User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

persyaratan dan biaya kuliah di universitas Tasmania Australia

  persyaratan dan biaya kuliah di universitas Tasmania Australia Photo by: www.utas.edu.au

 

Setiap orang tentu ingin melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak sedikit kemudian memilih universitas di luar negeri dengan berbagai alasan. Namun, jika Anda ingin menimba ilmu dan kuliah di Universitas terbaik dunia yang letaknya tidak jauh dari Indonesia, anda dapat memilih salah satu universitas kelas dunia yang berada di Australia. Salah satunya anda bisa kuliah di Universitas Tasmania. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini akan kita bahas bersama mengenai persyaratan dan biaya kuliah di universitas Tasmania Australia.

Universitas Tasmania atau lebih dikenal dengan nama University of Tasmania (UTAS) berdiri sejak tahun 1890. UTAS merupakan salah satu dari empat universitas tertua yang ada di Australia. UTAS sendiri terletak di Pulau Tasmania, sebuah tempat yang terkenal akan kekayaan alamnya.

Saat ini lebih dari 33.000 mahasiswa termasuk  ribuan diantaranya adalah mahasiswa internasional belajar di Universitas Tasmania, Australia. Banyak pelajar dari berbagai negara (lebih dari 100 negara) memilih UTAS dengan beragam alasan. Diantara beberapa alasannya adalah karena peringkat universitas, reputasi hingga jurusan populer. Apalagi, UTAS juga terkenal sebagai pusat penelitian kelas dunia.

 


Baca Juga: University of Adelaide Masuk 8 Universitas Terbaik di Australia


 

Peringkat Universitas Tasmania:

Universitas Tasmania sangat populer karena prestasi dan reputasinya. Dilihat dari rankingnya, UTAS masuk kategori top 2% universitas kelas dunia pada tahun 2016 berdasarkan Academic Ranking of World University. Kualitas dan standar edukasi UTAS juga bertaraf internasional. Inilah yang membuat banyak pelajar dari berbagai negara termasuk Indonesia kemudian memilih UTAS untuk jenjang pendidikan dan karirnya.

UTAS merupakan universitas negeri dengan status tertua ke 4 di Australia. UTAS juga mendapatkan penghargaan setiap tahunnya karena kualitas pendidikan dan penelitiannya. Bahkan, UTAS termasuk ke dalam TOP 10 Research Universities yang ada di Australia. Berikut ini beberada di antara prestasi dan peringkat UTAS;

  • Top 50 universitas dunia untuk kategori Earth and Marine Science
  • Top 300 universitas dunia
  • Top 100 universitas dunia untuk kategori Ilmu Kehutanan dan Pertanian
  • Top 200 universitas dunia untuk bidang Ilmu Studi Lingkungan
  • Top 300 universitas dunia untuk kategori ilmu Kedokteran
  • Top 150 universitas dunia untuk bidang ilmu Arts and Design
  • Top 250 universitas dunia untuk kategori ilmu Hukum, Sosiologi, Pendidikan dan juga Keguruan

 

Keunggulan Universitas Tasmania:

Selain reputasi di atas, UTAS juga lebih unggul dalam banyak hal jika dibandingkan dengan berbagai universitas terkemuka di Australia. UTAS menawarkan berbagai program unggulan seperti komputasi, arsitektur, teknik, hukum, ilmu kesehatan dan masih banyak lagi. Sehingga, mahasiswa memiliki lebih banyak pilihan di universitas ini.

UTAS juga merupakan Australia National Center (pusat nasional Australia) untuk kategori maritim, pelatihan pendidikan dan juga penelitian melalui AMC (Australian Maritime College). AMC adalah satu dari tujuh anggota yang merupakan pendiri dari IAMU (Asosiasi Internasional Universitas Maritim). Ini membuktikan bahwa UTAS mencetak para akedemisi dan tenaga handal yang dibutuhkan oleh banyak sektor di dunia.

Universitas Tasmania memiliki banyak pilihan program sarjana dan pascasarjana. UTAS juga memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan 20 lembaga penelitian spesialis, pusat-pusat penelitian untuk masing-masing fakultas, pusat penelitian kooperatif dan masih banyak lagi. Jika Anda suka dengan dunia penelitian, belajar di Universitas Tasmania, Australia adalah pilihan tepat baik untuk masa belajar maupun masa depan.

UTAS mendapatkan penghargaan terbaik dengan skor baik melebihi standar dunia. Penghargaan ini diberikan olehAustralian Research Council. Selain itu, UTAS dihargai oleh dunia karena komitmen dan keunggulan di bidang belajar mengajarnya. Tentu saja, masih banyak keunggulan lain dengan standar dunia yang telah diraih oleh UTAS dalam berbagai disiplin ilmu.

 

Jurusan Kuliah di Universitas Tasmania Australia:

Dengan lebih dari 23 lembaga, pusat keunggulan dan pusat penelitian di tiga kampus utamanya, Universitas Tasmania terbukti telah memberikan program terbaik untuk para siswanya. Itulah kenapa UTAS dikenal luas karena kemampuan penelitian yang kuat di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknik dan juga teknologi termasuk pendidikan, hukum, bisnis, studi Antartika, ilmu sosial, seni kreatif dan masih banyak lagi.

 

University of Tasmania memiliki cukup banyak fakultas dan jurusan populer. Beberapa fakultas UTAS adalah sebagai berikut;

  • Fakultas Seni, Hukum dan Pendidikan
  • Fakultas Sains, Teknik & Teknologi
  • Australian Maritime College
  • Menzies Institute for Medical Research
  • Tasmanian School of Business and Economics
  • Studi Kelautan dan Antartika
  • Fakultas Kesehatan

 

Sedangkan untuk program studi, UTAS memiliki banyak program unggulan, yakni;           

  • Bachelor of Art
  • Bachelor of Contemporary Arts
  • Bachelor of Science
  • Bachelor of Computing
  • Bachelor of Psychology
  • Bachelor of Marine Science
  • bachelor of Education
  • Bachelor of Agricultural Science
  • Bachelor of Natural Environment and Wilderness Studies
  • Bachelor of Social Science
  • Bachelor of Visual Communication
  • Master of Applied Science
  • Bachelor of Environmental Sciences
  • Antarctic Master of Science
  • Bachelor of Economics
  • Bachelor of business

 


Baca Juga: Biaya Kuliah di Australia Sangat Bervariatif


 

Jenjang Karir Universitas Tasmania Australia:

Bagi mahasiswa yang berniat belajar di Universitas Tasmania, Australia, mereka tidak perlu khawatir dengan jenjang karir maupun studi lanjutan. UTAS memiliki tenaga ahli sebagai pengajar di berbagai disiplin ilmu. Selain itu, untuk membantu karir mahasiswa termasuk lulusan, UTAS memiliki berbagai program.

 

Beberapa program atau layanan tersebut adalah:

 

~> Career Connect <~

Career Connect merupakan portal pekerjaan baru termasuk juga sebagai situs jaringan perusahaan. Career Connect bisa diakses mahasiswa UTAS dan memberikan banyak pilihan untuk membuat aplikasi (surat lamaran) pekerjaan termasuk juga jalur karir siswa.

Bahkan, sistem terbaru Career Connect ini akan terhubung ke Career Hub sehingga siswa lebih mudah menemukan mentor karir, mendapatkan pekerjaan, membuat resume, mengasah keterampilan wawancara hingga membangung jaringan dengan perusahaan.

 

~> I-PREP <~

I-PREP merupakan program persiapan kerja yang diperuntukkan khusus siswa internasional. Program ini dapat membantu siswa internasional termasuk siswa dari Indonesia untuk kemudian bisa mendapatkan pekerjaan di Tasmania atau secara global. Di sini, mereka akan dilatih dan diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman.

Para siswa dididik dengan sistem kerja dan kehidupan di Australia termasuk keterampilan komunikasi serta proses lamaran kerja yang benar. Siswa yang memenuhi syarat, nantinya akan mengajukan permohonan magang atau pengalaman kerja praktis.

 

~> Careers Conversation <~

Tim Student Leadership and Careers dapat membantu para siswa khususnya yang baru lulus mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk jenjang karir. Program ini akan menekankan pada kesadaran diri siswa termasuk pemahaman yang lebih baik mengenai dunia kerja saat ini.

Di sini, siswa nantinya akan bertemu dengan Career Adviser, seorang penasehat karir yang dibutuhkan siswa untuk menentukan pilihan karir yang ada. Career Adviser juga dapat memberikan saran agar siswa mendapatkan karir yang mereka sukai.

 

~> Career Peers <~

Program Career Peers sangat bermanfaat bagi siswa yang ingin terlihat lebih unggul dibandingkan dengan pelamar kerja lainnya. Mereka akan meninjau resume siswa, surat lamaran hingga kriteria seleksi sehingga siswa akan mendapatkan kesempatan wawancara kerja bukan sebaliknya, mendapatkan surat penolakan.

 

~> Vice-Chancellor's Leadership Program <~

Program Kepemimpinan Wakil Kanselir (VCLP) merupakan program kepemimpinan 3 tingkat. Program ini disediakan untuk seluruh siswa UTAS. Program ini membantu siswa mengembangkan kepemimpinan. VCLP memastikan siswa yang lulur baik sebagai sukarelawan maupun peneliti memiliki pengalaman dan mampu berkompetisi secara global.

 

Biaya Kuliah di Universitas Tasmania Australia:

Bisa dikatakan, jika dibandingkan dengan univeritas lain di Australia, UTAS masuk dalam kategori salah satu yang sangat terjangkau. Untuk biaya kuliah per tahun sekitar +- 30 ,000 AUD. Belum lagi adanya program beasiswa untuk mahasiswa. Program beasiswa ini juga dikejar oleh banyak calon mahasiswa UTAS dari Indonesia.

Berikut ini beberapa biaya kuliah untuk beberapa fakultas atau jurusan;

Kedokteran - Program MBBS atau Bachelor Of Medicine And Bachelor Of Surgery di tempuh dengan waktu sekitar 5 tahun dengan biaya sekitar 64.000 AUD/tahun.

Kelautan dan Logistik - Bachelor of Global Logistics and Maritime Management merupakan unggulan di UTAS mengingat UTAS merupakan penyelenggara program kelautan terbaik di seluruh Australia. Biaya kuliahnya sekitar 31.000 AUD /tahun dan ditempuh selama 4 tahun.

Double degree – Siswa bisa mendapatkan double degree seperti Bachelor of Laws dan Bachelor of Business dengan hanya mengikuti satu program yang disebut Double Degree di UTAS. Biaya kuliah double degree ini sekitar 28.000 AUD /tahun dan ditempuh selama 4 tahun.

Selain itu, di UTAS sendiri biaya hidupnya lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa kota besar Australia lainnya seperti Melbourne, Sydney atau Perth. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Tasmania tidak perlu khawatir tentang biaya kuliah dan biaya hidup.

 


Baca Juga: Lebih Cepat Kuliah Dengan Double Degree


 

Syarat Pendaftaran Kuliah di Universitas Tasmania Australia:

Bagi siswa yang ingin menimba ilmu di Universitas Tasmania, tentu saja mereka harus memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratan umum di antaranya adalah:

 

A. Kemampuan berbahasa Inggris

Bagi pelajar selain dari Australia dan New Zealand, mereka disebut sebagai pelajar internasional. Nah, pelajar internasional ini harus memenuhi persyaratan berupa memenuhi kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Bukti TOEFL, PTE atau IELTS dibutuhkan sebagai bukti akan kemampuan semau skills bahasa Inggris (writing, speaking, listening, reading)

 

B. Persyaratan Akademik - Sarjana

Selain kemampuan berbahasa Inggris, ada juga persyaratan berupa nilai akademik. Untuk bisa masuk ke dalam program sarjana di UTAS, pelajar harus memenuhi kualifikasi setara dengan belajar atau sekolah di Australia selama 12 tahun. Kemudian, pelamar harus memenuhi nilai yang diminta, memenuhi nilai mata pelajaran pra-syarat dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan tentang persyaratan dan biaya kuliah di universitas Tasmania Australia. Bagi Anda yang ingin menimba ilmu di kampus ini, bisa melakukan pendaftaran secara online. Bisa jadi, untuk beberapa program studi tertentu, ada tambahan persyaratan dan kualifikasi. Biaya dan persyaratan diatas tentu bisa saja berubah sewaktu-waktu. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami melalui form konsultasi gratis yang telah tersedia di halaman web ini atau menghubungi tim konsultasi pendidikan kami di nomor : 021-5421 0200 / 021-2951 9620 / 021-6667 0206 / 021-2255 3272.

 

Follow account media sosial kami juga di:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms