User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pertimbangan utama dalam melanjutkan pendidikan ke luar negeri adalah persoalan biaya. Baik biaya kuliah maupun biaya hidup. Apalagi untuk negara sekelas Inggris yang dikenal menetapkan biaya kuliah dan biaya hidup yang sangat mahal.

 


Nah, bagi mereka yang telah menetapkan United Kingdom (UK) sebagai destinasi untuk melanjutkan pendidikan, ada beberapa kampus di sana yang memiliki biaya hidup cukup terjangkau. Berikut 10 kampus Inggris dengan biaya hidup termurah

 

  1. University of Cambridge
    Siapa tak kenal University of Cambridge? Tidak hanya dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Inggris, almamater Pangeran William dan sang istri, Kate Middleton itu juga memiliki biaya hidup yang murah bagi mahasiswa. Setiap minggu, mahasiswa cukup merogoh 100 poundsterling atau Rp1,9 juta (Rp19.352 per poundsterling) untuk biaya akomodasi.

  2. Newcastle University
    Secara peringkat di level nasional, kampus yang berlokasi di bagian timur laut Inggris ini menempati posisi 20. Namun, untuk biaya hidup, Newcastle University mematok harga yang cukup terjangkau oleh mahasiswa, yakni 102,48 poundsterling atau sebesar Rp2 juta setiap bulan.

  3. Lancaster University
    Kampus yang didirikan oleh Ratu Elizabeth II pada 1964 itu mematok biaya hidup 111,30 poundsterling atau senilai dengan Rp2,1 juta setiap minggu. Sementara untuk kualitas pendidikan, Lancaster berada di urutan 13 dalam skala nasional.

  4. Durham University
    Berdiri pada 1832, kampus yang berada di bagian timur laut Inggris itu menempati ranking lima dalam skala nasional UK. Sementara biaya hidup yang harus dikeluarkan para mahasiswa dalam satu minggu sebesar 120 poundsterling atau senilai Rp2,3 juta setiap minggu.

  5. University of Exeter
    Biaya hidup pada kampus yang berusia lebih dari 1,5 abad itu selama satu minggu sebesar 122,36 poundsterling Rp2,3 juta. Dari segi kualitas akademik, kampus yang berlokasi di barat daya Inggris itu berada di urutan 10 tingkat nasional.

  6. Loughborough University
    Biaya akomodasi pada kampus negeri yang berlokasi di Leicestershire itu mencapai 125,44 poundsterling atau setara dengan Rp2,4 juta per minggu. Untuk kualitas, Loughborough menempati urutan yang sama dengan Lancaster University, yakni pada ranking 13 dalam lingkup Inggris.

  7. University of East Anglia, Norwich Campus
    Kampus berusia 52 tahun itu menetapkan biaya akomodasi bagi para mahasiswa sebesar 126,38 poundsterling atau senilai dengan Rp2,4 juta. Sementara untuk kualitas pendidikan, universitas yang berlokasi di Norwich itu berada pada urutan 15. 

  8. University of Surrey, Guildford Campus
    Kampus yang berdiri pada 9 September 1966 itu menempati ranking 12 dalam skala nasional. Sedangkan untuk biaya hidup, University of Surrey mematok biaya hidup sebesar 127,50 poundsterling yang senilai Rp2,5 juta per minggu bagi para mahasiswanya.

  9. University of Bath 
    Kampus yang menempati ranking delapan dalam skala nasional itu memiliki standar biaya hidup sebesar 135 poundsterling atau senilai dengan Rp2,6 juta per minggu.

  10. University of St. Andrews
    Dari segi kualitas akademik, kampus yang berlokasi di Skotlandia itu menempati urutan keempat dalam skala nasional. Sementara biaya akomodasi selama satu minggu di kampus tersebut hanya mencapai 166 poundsterling atau setara dengan Rp3,2 juta.

 

 

 

 

 

sumber: okezone

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms