User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Persiapan Untuk Memulai Kuliah di Inggris

 

7 Persiapan Untuk Memulai Kuliah di Inggris yang Harus Diketahui

Kuliah di dalam negeri dan di luar negeri tentu mempunyai perbedaan yang jauh. Terdapat banyak hal perbedaan hingga banyak pula dibutuhkan persiapan. Utamanya ketika akan kuliah di Inggris, salah satu negara di Eropa yang mempunyai biaya hidup cukup tinggi. Agar persiapan untuk memulai kuliah di Inggris tidak terbengkalai, maka persiapan untuk segala sesuatunya harus disiapkan jauh-jauh hari.

Bagi Anda yang tengah berencana melanjutkan kuliah ke negara Inggris, berikut ini adalah persiapan yang harus dilakukan untuk memulai perkuliahan di sana:

 

1. Motivasi yang Kuat

Kuliah di luar negeri, yaitu di Inggris, pastilah ada banyak perbedaan yang harus dihadapi. Bukan hanya itu tantangan kuliah di sana juga lebih kompetitif. Apalagi jika yang dipilih adalah universitas terbaik, maka bukan hanya persiapan materi saja yang harus matang. Diperlukan juga motivasi serta mental yang kuat selama melakukan study di Inggris.

 

2. Bahasa

Persiapan yang tak kalah penting adalah tentang bahasa, karena bahasa yang digunakan berbeda. Persiapan bahasa ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar saat telah berada di Inggris tidak lagi mengalami kesulitan untuk berkomunikasi.

 

3. Upayakan Beasiswa

Untuk memulai kuliah di Inggris tidak harus selalu menggunakan biaya sendiri. Ada banyak pilihan beasiswa yang bisa diambil. Namun, alangkah baiknya jika beasiswa yang diambil telah mencakup biaya hidup juga secara penuh sehingga tidak akan lagi memikirkan biaya hidup selama di sana.

 

Baca juga: Estimasi Biaya Kuliah di Inggris yang Perlu Anda Ketahui

 

4. Biaya Hidup dan Akomodasi

Jika tidak mengandalkan beasiswa atau hanya mendapat beasiswa pendidikan saja, biaya hidup selama di Inggris harus benar-benar dipikirkan. Meskipun ada beberapa kota di Inggris yang mempunyai biaya hidup murah, tapi hal ini tidak boleh dianggap remeh.

Akomodasi pun harus dipikirkan. Kelak selama kuliah di Inggris. Di manakah Anda akan tinggal?. Ada banyak pilihan juga, seperti asrama kampus, apartemen dan lain-lain. Akomodasi ini juga tentu membutuhkan biaya tersendiri.

 

5. Belajar Tentang Budaya dan Tata Cara Hidup Di Inggris

Belajar di negeri orang haruslah menyesuaikan diri dengan tradisi, budaya dan tata cara hidup di luar negeri. Sebab hal tersebut tentu saja sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia.

 

6. Memilih Universitas

Terdapat banyak universitas pilihan yang bisa Anda pilih sebelum memulai kuliah. Untuk memilih universitas ini, ada baiknya Anda membaca dan melihat profil universitas tersebut secara detail karena ada banyak perbedaan antar universitas. Mulai dari cara belajar, fasilitas hingga biaya yang akan dikeluarkan tiap tahunnya.

 

7. Dokumen Imigrasi

Yang tidak kalah penting adalah tentang dokumen imigrasi yang akan sangat Anda butuhkan saat berangkat ke Inggris dan juga selama berada di sana. Pasport dan Visa bisa di urus jauh hari sebelum hari keberangkatan ke Inggris.

Mungkin akan terlihat rumit saat melakukan persiapan untuk memulai kuliah di Inggris, tapi persiapan tersebut tidak akan terasa menyusahkan apabila telah mempunyai rencana yang matang dan telah dipersiapkan sejak jauh hari. Dengan memulai persiapan ini dengan matang, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan selama melakukan study di Inggris dan bisa menjalani hidup di sana dengan lancar dan tenang. Semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat bagi Anda yang ingin melanjutkan kuliah di Luar negeri. Semoga sukses!

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms