User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

 

Anda yang berencana menyekolahkan anak ke luar ngeri seharusnya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari dana yang dapat meng-cover pendidikan anak sampai tamat. Namun mungkin Anda baru menyiapkan tabungan pendidikan, misalnya kurang dari 10 tahun sebelum anak masuk perguruan tinggi. Mempersiapkan dana pendidikan anak ke luar negeri tak cukup hanya dengan menabung. Kadang-kadang dibutuhkan investasi lain semacam reksa dana, deposito, tabungan dengan mata uang asing, atau tabungan berupa logam mulia. Apa pun pilihan yang sudah Anda tetapkan, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

 

Perlu diingat, asuransi tidak tergolong sebagai investasi, meskipun kadang-kadang Anda tergiur membeli produk asuransi pendidikan karena janj-janji menguntungkan. Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan, meski memiliki tujuan sama, keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda. Asuransi pendidikan merupakan asuransi plus investasi untuk pendidikan. Jumlah dana yang disetorkan dengan hasil yang akan diterima, terasa tidak cukup dibandingkan dana untuk pendidikan. Produk asuransi pendidikan tidak mampu mengatasi inflasi yang setiap tahun meningkat. Sedangkan tabungan pendidikan adalah investasi yang dilindungi oleh asuransi. Tabungan pendidikan juga tak mampu mengatasi inflasi di bidang pendidikan. 

Beberapa contoh bank yang menyediakan produk tabungan pendidikan antara lain BNI 46 dengan BNI Tapenas, CIMB Niaga dengan Tabungan Pendidikan, Bank Bukopin dengan produk Tabungan Rencana Pendidikan, serta BII dengan produk BII Edupian. Bank-bank tersebut memiliki jaringan global di Amerika, Australia, Eropa, dan Asia.

Bila Anda sekarang memiliki anak yang bersekolah di SMP, dan menginginkannya kelak melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, Anda dapat mendatangi bank yang memiliki produk tabungan pendidikan. Bicarakan dengan bank, berapa besarnya biaya yang akan Anda butuhkan untuk menyekolahkan anak Anda kuliah selama 4 tahun di Amerika, misalnya. Setelah dilakukan perhitungan, Anda akan disarankan untuk mulai menabung dengan jumlah yang besarnya sudah diperhitungkan, yaitu jumlah yang sudah termasuk inflasi. Anda dapat memilih menabung dalam mata uang rupiah atau mata uang asing. Anda akan diberikan perhitungan yang berbeda bila Anda ingin menabung untuk anak sekolah di Inggris, Afrika, atau negara lainnya. Bagaimana pun biaya hidup dan biaya pendidikan di tiap negara tidak sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: pesona.co.id

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms