User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

jenjang karier setelah lulus kuliah di Inggris

5 Jenjang Karier Setelah Lulus Kuliah di Inggris yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Dapat mengecap pendidikan di luar negeri, utamanya Inggris  adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi banyak orang. Embel-embel luar negeri seakan menjadikannya istimewa dan luar biasa. Namun, setelah yang bersangkutan menyelesaikan pendidikannya banyak yang bertanya bagaimana jenjang karier setelah lulus kuliah di Inggris? Karena banyak yang beranggapan bahwa lulusan luar ini akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dengan status ijazahnya. Apalagi sebagai pegawai kantoran.

Namun, tidak demikian. Tidak semua lulusan luar negeri seperti Inggris tidak harus menjadi pegawai kantor. Ada banyak jenjang karier yang bisa dicoba dengan menerapkan keilmuannya yaitu:

 

1. Peneliti

Tidak perlu risau dan bingung bagaimanakah karier selanjutnya seusai menamatkan kuliah di luar negeri. Ada banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menjadi peneliti dalam berbagai bidang. Berbagai universitas di Inggris telah disediakan fasilitas yang cukup maju untuk mendukung keahlian mahasiswanya selama kuliah atau bekal ketika akan lulus nanti. Dengan menjadi peneliti, Anda akan menyumbangkan banyak ilmu dan terapan yang berguna untuk orang banyak.

2. Dosen

Banyak juga yang tertarik menjadi dosen atau tenaga pendidik setelah menyelesaikan program pendidikannya di luar negeri. Dengan adanya ilmu yang diperoleh selama di luar negeri akan menjadi bekal yang berharga selama menjadi pengajar. Bahkan dengan embel-embel lulusan luar negeri banyak universitas dalam negeri yang ingin meminang karena dianggap mempunyai keilmuan yang lebih.

 

3. Tenaga Ahli

Tidak harus menjadi peneliti dan dosen, jenjang karier lulusan luar negeri sangatlah luas. Menjadi tenaga ahli adalah salah satu karier yang banyak digeluti tiap mahasiswa. Contohnya jika seorang mahasiswa mengambil jurusan hukum, maka ia bisa menjadi seorang pengacara atau advokat yang profesional. Atau bidang kedokteran, mahasiswa yang telah lulus program ini bisa melanjutkan menjadi dokter di luar negeri atau pulang kembali ke Indonesia.

 

Baca juga: 5 Universitas Terbaik di Inggris Tahun 2019

 

4. Pegawai

Jenjang karier yang paling banyak dilalui oleh mahasiswa lulusan Inggris terutama adalah dengan menjadi pegawai swasta atau pemerintah. Banyak sekali perusahaan atau departemen pemerintah yang mencari alumni luar negeri karena dianggap lebih mampu dan mempunyai keahlian lebih.

 

5. Praktisi

Sama halnya dengan tenaga ahli, sebagian besar lulusan Inggris menjadi praktisi di bidang yang ditekuni atau  bahkan bukan bidang yang sama sekali tidak ditekuni selama kuliah. Dengan skill dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah di Inggris, sedikit memberi pengalaman dalam pekerjaan yang ditekuni.

Untuk saat ini memang lulusan dari luar negeri atau Inggris lebih banyak diunggulkan dan diutamakan. Namun, tanpa adanya suatu skill yang matang, ilmu yang tinggi pun tetap tidak akan menunjang suatu pekerjaan.

Dengan adanya jenjang karier setelah lulus kuliah di Inggris ini, akan sedikit membuka wawasan para mahasiswa bahwa banyak wilayah bidang keilmuan yang bisa dicoba. Tidak hanya fokus untuk menjadi pegawai saja. Menjadi peneliti  juga kini banyak dicari karena para lulusan Inggris tentulah dibekali dengan berbagai keahlian dalam melakukan penelitian tentang ilmu yang dipelajari. Dengan adanya gambaran ini pula akan memberikan banyak wawasan kepada calon mahasiswa tentang bagaimanakah jenjang karier mereka setelah pendidikan yang ditempuh usai sehingga tidak ada kebingungan hendak mengamalkan ilmunya pada bidang apa yang sesuai.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms