Ikuti Kami:
Event Mendatang    IELTS Test
Konsultan Pendidikan Luar Negeri - ICAN Education Consultant
pengertian dari tafe (technical and further education)

Pengertian dari TAFE (Technical and Further Education)

Beranda / Perkuliahan / Pengertian dari TAFE (Technical and Further Education)

Technical and Further Education (TAFE) adalah sektor pendidikan dan sektor pelatihan terbesar di Australia. TAFE terutama menyediakan berbagai macam program studi pendidikan tinggi kejuruan, sebagian besar program kualifikasi di bawah National Training System, Australian Qualifications Framework dan juga Australian Quality Training Framework.

Bidang yang diajarkan meliputi bisnis, keuangan, perhotelan, pariwisata, konstruksi, teknik, seni visual, teknologi informasi dan kerja komunitas. Setiap tahun ribuan mahasiswa internasional datang ke Australia untuk mengambil keuntungan dari berbagai pilihan program dan bidang studi yang memberikan keterampilan praktis dan pelatihan kejuruan untuk berbagai macam karir.

Secara individual, lembaga TAFE (biasanya dengan banyak kampus) dikenal sebagai perguruan tinggi atau pun sebagai college, tergantung pada negara bagian atau wilayah. Perguruan tinggi TAFE dimiliki, dioperasikan dan dibiayai oleh masing-masing negara bagian dan teritori. Hal ini kontras dengan sektor pendidikan tinggi universitas, yang dananya sebagian besar berasal dari pemerintahan federal dan didominasi kepemilikannya oleh pemerintah negara bagian.

Pelajar internasional menempuh studi sebagai siswa TAFE untuk menyelesaikan program yang berkisar dari sertifikat ke tingkat pascasarjana. TAFE juga menawarkan program studi bahasa Inggris, yang panjangnya berkisar dari sekitar empat sampai 48 minggu.

Beberapa lembaga swasta (private college) juga menawarkan program yang serupa dengan TAFE, namun mereka lebih sering menawarkan pendidikan kejuruan dan pelatihan yang berbeda dengan TAFE.

Program Studi dan Kualifikasi

Jenis kualifikasi yang dapat diperoleh melalui sistem TAFE meliputi:

Certificate I-IV

Program studi ini dirancang untuk memberikan pengenalan keterampilan dan pelatihan. Program ini memberikan pengetahuan industri spesifik, dan keterampilan dalam komunikasi, keaksaraan dan berhitung serta kerja sama tim. Program bervariasi durasinya, dari beberapa minggu sampai enam bulan atau lebih.

Program Diploma

Program ini mempersiapkan siswa untuk karir di bidang industri, perusahaan dan para-profesional. Beberapa program studi diploma dapat diselesaikan di tingkat universitas maupun di lembaga-lembaga TAFE. Diploma membutuhkan 18 sampai 24 bulan penuh-waktu belajar.

Program Advance Diploma

Program ini menyediakan keterampilan praktis tingkat tinggi untuk bekerja dalam area karir tertentu, seperti akuntansi, desain bangunan atau rekayasa teknik. Beberapa program studi diploma lanjutan juga dapat diselesaikan di tingkat universitas. Diploma lanjutan bervariasi panjangnya antara 24-36 bulan.

Vocational Graduate Certificate/Diplomas

Program ini setara dengan sertifikat lulusan pendidikan tinggi atau diploma. Mereka menyediakan pengetahuan dan keterampilan kerja tingkat tinggi. Sertifikat pascasarjana biasanya membutuhkan enam bulan studi penuh waktu dan diploma pascasarjana biasanya membutuhkan satu tahun studi penuh waktu.

Jalur Menuju Universitas

TAFE menyediakan baik siswa internasional dan lokal dengan sejumlah alternatif jalur pendidikan ke universitas (pendidikan lebih tinggi). Selain memberikan bantuan untuk persyaratan masuk, program studi TAFE juga dapat dihitung kreditnya terhadap beberapa program universitas Australia. Misalnya, siswa yang lulus dengan ijazah dari sebuah perguruan tinggi TAFE dapat menerima sampai dua atau tiga semester kredit menuju gelar universitas terkait.

Jumlah transfer kredit yang dapat diberikan tergantung kepada universitas, program gelar dan kualifikasi TAFE yang telah diselesaikan. Oleh sebab itu penting untuk memeriksa dengan universitas yang terkait, untuk mengetahui dengan pasti tentang jumlah transfer kredit yang dimungkinkan.

Mahasiswa internasional umumnya memilih untuk mendaftarkan diri dalam program TAFE di Australia untuk:

  • Meningkatkan kemungkinan mereka diterima ke universitas
  • Memperoleh manfaat dengan memiliki keterampilan berbasis kerja untuk dapat meningkatkan prospek karir mereka
  • Mengambil keuntungan dari berbagai macam program studi yang ditawarkan
  • Mengambil manfaat dari ukuran kelas yang biasanya kecil sehingga memungkinkan perhatian individu lebih besar
  • Menikmati keuntungan untuk bisa hidup di Australia

Sebuah kualifikasi TAFE juga dapat meningkatkan prospek Anda di pasar kerja. Karena penekanan praktis dari banyak program studi di sektor ini, kualifikasi TAFE dapat menjadi tambahan yang berharga untuk curiculum vitae Anda.

Rata – rata biaya studi sekitar AUD $ 5,500 – $ 18,000 per tahun. Harap dicatat bahwa biaya kuliah dapat sangat bervariasi tergantung pada program studi, lembaga dan lokasi yang dipilih. Agar selalu memperoleh informasi terbaru langsung dari lembaga TAFE yang Anda maksud.

Persyaratan Umum Pendaftaran

Untuk bisa masuk TAFE, siswa harus telah mencapai tingkat studi setara dengan Australian Year 10, 11 atau 12. Beberapa program studi mungkin memiliki mata kuliah prasyarat atau persyaratan pengalaman kerja. Untuk bisa masuk ke dalam beberapa program studi, seperti seni dan program studi desain, mungkin juga memerlukan pengajuan portofolio.

Anda perlu memeriksa dengan perguruan tinggi yang dimaksud untuk memeriksa persyaratan masuk tambahan, persyaratan bahasa Inggris, informasi tentang biaya dan beban administrasi serta tanggal dimulainya program studi. Anda bisa mendapatkan informasi lainnya melalui agen pendidikan luar negeri seperti ICAN Education Consutant.

ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event - UTS Balikpapan
ICAN Event - Study in Singapore
ICAN Event - UTS Bekasi
ICAN Event- New Zealand Jakarta
ICAN Event- New Zealand Jakarta
SIM
KINGS USA
KINGS UK
UTS College Bandung
UTS College Manado
UTS College Bekasi
Education Expo Jabodetabek
New Zealand Jakarta

Konsultasi Gratis

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Counsellor ICAN Education Consultant.

Form Registration ICAN Education (BLOG / ARTIKEL)
Berencana untuk Kuliah di Luar Negeri?

Dapatkan informasi terlengkap seputar Perkuliahan di Luar Negeri dengan Konsultasi Gratis bersama Counsellor ICAN Education Consultant.

Lihat Semua Nomor Kantor Cabang atau temukan Lokasi Kantor kami.

Postingan Artikel ...
Artikel Perkuliahan di Luar Negeri Sekolah di Luar Negeri Bahasa Inggris Bacaan Umum Tips & Trick Beasiswa ...
Konsultasi Online Gratis
Isi form konsultasi ini untuk mengatur jadwal online consultation dengan tim kami.
Form Registration ICAN Education (Home Page)
Hubungi Kami

Konselor kami akan memberikan layanan konsultasi gratis seputar informasi pendidikan ke universitas luar negeri. Layanan tersebut mencakup pencarian jurusan yang tepat, pemilihan universitas, informasi biaya pendidikan dan semua hal yang menyangkut universitas di luar negeri.

Jakarta - Tangerang
Branch Gading Serpong, Tangerang

(021) 5421 0200
(021) 5422 0200

Branch Pluit, Jakarta Utara

(021) 6667 0204
(021) 6667 0206

Branch Taman Palem, Jakarta Barat

(021) 2255 3706
(021) 2255 3272

Branch Bintaro, Tangerang Selatan

(021) 2951 1824
(021) 2221 3833

Branch Kelapa Gading, Jakarta Utara

(021) 2245 0554

Jawa Barat
Branch Bekasi, Jawa Barat

(021) 8889 4102
(021) 8889 5272

Branch Bandung, Jawa Barat

(022) 5239 5100

Jawa Tengah
Branch Yogyakarta, DIY

(0274) 5016 618
(0274) 5016 156

Branch Semarang, Jawa Tengah

(024) 8640 3771

Kepulauan Riau
Branch Batam, Riau

(0778) 7490 665

Branch Tanjung Pinang, Riau

+62 813 6530 6699

Sumatera
Branch Medan, Sumatera Utara

(061) 8881 5181

Kalimantan
Branch Balikpapan, Kalimantan Timur

(0542) 8794 997

Branch Samarinda, Kalimantan Timur

(0541) 2838 364

Sulawesi
Branch Manado, Sulawesi Utara

(0431) 7198 409

Daftar Semua Jurusan