User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

KULIAH DESAIN DI NAFA SINGAPURA

download (2).jpg

Source: www.nafa.edu.sg

Kontribusi industri kreatif di Indonesia membuat bidang-bidang di dalamnya berkembang pesat, termasuk desain. Inilah salah satu faktor yang membuat banyak siswa bercita-cita untuk menggeluti bidang desain sebagai jurusan pilihan di bangku kuliah. Desain dikenal sebagai bidang yang penuh dengan ide-ide kreatif dan sangat dinamis.

Tingkat kualifikasi dan kompetensi jurusan desain di berbagai universitas ternama dunia menjadi alasan banyak siswa lebih memilih untuk menempuh kuliah desain di luar negeri. Salah satu negara destinasi belajar yang menyediakan fasilitas pendidikan desain terluas di kawasan Asia Pasifik adalah Singapura.

Keunggulan NAFA

Salah satu perguruan tinggi di Singapura yang menyediakan jurusan desain dengan beragam bidang minat adalah The Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA). Didirikan pada tahun 1938, NAFA adalah lembaga pendidikan tinggi seni perintis di Singapura, yang terkenal karena melahirkan banyak talenta artistik. Melalui praktik yang dipayungi industri terkait dan pembelajaran dari staf dosen berpengalaman, NAFA membina bakat kreatif yang terdepan baik di bidang seni dan desain konvensional maupun kontemporer.

Akademi ini menawarkan program diploma dan gelar penuh waktu melalui Sekolah Seni dan Desain yang terdiri dari beragam jurusan, termasuk Desain 3D dan Desain Media.

Tercatat, berbagai penghargaan budaya dan talenta desainer muda diraih sejumlah alumni NAFA yang memainkan peran integral dalam bidang desain dan seni kreatif, baik lokal maupun internasional.

Kurikulum Berbasis Industri

Akademi seni dan desain ini dikenal memiliki kurikulum yang ketat dan praktik terkoordinasi yang memungkinkan para mahasiswanya dapat membangun fondasi yang kuat demi memupuk sikap kreatif dan keterampilan berpikir kritis. Kurikulum NAFA berfokus pada pembelajaran mendalam sambil memberi para mahasiswa pilihan untuk memilih mata pelajaran lintas disiplin berdasarkan minat pribadi mereka. Melalui penilaian individu dan kelompok, mahasiswa belajar untuk memecahkan masalah secara mandiri.

Kurikulum NAFA dibangun berbasis warisan budaya yang mempromosikan semangat inovasi dan imajinasi artistik khas Asia Tenggara. Mahasiswa juga disediakan platform untuk bekerja sama, bereksperimen dengan ide-ide, dan berinovasi lintas disiplin ilmu. Dengan pembelajaran berbasis industri yang dimasukkan ke dalam kurikulum, mahasiswa dapat memperoleh perspektif yang lebih luas, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, dan belajar tentang tanggung jawab sosial. Kolaborasi NAFA dengan mitra industri memungkinkan para mahasiswanya memperoleh kesempatan magang atau terlibat dalam proyek industri kreatif. Melalui berbagai program dan acara yang diselenggarakan, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi kewirausahaan, serta berkolaborasi dan membangun jaringan dengan rekan kerja dan mitra industri.

Pilihan Program Desain

The  Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) Singapore menawarkan sekitar 11 program jenjang diploma dan sarjana. Berikut detail program studi yang ditawarkan dalam setiap tingkatan program gelar, seperti dimuat dalam platform resmi akademi, www.nafa.edu.sg :

  1. Program Diploma

Berikut sejumlah gelar dan program studi desain untuk tingkat diploma:

  • Diploma Desain Mebel dan Tata Ruang
  • Diploma Desain Interior dan Pameran
  • Diploma Desain Arsitektur Pertamanan (Landsekap)
  • Diploma Desain Objek dan Perhiasan
  • Diploma Desain Ilustrasi dengan Animasi
  • Diploma Desain Layar Media
  • Diploma Desain Fashion
  1. Program Sarjana

Berikut sejumlah gelar dan program studi desain untuk tingkat sarjana:

  • Sarjana Seni (Hons) Praktik Desain 3D
  • Sarjana Seni (Hons) Desain Media
  • Sarjana Seni (Hons) Desain Fashion
  • Sarjana Seni (Hons) Desain Tata Ruang

 

 

Syarat Pendaftaran

Calon mahasiswa internasional yang telah menyelesaikan pendidikan minimal 10 tahun dapat dipertimbangkan untuk mengajukan aplikasi. Bukti pendukung berupa sertifikasi yang relevan dari prestasi calon mahasiswa dalam bidang desain harus diserahkan bersama aplikasi. Mereka dapat menggunakan sertifikasi menggunakan hasil ujian sekolah terbaru atau hasil pemeriksaan pendahuluan (yang harus disertifikasi oleh masing-masing sekolah calon mahasiswa).

Berkas aplikasi yang lengkap dapat digunakan untuk mendaftar program yang tersedia pada pertengahan 2019. Para calon mahasiswa juga harus menyertakan hasil Nilai Ujian Nasional (NUN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara. Hasil rapor tingkat SMA untuk jenjang kelas X dan XI SMA dengan nilai baik, juga akan dipertimbangkan.

Segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

Jadi, tunggu apalagi? Segera persiapkan keberangkatanmu!

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms