User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Mendapat beasiswa memang bisa mempermudah mahasiswa menempuh pendidikan tanpa harus memikirkan biaya. Namun, bila mampu secara finansial, lebih baik segera berangkat ke negara asing untuk meneruskan studi.

 

Penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata menyarankan, sebaiknya seseorang jangan membuang-buang waktu untuk mencari beasiswa. "Jadi mengapa saya selalu mencari beasiswa? Karena saya memang tidak mampu. Saya sarankan kepada kawan-kawan yang secara finansial mampu, jangan menghabiskan waktu cari-cari beasiswa, berangkat saja, karena umur itu mahal, waktu itu mahal," ungkap Andrea.

 

Lelaki kelahiran 24 Oktober 1976 tersebut pernah mengenyam pendidikan di Universitas Sheffield Hallam, Inggris, melalui program beasiswa luar negeri. Studi itu pun mengantarkannya meraih gelar master dalam bidang ekonomi.

 

Baca juga:  Bagaimana Cara Kuliah di Singapura Dengan Biaya Murah

 

Andrea mengatakan, mendapat beasiswa memang terdengar keren dan memberi kesan cerdas. Namun dia merasa seseorang tidak perlu menghabiskan waktu demi mengejar beasiswa jika memang mampu membiayai kuliahnya sendiri.

 

"Sekolah di Amerika paling mahal, sekolah di Inggris juga mahal. Tapi banyak negara seperti Belanda dan Itali memiliki program kuliah dalam bahasa Inggris, dan itu tidak mahal. Terkadang biayanya tidak jauh beda dengan kuliah di Indonesia, hanya menambahkan sedikit," imbuhnya degan ramah.

 

Selain itu, kata pemilik nama asli Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun tersebut, mendapatkan beasiswa bagi mereka yang mampu sama saja menghilangkan kesempatan bagi siswa-siswa kurang mampu untuk bisa mendapatkan beasiswa.

 

"Dalam beasiswa kita perlu berjiwa besar. Banyak orang kaya pakai beasiswa, padahal banyak sekali siswa tidak mampu," tambahnya.

 

 

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms