User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Fasilitas Kuliah di Australian National University

Australian National University  (ANU) adalah universitas negeri dengan peringkat teratas di Australia. Universitas yang terletak di jantung kota Canberra ini juga menempati peringkat ke-29 dunia menurut QS World University Rankings 2020. Dikenal secara global untuk standar pengajaran tinggi dan keunggulan kualitas riset, menjadikan ANU banyak diminati siswa internasional. Kualifikasi para lulusannya diakui secara global dan bersinergi di beragam sektor industri, bisnis, dan pemerintahan.

Dengan kelas-kelas berukuran kecil, rasio jumlah staf dosen dan mahasiswa yang tinggi, beragam pilihan program gelar, ANU semakin diminati sebagai salah satu universitas dengan desain keunggulan, minat, dan pilihan karier yang menjanjikan.

Australian National University dikenal memiliki kampus-kampusnya yang inklusif seperti Kampus Acton, Kioloa Coastal, dan North Australia Research Unit, yang didukung dengan sederet fasilitas kuliah mutakhir. Ini membuat para mahasiswa internasional merasa nyaman dengan kegiatan perkuliahan dan kehidupan di sekitar kampus.

Berikut sejumlah fasilitas dan layanan kampus di Australian National University, seperti dimuat dalam platform resminya, www.anu.edu.au.

 

Fasilitas Utama

Australian National University senantiasa memperbarui fasilitasnya untuk memastikan para mahasiswa dapat menikmati pengalaman universitas kelas dunia.  Fasilitas-fasilitas utama di ANU meliputi:

  • Infrastruktur Komputasi Nasional yang memiliki instrumen super komputer paling kuat di belahan bumi selatan.
  • Studio-studio Fakultas Rekaman Suara Musik & Teknologi Musik, fasilitas rekaman paling mutakhir di Australia dan salah satu studio rekaman terbaik dunia.
  • Kawasan Sains AUD240M, yang termasuk laboratorium-laboratorium penelitian biologi dan kimia, serta pusat pengajaran.
  • Pusat Perlengkapan dan Teknologi Canggih yang menjadi bagian dari perlengkapan teknologi Australia dan menyokong beragam aktivitas astronomi dan luar angkasa, termasuk uji coba satelit sebelum diorbitkan.
  • Konsentrator Lempeng Solar Paraboloidal terbesar dunia yang digunakan untuk mengumpulkan data eksperimental dari investigasi terhadap proses konversi energi, untuk menyempurnakan desain serta mendukung pembuatan izin dan pemasaran teknologi.
  • Kompleks Pertemuan ANU, yang memadukan elemen-elemen terbaik dari kehidupan kampus dan menghadirkan pengalaman baru dalam hal pendidikan, budaya, olahraga, dan sosial dalam suasana pedesaan.

 

Baca juga: Akomodasi Kuliah di Australian National University

 

Kampus dan Fasilitas

Kampus utama ANU terletak di pinggiran kota Acton, Canberra di Australian Capital Territory (ACT). Namun, beberapa kampus lainnya juga hadir di New South Wales (NSW), dan Northern Territory (NT) yang memuat sejumlah fasilitas mutakhir guna mendukung pengajaran, pembelajaran, dan penelitian.

  • Kampus Acton

Kampus Acton berada di jantung kota Canberra—ibu kota Australia, tepatnya di ACT.  Fasilitas di dalamnya mencakup ruang kuliah modern, perpustakaan, laboratorium, asrama mahasiswa, dan gedung administrasi. Mahasiswa akan menemukan semua kenyamanan pinggiran kota kecil termasuk kafe, bar, supermarket, pusat penitipan anak, kantor berita, kantor pos, bahkan pusat medis.

Kampus Acton terkenal dengan latar bentang alamnya lengkap dengan ruang terbuka yang terawat baik. Di sini, ditanam dan dipelihara lebih dari 10.000 pohon, termasuk lebih dari 500 pohon yang dianggap memiliki signifikansi luar biasa karena usia, sejarah, atau spesiesnya, dan lebih dari 300 pohon yang tersisa sebelum penjajahan Eropa di wilayah tersebut. Area Sullivan Creek dan University Avenue adalah fitur utama dari Kampus Acton yang menyediakan jalan besar di kampus, dan juga fitur yang diakui secara nasional dan internasional.

  • Kampus Kioloa Coastal

Kampus Kioloa Coastal terletak di pantai selatan NSW yang berdekatan dengan desa Kioloa. Kampus ini sangat mudah untuk diakses dari Canberra, Sydney, dan Wollongong. Kampus Kioloa Coastal merupakan salah satu stasiun lapangan utama Australia, dibangun di atas tanah lanskap seluas 348 hektar yang unik membentang dari ketinggian air pasang melalui beragam ekologi hingga lahan semak yang lebat.

Kampus ini juga memiliki fasilitas penelitian yang sangat mendukung kegiatan riset jangka pendek ataupun jangka panjang, kunjungan lapangan pendidikan, program pelatihan lapangan, atau kegiatan pendidikan lainnya. Fasilitas-fasilitas yang tersedia juga dapat dipesan untuk kegiatan keagamaan tahunan, lokakarya dan seminar, serta pertemuan lainnya.

  • Observatorium Mount Stromlo

Observatorium Mount Stromlo adalah rumah dari Sekolah Penelitian Astronomi dan Astrofisika ANU, yang berjarak sekitar 18 km barat daya kota Canberra di ACT. Observatorium ini meliputi area seluas 81 hektar di puncak Gunung Stromlo, Canberra.

Fasilitas yang tersedia di unit ini adalah pusat administrasi, kantor para astronom dan mahasiswa riset, bengkel mekanik, elektronik dan optik, serta laboratorium komputer.

  • Kampus North Australian Research Unit

Kampus ANU North Australian Research Unit adalah fasilitas penelitian di wilayah NT dengan akomodasi dan sumber daya lain untuk para peneliti yang bekerja di Australia Utara dan wilayah sekitarnya.

Kampus ini berjarak sekitar 15 km dari kota Darwin dan sekitar 8 km dari Bandara Internasional Darwin. Didirikan pada tahun 1973, kampus ini mengkhususkan diri untuk penelitian di Australia Utara serta memberikan basis dan dukungan logistik bagi civitas akademika ANU yang berpusat di Canberra, dan staf lembaga Australia dan luar negeri lainnya yang melakukan penelitian di Australia Utara. Di kampus ini, ANU telah mendirikan Arafura Timor Research Facility (ATRF)—sebuah perusahaan gabungan antara Australian Institute of Marine Science dan ANU.

Fasilitas yang tersedia di kampus ini dihadirkan guna membantu staf peneliti dan mahasiswa yang terlibat untuk lebih memfokuskan diri pada penelitian dengan dukungan penuh ANU. Struktur dinamis ini juga memungkinkan ANU untuk menangkap peluang penelitian baru di Australia Utara.

Akomodasi, ruang kantor, peralatan lapangan, dan ruang seminar besar tersedia untuk disewa. Fasilitas yang tersedia menawarkan ruang yang tenang dan aman untuk melakukan penelitian atau mengadakan seminar, rapat, atau lokakarya.

  • Observatorium Siding Spring

Observatorium Siding Spring adalah observatorium optik terbesar di Australia yang merupakan situs penting untuk ranah astronomi, astrofisika, dan ilmu antariksa di Australia. Bersama dengan beberapa teleskop aktif yang dimiliki oleh ANU, situs ini adalah rumah bagi Anglo Australian Telescope-- teleskop  penelitian internasional dan teleskop yang dioperasikan secara komersial dan dikenal sebagai observatorium optik dan inframerah terkemuka di Australia.

Observatorium yang dibuka pada tahun 1964 ini adalah salah satu dari dua situs utama untuk Sekolah Penelitian Astronomi dan Astrofisika di Australia. Situs ini berada di puncak Gunung Woorut, NSW, dan terletak di dalam Taman Nasional Warrumbungle National Heritage Listed yang menakjubkan, sekitar 30 km dari kota Coonabarabran.

Penguasaan lahan ANU mencakup area seluas 151 hektar dan mencakup Observatorium Precinct di puncak Gunung Woorut serta lereng curam di bagian utara dan selatan.

Lokasi observatorium dan fasilitas teleskop ukuran sedang sangat berharga bagi para operator institusional dan komersial karena kurangnya fasilitas alternatif di bujur ini.

 

Baca juga: 

 

Nah, dengan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan terkini, Anda tak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri di Australian National University (ANU). Segera hubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms