan kuliah mereka selama kurang lebih empat tahun ke depan. Untuk itu, memilih jurusan kuliah harus dipertimbangkan dengan matang.

Beberapa universitas di luar negeri memang menawarkan jurusan yang lebih beragam, seperti misalnya University of Adelaide yang memiliki fakultas profesi dan sains. Agar lebih mudah memilih jurusan kuliah yang tepat, kamu harus mengetahui minat bakat kamu sejak sekarang. Selain itu, ada beberapa kiat lainnya agar kamu tidak lagi bingung saat memilih jurusan kuliah.

  1. Lihat potensi diri

Tidak jarang banyak pelajar yang memilih jurusan perkuliahan mereka tanpa menyesuaikannya dengan kemampuan diri sendiri. Hal ini harus dihindari karena jika kamu memilih jurusan yang tidak sesuai dengan potensi diri, kamu akan merasa kesulitan selama masa perkuliahan. Tidak salah memang jika kamu ingin masuk ke jurusan favorit banyak orang, tapi jangan lupa untuk selalu menyesuaikannya dengan potensi diri.

  1. Cari informasi di beberapa kampus

Saat kamu sudah memilih kampus yang tepat, saatnya kamu mencari informasi lebih lanjut soal jurusan apa saja yang ada di sana. Jangan lupa untuk mencari referensi dari kampus lainnya. Kamu harus memiliki pilihan lain saat kampus yang kamu tuju tidak memiliki jurusan yang sesuai dengan potensi diri kamu.

  1. Peluang karir

Selesai kuliah, hampir semua orang mendambakan pekerjaan yang sesuai dengan ilmu mereka. Nah, kamu juga harus mengetahui peluang karir dari jurusan yang kamu ambil setela perkuliahan. Kamu bisa memulainya dengan mencari peluang tren yang sedang berkembang saat ini. Dengan begitu, kamu diharapkan tidak kesulitan saat mencari pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

  1. Biaya kuliah

Poin yang satu ini tidak kalah penting dengan poin yang lainnya. Masing-masing jurusan memiliki biaya kuliah yang berbeda. Kamu perlu mengetahui rincian biayanya sebelum memutuskan memilih jurusan tersebut. Perhitungkan dana yang kamu miliki dengan biaya kuliah yang harus dikeluarkan. Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan orang tua soal poin yang satu ini.

Apapun jurusan yang kamu pilih, kamu harus benar-benar menyesuaikannya dengan minat dan potensi kamu. Tidak ada salahnya untuk bertanya ke orang terdekar mengenai hal ini. Selain itu, kamu juga harus mencari kampus yang tepat, tidak hanya di dalam negeri, kamu juga bisa mencari kampus di luar negeri.

Jika mencari universitas di luar negeri dirasa terlalu sulit, kamu bisa menggunakan jasa konsultan pendidikan dari ICAN Education yang akan memberikan informasi mengenai pendidikan luar negeri dengan akurat dan cepat. Kamu juga tak perlu khawatir karena konsultan dari ICAN Education telah melewati berbagai pelatihan dari institusi, universitas serta kedutaan negara-negara yang diwakilkan.

Share Now :

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Promo

ICAN - General English

Chat with us: