User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ketahui Cara Mendaftar Hingga Biaya kuliah di Manchester (UK)

 15.jpg

 

Biaya Kuliah di Manchester (UK) yang Sering Dicari

Berkuliah di luar negeri tentu menjadi idaman hampir banyak orang karena selain menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik, kuliah di luar negeri juga menawarkan beragam pengalaman yang tidak akan diperoleh selama di dalam negeri. Salah satu lokasi tujuan kuliah adalah Manchester, Inggris. Di Manchester sendiri terdapat beberapa pusat pendidikan seperti Manchester University, University of Manchester dan University of Salford. Seperti apakah biaya kuliah di Manchester (UK)? Dan bagaimana cara mendaftarnya? Simak ulasan di bawah ini.

 

Pilihan Universitas di Manchester 

Berikut beberapa pilihan universitas di Manchester, seperti:
University of Manchester

University of Manchester merupakan universitas publik berbasis penelitian yang didirikan di kota Manchester, Inggris. Universitas ini didirikan atau diperbaharui di tahun 2004 dengan menggabungkan beberapa institute penelitian seperti Institut Sains dan Teknologi Universitas Manchester serta Universitas Victoria di Manchester. Namun, sebenarnya University of Manchester sudah berdiri sejak 1824.

University of Manchester berlokasi di Oxford Rd, Manchester M13 9PL, Inggris. Berlokasi di kota favorit para mahasiswa, University of Manchester menawarkan beragam fasilitas penelitian yang canggih. 

Pendaftaran Kuliah

Secara umum, pendaftaran di hampir semua universitas di Inggris menggunakan sistem UCAS. Anda hanya perlu menginputkan beberapa dokumen penting dan berkas pendukung secara online lewat portal UCAS bagi yang mendaftar Undergraduate (S1). Sementara jika Anda mendaftar Master Degree, maka Anda harus melakukan pendaftaran langsung ke universitas. Anda sebaiknya mencari professor yang akan membimbing Anda selama penelitian di universitas agar Anda lebih berpeluang mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di University of Manchester yang dibayarkan sudah mencakup biaya belajar, pendaftaran, ujian dan kelulusan. Meski, biaya kuliah bervariasi bergantung pada departemen yang dipilih, namun rentang biaya kuliah untuk mahasiswa internasional berkisar 18.500 Poundsterling pertahun untuk kuliah yang tidak menggunakan fasilitas laboratorium dan 23.000 Poundsterling untuk perkuliahan yang menggunakan fasilitas laboratorium. Sementara untuk program studi Kesehatan dan Kedokteran Gigi, biaya tidak dapat dipatok tetap.

Persyaratan Bahasa Inggris

Ada beberapa jenis tes Bahasa Inggris yang diterima oleh University of Manchester yaitu IELTS Academic, Pearson Test of English (PTE), Trinity College London Integrated Skills in English, TOEFL IBT, dan Cambridge English. Skor minimal untuk mendaftar di Universitas akan bergantung pada departemen yang dipilih.

Baca juga: Informasi Lengkap Cara Daftar Kuliah di Coventry Inggris

Baca juga: Ingin Kuliah di Chester? Ketahui Cara Daftar Kuliah di Chester Secara Lengkap


Manchester University

Manchester University memiliki beberapa kampus yang tersebar di North Manchester and Fort Wayne, Ind. 

Pendaftaran Kuliah

Pendaftaran kuliah ke Manchester University bebas biaya sehingga Anda tidak perlu membayar application fee di awal. Untuk melakukan pendaftaran dilakukan lewat The Common Application. Ketika diterima berkuliah, maka mahasiswa harus membayar sejumlah deposit $500 USD. 

Biaya Kuliah

Manchester University menjamin mahasiswanya dapat lulus selama 4 tahun atau kurang. Bahkan, universitas membebaskan biaya kuliah di Manchester University di tahun kelima untuk mahasiswa yang belum lulus.

Persyaratan Dokumen

Mahasiswa internasional harus dapat menyerahkan sertifikat TOEFL IBT, IELTS, SAT I resmi. Manchester University juga menerima hasil tes Bahasa Inggris via DuoLingo yang bisa dicek di englishtest.duolingo.com. Nilai minimum yang diterima adalah TOEFL PBT (550), TOEFL IBT (79), IELTS (6,5), hasil SAT di setiap kategori tidak kurang dari 500, Pearson PTE (53).

Selain sertifikat Bahasa Inggris, juga diperlukan ijazah SMA dan transkrip nilai yang mencantumkan nilai Ujian Nasional. Selanjutnya financial support selama setidaknya satu tahun, ini bisa dalam bentuk rekening bank, pernyataan gaji, ataupun beasiswa dari pemerintah. Dokumen berikutnya yang diperlukan adalah surat rekomendasi dari dosen atau atasan.

 

Jadi, selain menyiapkan syarat dokumen, jangan lupa menyiapkan biaya kuliah di Manchester (UK) selama Anda menuntut ilmu di sana.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms