User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Fasilitas Kuliah di Curtin University Australia

Gb. Fasilitas Kuliah di Curtin University Australia.jpg

Source: www.curtin.edu.au 

Curtin University yang didirikan pada 1966, sebelumnya dikenal sebagai Curtin University of Technology and Western Australian Institute of Technology, merupakan universitas riset publik yang berbasis di Bentley dan Perth, Australia Barat. Universitas ini memiliki empat kampus berbeda di Australia, yaitu Bentley Campus, Graduate School of Business, Perth, Curtin Law School, dan Kalgoorlie Campus. Seiring perkembangannya, Curtin University juga memiliki sejumlah kampus lain di Malaysia, Singapura, Dubai, dan Mauritius, bersama kemitraan dengan lembaga-lembaga di 20 negara. Kampus-kampus tersebut didukung dengan sederet fasilitas kuliah yang canggih dan terkini.

Berikut sejumlah fasilitas yang tersedia di kampus-kampus Curtin University, Australia, seperti dimuat dalam platform resminya, www.curtin.edu.au.

Ruang Anechoic

Curtin Institute of Radio Astronomy memiliki fasilitas ruang anechoic yang berlokasi di Gedung 314 yang mencakup ruang semi-anechoic ETS-Lindgren FACT 3 dengan area kerja internal 8,12 (L) x 6.1 (W) x 5.48 (H) m , meja putar otomatis dan tiang antena, penerima uji EMI yang sesuai dengan CISPR 16 (memenuhi standar sipil dan militer), serta beragam antena dan aksesori RF lainnya untuk mendukung karakterisasi EMC dan pengujian kepatuhan.

 


Baca juga: Daftar Jurusan Kuliah di Curtin University Australia


Laboratorium Penelitian Pemodelan Informasi

Laboratorium Penelitian Australia-Asian merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Curtin University untuk membangun Pemodelan Informasi (BIM). Fasilitas ini mendukung kolaborasi antara penelitian dan keahlian industri dari Curtin University dan Huazhong University of Science and Technology (HUST) Huazhong di Wuhan, Cina. Laboratorium ini berfokus pada pengembangan penelitian terkemuka yang mengintegrasikan BIM dengan konsep dan teknologi canggih lainnya untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas proyek pembangunan di industri energi, mineral, dan konstruksi di seluruh Australia dan Cina.

 

Laboratorium Bahan Aktif Biologi

Curtin University juga dilengkapi dengan fasilitas laboratorium bahan aktif biologi. Fasilitas ini ditujukan untuk pemantauan kesehatan struktural yang berbasis laser ultrasonik, emisi, dan peralatan akustik.

 

Laboratorium Penelitian Akuatik

Ini  merupakan fasilitas laboratorium dengan  tiga sistem resirkulasi akuakultur 50 ton untuk air laut, air tawar, dan air asin pedalaman dan tangki mesocosm 70 ton, yang dapat mereplikasi sebagian besar ekosistem perairan melalui manipulasi suhu, cahaya, dan struktur habitat untuk studi ekosistem dan perilaku. Sistem akuatik dikendalikan oleh sistem komputer pusat, yang memantau kondisi, memberi makan dan kegiatan lainnya. Ruang karantina, pakan hidup, dan ganggang tersedia, demikian pula sejumlah akuarium, tangki, dan peralatan untuk menampung organisme air apa pun.

 

Lembaga Penelitian Inovasi Kesehatan

Curtin Health Innovation Research Institute menyatukan para peneliti terkemuka lintas ilmu biomedis, farmasi, dan kesehatan masyarakat di lokasi sentral, serta menciptakan komunitas penelitian multidisiplin. Ini adalah fasilitas penelitian multi-pengguna yang mencakup area lebih dari 1.500 m2. Seluruh area merupakan fasilitas yang disertifikasi oleh Unit Pengendalian Teknologi Gen.

Ada 10 unit laboratorium multifungsi untuk pekerjaan laboratorium umum dan 25 unit laboratorium khusus untuk digunakan para peneliti. Laboratorium ini memiliki empat area utama peralatan penelitian yang beroperasi di bawah model shared resource laboratory (SRL), termasuk mikroskop, flow cytometry, kultur jaringan dan produksi protein, serta laboratorium interaksi.  Seluruh fasilitas ini didukung oleh anggota staf ilmiah yang dapat melatih penggunaan instrumen dan sejenisnya.


Baca juga: Syarat Masuk Kuliah di Curtin University Australia


Jaringan Meteorit

Ini merupakan fasilitas mutakhir yang dikenal sebagai Desert Fireball Network.  Fasilitas yang berupa jaringan terdistribusi dari observatorium otomatis diperuntukkan guna melacak bola api meteorit, memasuki atmosfer ruang angkasa, satelit, dan peluncuran roket.  Saat ini, jaringan mencakup sekitar 3.000.000 km2 di Australia dan diperkirakan memiliki total nilai $ 4 juta. Adanya pendanaan saat ini membuat fasilitas jaringan ini kian berkembang secara global—mencakup 20 juta km2 di seluruh Amerika Serikat, Kanada, Maroko, Arab Saudi, dan Inggris.

 

Pusat Mineralogi Digital

Curtin University memiliki fasilitas instrumen canggih untuk analisis kimia, mineralogy, mikrostruktur berkualitas tinggi, dan pencitraan resolusi tinggi.  Fasilitas mineralogi digital ini merupakan perangkat analitis seperti jenis mikroskop elektron dengan pemindai emisi untuk keperluan analisis komposisi sampel dan morfologi.

 

Flourimeter dan Kromatografi

Curtin University memiliki berbagai instrumen canggih untuk keperluan praktik dan penelitian, seperti fluorimeter untuk mempelajari bahan pemancar cahaya. Sementara, instrumen lainnya seperti kromatografi gas dan cair, spektrometri massa juga tersedia untuk keperluan pemisahan dan analisis rekam jejak bahan dan kontaminan organik.

 

Fasilitas GeoHistory

Fasilitas GeoHistory (GHF) menggunakan ablasi laser canggih yang dilengkapi dengan peralatan spektrometri massa plasma (LA-ICPMS) secara induktif, selain laboratorium termokronologi suhu rendah dan multi-kolektor Nu Plasma II untuk memfasilitasi analisis aliran terpisah. Instrumen ini terletak di ruang modern yang dibangun untuk tujuan tertentu. Dengan demikian, Curtin University menyediakan akses kolaboratif dan komersial ke dunia akademis, pemerintah, dan industri.

 

Fasilitas GeoScience dan Analisis Mikro

Fasilitas Mikroskopi dan Mikroanalisis (MMF) menampung serangkaian instrumentasi analisis mikro canggih yang menyediakan informasi kimia, mineralogi, dan mikrostruktur berkualitas tinggi, serta gambar resolusi tinggi untuk penelitian dan publikasi teknis. Staf fasilitas ini memiliki keahlian dalam penelitian bahan dan ilmu bumi, yang digunakan untuk mendukung penelitian akademis dan proyek-proyek terapan untuk sektor mineral dan energi di Australia Barat.

 


Baca juga: Daftar Jurusan Kuliah di Curtin University Australia


Probe Atom GeoScience

Probe atom dapat menghasilkan rekonstruksi 3D skala atom dari suatu wilayah yang diminati dan memberikan informasi kimia pada skala panjang nanometer dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • resolusi spasial: kurang dari 1 nm
  • bidang pandang: lebih besar dari 200 nm (3D), lebih besar dari 500 nm (1D)
  • resolusi massal: lebih tinggi dari 1.000 (M/∆MFWHM)
  • sensitivitas kimia: kurang dari 10 ppm
  • efisiensi deteksi atom: ~ 37%

Taman Hijau Energi Listrik

Taman Hijau Energi Listrik (GEEP) adalah laboratorium inovatif yang menampilkan konsep sistem tenaga futuristik yang didasarkan pada teknologi energi terbarukan yang ramah lingkungan. Fasilitas GEEP ini tidak tertandingi di Australia karena merupakan jenis sumber energi terbarukan, selain bagaimana fasilitas ini diintegrasikan dan ditampilkan, yang akan berfungsi sebagai model untuk laboratorium energi terbarukan di masa depan.

Laboratorium Penelitian Hortikultura

Fasilitas laboratorium ini termasuk tiga ruang yang dikontrol suhu, enam lemari kontrol suhu dan kelembapan, Hunter Lab ColourFlex, Spektrofotometer UV/VIS, Servomex Infra-Red Analisis Gas CO2 dan O2, dua instrumen Kromatografi Gas-6890N Agilent, HPLC air, analisis tekstur Lloyds, dan refraktometer digital.

Visualisasi Immersive dan eResearch (HIVE)

Curtin University telah menyediakan fasilitas HIVE untuk membantu para peneliti guna lebih memahami data penelitian mereka dan untuk mengembangkan teknik visualisasi baru dengan peningkatan volume dan kompleksitas data penelitian yang terjadi.

Penyimpanan Hidrogen

Untuk mengukur sifat penyimpanan hidrogen dari berbagai bahan, Curtin University memiliki sejumlah fasilitas dan peralatan berikut:

  • fasilitas untuk mempelajari sifat penyerapan gas oleh bahan berstruktur nano
  • penganalisis gas residu
  • fasilitas kromatografi cairan superkritis
  • tujuh set alat penanganan gas manometrik (empat otomatis, tiga manual)
  • sistem hidrid berpasangan dan mesin panas
  • fasilitas tekanan tinggi (hingga 2 kbar)
  • berbagai tungku, glovebox, pabrik mekanik dan cryomills
  • HSRG juga memiliki akses ke peralatan sinar-X dan mikroskop (SAXS, XPS, XRD, TEM, SEM) dan fasilitas karakterisasi lainnya

Studio Inovasi

Studio inovasi adalah ruang kerja kolaboratif yang dirancang untuk memproduksi dan mengembangkan potensi komersial dari solusi platform e-learning untuk kebutuhan pembelajaran, pengajaran, dan pendidikan di Curtin  University.


Baca juga: Cara Mendaftar Kuliah di Curtin University Australia


Pusat John de Laeter

Pusat John de Laeter atau John de Laeter Centre (JDLC) adalah unit penelitian kolaboratif yang melibatkan Curtin University, University of Western Australia, CSIRO, dan Survei Geologi WA. John de Laeter Center termasuk sejumlah fasilitas, yaitu digital mineralogy hub, geohistory, penyelidikan atom geoscience, mikroskopi dan mikroanalisis, WA argon isotop, SHRIMP, isotop geokimia, dan analisis permukaan sinar-X.

Laboratorium Riset dan Mikroskopi

Laboratorium riset menggunakan metode psikofisiologis untuk riset pasar termasuk perangkat seluler yang mampu melacak respons kognitif, sikap, afektif, dan perilaku konsumen melalui tindakan psikofisiologis.

Laboratorium mikroskopi dan pencitraan dilengkapi dengan perangkat mikroskop untuk menghasilkan gambar visual atau fotografis yang diperbesar dari objek kecil. Sampel dapat dengan mudah divisualisasikan tanpa label, misalnya brightfield dan fase kontras. Fasilitas ini bertempat di Curtin Health Innovation Research Institute.

Observatorium Astronomi

Observatorium Astronomi-Radio Murchison (MRO) terletak di wilayah Barat-Tengah Australia Barat, 315 km sebelah timur laut Geraldton. Institut Astronomi Radio Curtin (CIRA) adalah satu-satunya entitas di Australia dengan lisensi untuk melakukan aktivitas di MRO, selain pemilik situs, CSIRO. Institusi CIRA inilah yang melakukan sejumlah kegiatan instrumentasi astronomi radio di MRO, yang memungkinkan dan mendukung berbagai keluaran ilmu pengetahuan.

Murchison Widefield Array

Murchison Widefield Array (MWA) adalah teleskop radio frekuensi rendah di Observatorium Astronomi - Radio Murchison. Fasilitas ini telah beroperasi sejak 2013 dan tetap menjadi satu-satunya instrumen prekursor SKA yang beroperasi penuh. Institut Astronomi Radio Curtin mengoperasikan dan memelihara MWA atas nama kolaborasi 21 universitas internasional dan lembaga penelitian dari tujuh negara.

Fasilitas Velocimeter Partikel Gambar

Fasilitas ini terdiri dari laser yang kuat, optik canggih, dan instrumentasi yang akan bekerja dalam kombinasi untuk menyelidiki fitur aliran.

Laboratorium Radio Frekuensi

Institut Astronomi Radio Curtin memiliki fasilitas laboratorium radio frekuensi (RF) spesifikasi tinggi. Fasilitas ini mencakup serangkaian peralatan modern untuk karakterisasi dan uji instrumentasi, termasuk penganalisis jaringan vektor Agilent PNA-X dan pengubah impedansi fokus gelombang mikro iCCMT-101 yang disesuaikan dengan desain operasional hingga <100 MHz. Fasilitas ini juga mencakup ruang kecil yang menyediakan lingkungan radio yang tenang untuk mengeksploitasi kemampuan penuh peralatan uji.


Baca juga: Akomodasi Kuliah di Curtin University Australia


Pusat Komputasi SHRIMP

Curtin University adalah mitra usaha patungan di Pawsey Supercomputing Center yang menyediakan akses superkomputer dan penyimpanan penelitian. Pusat ini mendukung para peneliti dalam disiplin ilmu seperti geologi, radio-astronomi, kelautan, informatika, kimia, dan fisika.

Laboratorium Kultur Jaringan

Ada empat tingkat aktivitas kultur jaringan terutama berdasarkan status mikoplasma. Mikoplasma adalah bakteri yang secara signifikan dapat mempengaruhi pertumbuhan sel dan interpretasi hasil biologis. Di unit laboratorium ini, Curtin melakukan sesi induksi rutin untuk kultur jaringan. Fasilitas ini bertempat di Curtin Health Innovation Research Institute.

Perekam Akustik Bawah Air

Pusat Sains dan Teknologi Kelautan telah merancang dan membangun lebih dari 30 perekam akustik bawah air otonom untuk rekaman bentang alam laut jangka panjang.

Fasilitas WA Argon Isotop

John de Laeter Center menampung fasilitas WA Argon Isotop (WAAIF), yang diperuntukkan dalam teknik 40Ar/39Ar untuk semua batuan dan mineral yang mengandung kalium, termasuk hornblende, sanidine, plagioclase, dan basal.

Fasilitas Analisis Permukaan Sinar-X

John de Laeter Center juga memiliki instrumen canggih untuk analisis kimia, mineralogi dan mikrostruktur berkualitas tinggi, dan pencitraan resolusi tinggi. Fasilitas yang terletak di kawasan Australia Barat ini menyediakan akses ke sistem spektroskopi fotelektron sinar-X yang canggih untuk mempelajari komposisi unsur dan kimia permukaan.

 

Nah, dengan berbagai fasilitas perkuliahan yang lengkap dan terkini, Anda tak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri di Curtin University Australia. Segera hubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms