Mau Kuliah Gratis Di Luar Negeri? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini

Bisa kuliah gratis di universitas yang didambakan tentunya menjadi impian setiap pelajar tidak terkecuali kamu, iya bukan? Apalagi jika kuliahnya di luar negeri plus di universitas terpandang di dunia. Pastinya hal tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri tidak hanya bagi kamu tetapi juga kebanggaan bagi keluarga kamu.

Tetapi, untuk sampai pada titik itu tentunya banyak langkah yang harus kamu lalui. Pencapaian yang luar biasa perlu diimbangi dengan usaha yang maksimal. Dengan demikian, persiapkan diri kamu, yakini hati untuk mulai berproses mencapai beasiswa kuliah ke luar negeri dengan melakukan 5 cara cerdas ini:

  1. Kenali Program Beasiswa dengan Berpartisipasi Pada Seminar Terkait

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri adalah dengan banyak berpartisipasi pada seminar yang membahas program beasiswa di Indonesia yang bekerja sama dengan universitas di negara tujuan kamu.

Selain mengikuti seminar, kamu juga bisa menambah informasi melalui internet serta berkunjung ke event-event internasional yang biasanya menyediakan stand informasi beasiswa luar negeri seperti IDP, Fullbright dll.

Beasiswa dari pemerintah juga banyak loh yang bisa diakses, seperti beasiswa DIKTI, beasiswa LPDP dari kementerian keuangan, dan lain-lain.

  1. Perbanyak Kegiatan Lapangan dan Jangan Ragu Keluar dari Zona Nyaman

Prestasi pada bidang akademik memang bisa menjadi nilai tambah tersendiri saat dicantumkan pada CV pendaftaran beasiswa. Namun kenyataannya, penyalur beasiswa tidak hanya melirik prestasi akademik saja, lebih dari itu prestasi di luar bidang akademik, kegiatan di lapangan yang berhubungan dengan masyarakat juga menjadi tolak ukur penting yang wajib dimiliki bagi penerima beasiswa.

Oleh sebab itu, buat kamu yang lagi mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri, pastikan kamu tidak hanya memiliki bukti prestasi di bidang akademik tetapi juga memperbanyak kegiatan lapangan khususnya berupa kontribusi nyata terhadap masyarakat.

Bahkan akan lebih menjadi nilai plus lagi saat kamu mencoba keluar dari zona nyaman yang ternyata hal tersebut bermanfaat bagi orang sekitar kamu. Percaya deh, hal seperti ini justru lebih menarik perhatian penyalur beasiswa ketimbang prestasi akademik yang hanya dirasakan oleh sendiri dan tidak ada aplikasi pencapaiannya terhadap masyarakat.

  1. Perbanyak Membaca Motivation Letter Dari Mereka yang Lolos dan Tidak Lolos Beasiswa

Motivation letter menjadi salah satu dokumen yang perlu kamu siapkan saat mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri. Untuk membuat motivation letter menarik, pastikan kamu tidak hanya sering membaca motivation letter dari mereka yang lolos beasiswa, tetapi kamu juga perlu mempelajari motivation letter dari mereka yang belum berhasil.

Dengan cara ini kamu bisa menyimpulkan poin penting yang seharusnya ada dan tidak ada dalam motivation letter kamu. Selain itu, jangan ragu untuk banyak bertanya serta meminta masukan pada mereka yang berpengalaman di bidang ini agar motivation letter kamu lebih maksimal.

Oya, ingatlah bahwa sebuah prestasi dan kemampuan akan lebih bernilai saat kamu bisa mengaplikasikan kemampuan tersebut menjadi hal yang berguna bagi orang lain. Oleh sebab itu cantumkan pada motivation letter kamu bahwa ke depannya kamu akan menciptakan sesuatu dari ilmu dan pengalaman kamu menjadi hal yang berguna bagi masyarakat banyak.

  1. Sambil Mencari Informasi, Jangan Lupa Terus Asah Kemampuan Bahasa Asing

Mencari informasi hingga berusaha membuat motivation letter yang baik memang cukup menyita waktu, tapi jangan lupa bahwa kegiatan tersebut perlu kamu iringi dengan latihan bahasa Asing yang rutin.

Ada baiknya kamu menyiapkan hal ini jauh-jauh hari karena belajar dan tes bahasa Asing tentu tidaklah mudah. Apalagi jika program beasiswa meminta bukti score IELTS dengan nilai tinggi yang tentunya perlu effort yang tinggi pula. Jadi, tetap harus belajar ya.

  1. Kenali Perkembangan Indonesia dan Imbangi dengan Pengetahuan Luar

Beberapa tes yang biasanya dilakukan selain motivation letter dan tes bahasa Asing dalam program beasiswa adalah tes pembuatan esai hingga tes wawancara. Didalamnya meliputi tes pengetahuan umum tentunya mengenai Indonesia sebagai negara asal kamu hingga pengetahuan dunia.

Dengan demikian kamu perlu banget rajin membaca berita serta mendalami pengetahuan sejarah hingga budaya Indonesia serta mengimbanginya dengan pengetahuan dunia di bidang yang sama.

Jika diminta argumen akan kasus tertentu yang terjadi di dunia, maka berilah argument kuat berdasar sumber informasi terpercaya tanpa perlu memojokkan pihak tertentu tetapi fokus pada saran akan perbaikan dari kasus yang ada.

Nah demikian guys cara-cara yang bisa kamu terapkan saat ingin mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri. Intinya, siapkan semuanya dari jauh-jauh hari ya, agar semua persyaratan dapat diajukan jauh sebelum deadline. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.


Sharing is Caring!

|

Event

Promo

Event Registration