User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sebelum lulus dan memasuki dunia perkuliahan terutama kamu yang merantau untuk kuliah ke luar negeri, ada baiknya kamu melakukan sejumlah persiapan sejak jauh-jauh hari. Berikut ini sejumlah persiapan tersebut:

 

1. Mulai mencari kuliah

Mencari kuliah kalau perlu dilakukan sebelum masa kelulusan. Dikarenakan harus mengetahui banyak informasi tentang kampus tersebut, kamu perlu datang serta mempertimbangkan jurusan yang akan diambil.

 

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Kuliah di Universitas Australia

 

2. Pastikan nilai sekolah selalu baik

Kamu bisa lakukan dengan mengambil bimbingan belajar agar hasil rapormu bisa lebih baik dari semester sebelumnya.

 

3. Belajar tentang komunitas serta magang

Apa salahnya mencari informasi tentang komunitas ataupun kesempatan magang yang sesuai minatmu. Bicaralah kepada siswa yang lebih senior untuk memberimu saran.

 

4. Temui konselor sekolah

Dengan mendatangi konselor sekolah, kamu bisa mendapat banyak informasi. Nantinya mereka bisa memberikan rekomendasi kepadamu. Siapkanlah sejumlah pertanyaan yang ingin kamu ketahui.

 

5. Siapkan tes

Sejumlah kampus kerap meminta syarat sebuah tes yang pernah kamu ikuti, misalnya SAT/ACT. Bagi kamu yang berminat untuk kuliah di luar negeri, ini merupakan sebuah syarat yang kerap diminta kampus.

 

6. Uang

Apakah kamu butuh bantuan finansial? Pikirkan mengenai biaya kuliah. Sekolah akan menentukan kisaran biaya yang harus kamu bayarkan. Beberapa kampus juga sudah menyiapkan beasiswa.

 

7. Terlibat dalam ekstrakurikuler

Pilihlah beberapa kegiatan yang membuatmu menarik. Saat di perkuliahan, kamu bisa lanjutkan dengan mengikuti kegiatan serupa.

 

8. Berlatih menulis

Kampus akan meminta esai. Tulisan tersebut bisa merefleksikan dirimu untuk pertama kalinya.

 

 

 

 

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms