User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Info Lengkap Mengenai Cara Daftar Kuliah di Birmingham

11.jpg

Cara Daftar Kuliah di Birmingham Bagi Anda yang Berminat Belajar di Luar Negeri

Apabila Anda merencanakan studi di Birmingham, kota ini memiliki empat universitas yaitu Aston University, Birmingham City University, Birmingham University dan Newman University. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait cara daftar kuliah di Birmingham, berikut ulasannya.

Berbagai Universitas di Birmingham

Berikut beberapa universitas yang berada di Birmingham, antara lain:

Birmingham University
Birmingham University memiliki 6500 mahasiswa internasional yang berasal dari 150 negara. Birmingham University masuk ke dalam 100 universitas terbaik dunia. Terdapat enam buah fakultas di Birmingham University, yaitu Fakultas seni dan hukum, Fakultas kesehatan dan kesehatan gigi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Lingkungan, Fakultas Teknik dan Ilmu Fisik, Fakultas Sosial.

Cara Mendaftar

Anda harus mengisi formulir aplikasi melalui Universities and Colleges Admissions Service (UCAS) untuk mendaftar program S1. Pendaftaran via UCAS dilaksanakan dimulai pada bulan September. Sementara jika Anda berniat mendaftar sebagai mahasiswa tingkat lanjut atau Postgraduate students, maka pendaftaran dilakukan langsung ke universitas terkait.

Persyaratan Bahasa Inggris

Beberapa dokumen kemampuan Bahasa Inggris yang diterima berupa TOEFL, IELTS, Cambridge English, maupun PTE. Rentang persyaratan bergantung pada departemen. Birmingham University telah mengelompokkan departemen berdasarkan grup A-D. Grup A memiliki rentang terendah untuk dengan IELTS min. 6.0, IBT 80, PTE 51 ataupun Cambridge English 169. Sementara rentang tertinggi pada grup D yang meliputi dokter gigi, kesehatan dan perawat.

Baca juga: Cara Daftar Kuliah di University of Bristol

Baca juga: Cara Daftar Kuliah di University of Sunderland

Aston University

Aston university menawarkan beragam program beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun postgraduate. Namun, Anda mungkin harus lebih jeli mencari karena kebanyakan beasiswa disediakan untuk mahasiswa yang berasal dari Inggris maupun Uni Eropa. Salah satu program beasiswa yang mungkin bisa Anda coba adalah Vice-Chancellor’s International Scholarship.

Cara Mendaftar

Pendaftaran untuk S1 atau undergraduate student dilakukan via online lewat portal UCAS. Sementara untuk beberapa program seperti International Foundation Programme harus dilakukan langsung via portal Aston University. 

Persyaratan Bahasa Inggris

Untuk mendaftar ke Aston University, Anda harus menyertakan dokumen kemampuan Bahasa Inggris baik menggunakan TOEFL maupun IELTS Academic test. Minimal skor bergantung pada departemen yang dituju. Skor minimal paling tinggi dipersyaratkan untuk masuk ke fakultas medis dengan minimum skor 7.5 atau IBT 109. Skor terendah dipersyaratkan untuk yang melamar ke fakultas teknik maupun fakultas sosial dengan skor minimum 6.0 atau IBT 78.

Baca juga: Profile Universitas dan Cara Daftar Kuliah di Glasgow

Baca juga: Cara Daftar Kuliah di Scotland dan Rekomendasi Universitas Terbaik di Scotland

 

Birmingham City University

Birmingham City University atau disingkat BCU merupakan universitas yang memiliki peringkat ketujuh terbaik di Inggris sebagai universitas dengan alumni yang paling mudah direkrut perusahaan selama enam bulan setelah lulus. 

Cara Mendaftar

Sama seperti sebelumnya, pendaftaran untuk S1 dilakukan via portal online UCAS. Sementara untuk mendaftar Master dan Doctor Anda harus melengkapi aplikasi online langsung ke website universitas.

Persyaratan Bahasa Inggris

Anda bisa memilih beberapa tes Bahasa Inggris terakreditasi untuk mendaftar BCU seperti IELTS academic test, Pearson Test of English (PTE Academic), dan TOEFL IBT. Skor minimum untuk IELTS sebesar 6.0, PTE 50 sementara IBT sebesar 80

Newman University

Secara umum, prosedur pendaftaran kuliah di Newman University hampir serupa dengan cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Pendaftaran dilakukan via portal online UCAS yang dibuka di bulan September dan ditutup bulan Januari. Hal ini berlaku bagi pendaftar S1 sementara master degree dan selanjutnya dilakukan langsung via website universitas. 

Persyaratan Bahasa Inggris

Karena berasal dari negara yang tidak menggunakan Inggris sebagai Bahasa utama, maka Anda diharuskan menyediakan dokumen penilaian Bahasa Inggris. Dokumen yang diterima meliputi IELTS academic test, Pearson Test of English (PTE Academic), dan TOEFL IBT.

Semoga cara daftar kuliah di Birmingham di atas dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms