Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
Sistem Pendidikan di Luar Negeri yang Terbaik

Sistem Pendidikan di Luar Negeri yang Terbaik

Beranda / Perkuliahan / Sistem Pendidikan di Luar Negeri yang Terbaik

Sistem pendidikan di luar negeri terkenal sangat unggul, hal ini terlihat dari kemajuan pendidikan yang dimiliki. Cara berpikir yang dimiliki oleh generasi muda di suatu negara seringkali berkaitan dengan dasar sistem pendidikan yang mereka terima. Beberapa negara dianggap memiliki sistem pendidikan yang terbaik, sebab mampu meluluskan generasi yang memiliki budaya berpikir yang unggul.

Namun, setiap sistem pendidikan memiliki keunggulan dan tantangan yang khas, tercermin dari konteks budaya, sosial, dan ekonomi dari masing-masing negara atau komunitasnya. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Mengenal Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Studi di luar negeri bukan hanya tentang menjelajahi tempat baru. Alasan utamanya adalah kualitas pendidikan yang tak diragukan. terdapat perbedaan yang mencolok antara pendidikan di luar negeri dengan sistem pendidikan di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa sistem pendidikan di luar negeri yang terkenal sangat bagus.

Baca juga:
Keunggulan Sistem Pendidikan Di Inggris yang Perlu Kamu Tahu

Sistem Pendidikan di Finlandia

Selain terkenal sebagai negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga membanggakan sistem pendidikan terbaiknya. Pendidikan di Finlandia terkenal dengan perhatian terhadap kesejahteraan siswa, kesempatan yang setara bagi semua, dan pendekatan pembelajaran individual.

Di negara ini, pengujian standar tidak menjadi fokus utama, dan guru diberi otonomi yang signifikan dalam mengatur kegiatan di kelas. Nah, sebagai pelajar internasional kamu akan mendapatkan kualitas yang sama dan tidak akan dibeda-bedakan.

Sistem Pendidikan di Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi tempat berdirinya perguruan tinggi terkemuka di seluruh dunia. Sistem pendidikan AS sangat beragam di berbagai negara bagian, namun secara umum mencakup pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.

Sistem pendidikan ini menekankan pada kurikulum yang luas, kegiatan ekstrakurikuler, dan tes standar. Pilihan pendidikan tingginya mencakup community college, universitas, dan sekolah kejuruan.

Sistem Pendidikan di Inggris

Terkenal sebagai destinasi perguruan tinggi unggulan global, Inggris memiliki sistem pendidikan yang menerapkan pendekatan terstruktur untuk tingkat pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Inggris adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik dan sudah diakui, bahkan terbukti dari banyaknya pelajar internasional yang tertarik untuk kuliah di negara tersebut.

Jadi sistem pendidikannya menggunakan pendekatan pada mata pelajaran akademik dan sering kali melibatkan ujian standar seperti GCSE dan A-level. Inggris juga dikenal dengan institusi-prestisiusnya seperti Oxford dan Cambridge.  Banyaknya kampus unggulan di Inggris juga menjadi salah satu alasan kenapa pelajar Indonesia tertarik untuk kuliah di negara tersebut.

Baca juga :
Sekolah Atau Kuliah Di UK Inggris, Biaya Kuliah Dalam Rupiah

Sistem Pendidikan di Jerman

Apakah kamu pernah memiliki cita-cita untuk melanjutkan studi di Jerman? Jerman adalah salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan berkualitas dan diakui dunia. Negara ini menawarkan sistem pendidikan dual yang menggabungkan pembelajaran kelas dengan pelatihan praktis di tempat kerja. Siswa memiliki pilihan untuk mengejar jalur akademik atau kejuruan, yang membuka berbagai peluang karier.

Sistem Pendidikan di Belanda

Di Belanda, wajib bagi murid untuk bersekolah mulai dari usia 5 hingga 16 tahun, tetapi banyak yang memulainya sejak usia 4 tahun. Mereka akan tetap bersekolah hingga memperoleh kualifikasi dasar atau mencapai usia 18 tahun. Sistem pendidikan di negara Belanda juga patut diacungi jempol ya.

Pendidikan menengah pertama di Belanda menawarkan berbagai pilihan. Dua dari enam jalur pendidikan tersebut mempersiapkan murid untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi, sementara empat jalur lainnya mengarah ke pendidikan kejuruan atas.

Sistem Pendidikan di Denmark, Swedia, dan Norwegia

Denmark, Swedia, dan Norwegia, bersama dengan negara-negara Nordik lainnya, terkenal karena sistem pendidikannya yang sangat baik. Keunggulan ini didasarkan pada prioritas yang diberikan kepada akses yang merata terhadap pendidikan, kesejahteraan siswa, dan pembelajaran praktis. Negara-negara ini menekankan nilai-nilai seperti kreativitas, pemikiran kritis, dan kerja sama.

Sistem Pendidikan di Jepang

Nah, masuk ke kawasan Asia ada juga Jepang yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Pendidikan di Jepang sangat dihargai dan menekankan nilai-nilai disiplin dan kerja keras. Kurikulumnya juga dikenal ketat, dan seringkali siswa menghadiri les tambahan atau sekolah tambahan. Di Jepang, menghormati guru dan otoritas merupakan nilai yang sangat tertanam dalam budaya.

Baca juga :
Mengenal Kuliah Program Early Childhood Education

3 Keunggulan Sistem Pendidikan di Luar Negeri

Ada banyak keunggulan sistem pendidikan di luar negeri yang membuat para pelajar di negara tersebut semakin unggul. Nah, berikut ini beberapa keunggulan yang dapat dirasakan:

1. Mengeksplorasi Sekitar Sejak Dini

Di beberapa sekolah dasar di Indonesia, anak-anak diharapkan untuk langsung menguasai keterampilan menulis, berhitung, dan materi akademik lainnya. Sementara itu, dalam pendidikan di luar negeri, penekanan jauh lebih besar pada permainan, interaksi sosial, dan eksplorasi lingkungan sekitar. Dengan pendekatan ini, tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan motorik dan responsif pada anak-anak. Perbedaannya sangat mencolok, bukan?

2. Masa Orientasi Dibuat Relevan

Pasti kamu tidak asing dengan yang satu ini! Masa Orientasi Sekolah atau OSPEK di Indonesia sering kali terkait dengan hal-hal yang kurang relevan. Namun, di luar negeri seperti Amerika Serikat, orientasi justru berbeda sekali. Hampir semua universitas di luar negeri mengadakan orientasi dengan pendekatan yang lebih positif.

Di luar negeri, kamu akan diajak untuk menjelajahi kampus dan mengenal lingkungan belajarmu. Ada berbagai kegiatan seperti seminar, sesi pengenalan sekolah dan kampus, atau bahkan permainan yang menyenangkan yang akan kamu ikuti sebagai bagian dari orientasi. Lebih dari itu, selain informasi tentang kampus dan program studi, kamu juga akan mendapatkan pengumuman penting terkait perkuliahan dan kehidupan kampus yang mungkin akan berguna bagimu.

3. Proses Belajar Komprehensif

Memang, sudah menjadi rahasia umum bahwa universitas di luar negeri memiliki pendekatan unik mereka sendiri dalam menyajikan pengalaman studi yang luar biasa bagi mahasiswanya. Banyak universitas top dunia menerapkan metode pembelajaran langsung, menyediakan klub untuk mengembangkan bakat di bidang studi yang dipilih, dan bahkan menggunakan gaya pembelajaran yang inovatif di dalam kelas.

Tidak hanya itu, tenaga pengajarnya juga sangat berkualitas. Mereka biasanya memiliki pengalaman yang luas dan telah memperoleh reputasi serta akreditasi yang sangat baik.

Di luar negeri, sistem pembelajaran yang diterapkan menjamin interaksi aktif antara siswa dan melibatkan kolaborasi di antara mereka. Kamu akan dihadapkan pada tugas-tugas seperti penulisan paper, berdiskusi dengan sesama siswa dan dosen melalui seminar, serta praktikum.

Namun, itu tidaklah cukup! Banyak universitas juga menyediakan organisasi, pusat sumber daya, atau platform kreatif sendiri yang memungkinkan kamu untuk mengekspresikan kreativitas dan berkolaborasi. Tak heran sistem pendidikan mereka dianggap lebih unggul daripada di Indonesia.

Baca juga :
Kuliah Terbaik Di Asia

Penutup

Sistem pendidikan di luar negeri memiliki keunggulan yang mungkin masih belum mampu diikuti oleh sistem pendidikan di Indonesia. Meskipun begitu, sistem pendidikan di Indonesia juga semakin berkembang. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di luar negeri dengan sistem pendidikan terbaik, sebaiknya konsultasi dengan agen pendidikan luar negeri terlebih dahulu.

ICAN Education menjadi agen pendidikan luar negeri yang akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi seputar sistem pendidikan dan keunggulan kuliah di luar negeri. Kamu akan didampingi oleh konsultan pendidikan luar negeri terbaik yang akan memberikan banyak pelayanan sesuai kebutuhan.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan