User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kuliah Desain di Malaysia         

Gb 5. Kuliah Desain di Malaysia.jpg

 Source: www.marlboroughcollegemalaysia.org 

Bidang desain merupakan salah satu bidang yang paling banyak diminati siswa untuk jurusan kuliah. Siswa pun dituntut untuk cermat memilih perguruan tinggi terbaik untuk belajar desain demi memperoleh keterampilan untuk karier yang sukses di masa depan.

Salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki universitas dengan jurusan desain terbaik adalah Malaysia. Di negara inilah ditawarkan beragam fasilitas perkuliahan jurusan desain kelas dunia yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan dan menumbuhkan pikiran kreatif para mahasiswanya. Jika Anda tertarik memilih Malaysia sebagai negara destinasi belajar, maka perhatikan pula bidang minat desain yang dipilih agar tidak keliru menetapkan pilihan universitas. Ingat, universitas yang terkenal dengan satu program desain belum tentu memiliki program desain lain yang sama baiknya!

 


Baca juga: Beasiswa di Asia Pacific University Malaysia 2019


Mengapa Malaysia?

            Sejumlah universitas terbaik di Malaysia memiliki fasilitas perkuliahan kelas dunia, pengalaman bertahun-tahun menjalankan program desain, kurikulum berbasis industri, layanan dukungan mahasiswa yang kuat, kesempatan magang, staf dosen berpengalaman, biaya kuliah dan akomodasi yang lebih murah, peluang mendapat dua sertifikat, serta kegiatan esktrakurikuler yang relevan. Universitas-universitas tersebut juga terakreditasi oleh MQA dan disetujui oleh Kementerian Pendidikan Malaysia.

Penghargaan yang dimenangkan oleh mahasiswa juga akan menunjukkan bagaimana kualitas perguruan tinggi dan dosen yang dapat melatih mereka hingga meraih kemenangan.

            Ketika memilih salah satu di antara universitas desain terbaik tersebut penting bagi siswa untuk mengunjungi kampus, melihat fasilitas, dan merasakan budaya—apakah itu cocok! Lihatlah galeri untuk melihat karya desain para mahasiswanya.

 


Baca juga:Beasiswa Kuliah Kedokteran di Monash University Malaysia


10 Universitas Desain Terbaik

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Malaysia untuk jurusan desain pada 2018 dalam berbagai jenjang—diploma, sarjana, dan pascasarjana beserta bidang minatnya:

  1. Multimedia University (MMU)
  2. Taylor’s University
  3. The One Academy
    • 3D Animation
    • Multimedia Design
  4. Saito University College
  5. KDU Penang University College
  6. First City University College
  7. UCSI University
  8. APIIT
  9. Point College
  10. IACT College

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Multimedia University Malaysia


Jalur Pendidikan

Siswa dengan kualifikasi SPM atau O-Level dapat mempertimbangkan untuk langsung memasuki Tingkat Persiapan Bersama dalam kuliah desain sebelum melanjutkan ke program gelar. Mata kuliah dalam Tingkat Persiapan Bersama tersebut bersifat umum dan akan memberi siswa waktu untuk memutuskan program desain mana yang akan dipilih untuk meraih gelar, seperti desain multimedia, desain grafis, desain interior, desain mode, ataupun animasi.

Jika siswa yakin di bidang desain, lalu langkah selanjutnya memilih bidang minat untuk mengambil spesialisasi dengan mengikuti program diploma selama dua tahun sebelum memasuki tahun ke-2 dari program gelar desain terkait. Jenis program yang tersedia adalah diploma desain grafis, diploma desain multimedia, diploma desain interior, diploma desain busana, dan sebagainya.

Beberapa universitas akan meminta siswa untuk menyerahkan portofolio karya desain masing-masing untuk evaluasi.

 


Baca juga: Kuliah di Universitas Terbaik Malaysia dan Singapura


Syarat Pendaftaran

Setiap universitas jurusan desain di Malaysia menetapkan syarat pendaftaran masuk yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing universitas.

Berikut ini adalah salah satu contoh syarat pendaftaran Program Sarjana  (S1) dan Program Magister (S2) Jurusan Seni Kreatif dan Desain:

Program Sarjana (S1)

  • Nilai rata-rata ijazah SMA – 7 sampai 9
  • IELTS – nilai minimum 6.0
  • TOEFL – nilai minimum 550
  • Ujian wawancara/menggambar untuk lulus program desain (kecuali Desain Grafis, Desain Interior, dan Fashion Business.

Program Magister (S2)

  • Gelar Sarjana (Hons) atau setara dalam bidang terkait
  • IPK – nilai minimum 3.7
  • IELTS – nilai minimum 6.0
  • TOEFL – nilai minimum 550

Segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

Siapkan keberangkatanmu dan semoga sukses!

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms