Kampus Melbourne dan biaya kuliah di University of Melbourne (Tuition Fees)

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ketika berbicara mengenai pendidikan di luar negeri, khususnya universitas, semua orang mungkin setuju jika biaya pendidikan di luar negeri sangat berbeda. Meski begitu, hal ini tidak mengurungkan niat banyak orang untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang unggul dan seringkali dituju oleh banyak pelajar adalah Australia, khususnya Melbourne. Tidak perlu heran karena Negara yang satu ini memiliki lima universitas yang masuk ke dalam lima universitas terbaik menurut data QS World. Salah satu universitas yang banyak dituju adalah University of Melbourne.

Jika tertarik dengan universitas yang satu ini, maka kamu perlu mengetahui soal University of Melbourne tuition fees. Sebab, biaya yang akan dikeluarkan di setiap universitas jelas akan berbeda.

Untuk kamu yang tertarik untuk berkuliah di Australia, ada beberapa kampus beserta daftar biaya yang harus kamu keluarkan selama di sana. Berikut ini adalah beberapa daftar kampus yang dimaksud.

1. University of Melbourne

Universitas ini mendapatkan reputasi yang baik dan berada di peringkat dunia secara konsisten. Universitas ini juga menjadi salah satu universitas di top 50. University of Melbourne memiliki 22 fakultas dengan lebih dari 48.000 mahasiswa dan 6.500 staff. Universitas ini juga memiliki lebih dari 13.000 mahasiswa internasional dari sekitar 130 negara. Ada lebih dari 360.000 alumni, 12% dari mereka tinggal dan bekerja di luar Australia di 160 negara. Universitas ini juga memiliki alumni internasional sebanyak lebih dari 350.000.

University of Melbourne Tuition Fees (International Student)

Tertarik dengan universitas yang satu ini? Jika iya, maka kamu perlu mengetahui University of Melbourne tuition fees for international student, seperti kamu harus membayar biaya kuliah berdasarkan mata kuliah yang kamu pelajari setiap tahunnya. Biaya setiap mata kuliah biasanya ditentukan oleh fee bands yang dikelompokan dan beban studi. Fee bands ini ditentukan oleh konten subjek. Sebagian besar program studi mengharuskan kamu mendaftar mata pelajaran lebih dari satu fee bands.

Jika kamu mendaftar kuliah di universitas ini saat usia kamu di bawah 18 tahun, maka kamu harus membayar biaya Program Pengawasan Internasional di bawah 18 tahun. Poin ini wajib untuk para mahasiswa internasional.

Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya untuk mengakses bimbingan belajar perorangan, menghadiri lokakarya serta kursus singkat untuk meningkatkan keterampilan meneliti, menulis, persiapan ujian dan presentasi lisan. Serta jangan lupakan biaya untuk kursus yang kamu ambil, termasuk juga buku pelajaran, peralatan, teknologi, sumber daya untuk proyek khusus dan kunjungan.

Rata-rata biaya kebutuhan hidup yang harus kamu keluarkan di universitas ini adalah A$38,230 per tahunnya atau setara dengan Rp400.767.330. Jumlah tersebut di luar akomodasi kampus dengan jumlah sekitar A$32,350 yang setara dengan Rp339.126.945. Untuk biaya pendidikan per tahun, kamu perlu mengeluarkan dana sebesar A$40,170 atau Rp421.104.463 untuk jenjang S1, serta A$41,510 atau Rp435.151.762 untuk jenjang S2 dan S3.

2. Monash Unversity

Universitas ini adalah anggota dari Group of Eight, atau sebuah aliansi universitas terkemuka di Australia yang diakui karena kualitas dan keunggulannya dalam proses pengajaran. Aliansi ini menghasilkan lulusan dengan kualitas baik yang mudah mendapatkan pekerjaan, bahkan dengan gaji yang lebih tinggi. Monash University juga secara konsisten menduduki peringkat di dalam 100 universitas terbaik di dunia. Universitas ini juga hadir di Australia, Italia, Malaysia, India, Afrika Selatan dan Cina. Di sini kamu akan merasakan kualitas pendidikan yang sangat baik.

Monash Unversity Tuition Fees

Secara garis besar, biaya kuliah per tahun di universitas ini berdasarkan jenjang studi adalah A$29,900 atau sekitar Rp313.134.932 pertahun untuk program S1. Sedangkan untuk program S2, biaya yang harus dikeluarkan sebesar A$28,800-A$42,000 atau sekitar Rp265.000.000-Rp397.000.000. Biaya ini adalah biaya di luar kebutuhan pribadi seperti tempat tinggal, akomodasi, transportasi dan makan setiap harinya. Untuk itu, kamu juga perlu memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Australian Catholic University

Australian Catholic University adalah universitas negeri katolik terkemuka yang ada di Australia. Universitas ini memiliki empat fakultas yang menawarkan gelar sarjana, magister dan doctoral. Ada sekitar 34 ribu mahasiswa pada 2018 serta kurang lebih 4.600 siswa yang berasal dari 103 negara. Bahkan, pada 2019, ada lebih dari 100.000 alumni yang lulus dari universitas ini. Universitas negeri ini awalnya dibuka pada Januari 1991 setelah penggabungan empat lembaga pendidikan tinggi katolik di Australia Timur, di antaranya adalah Catholic College of Education Sydney di New South Wales, Institute of Catholic Education di Victoria, McAuley College di Queensland, serta Signadou College of Education di Australian Capital Territory.

Australian Catholic University Tuition Fees

Jika tertarik dengan universitas ini, maka kamu harus mempersiapkan dana sebesar A$25,990 yang setara dengan Rp272.454.693untuk pendidikan S1, dan A$25,670 atau Rp269.100.114 untuk pendidikan S2. Biaya tersebut di luar biaya hidup yang harus dikeluarkan di selama kamu berada di luar negeri. Kemungkinan, kamu akan membutuhkan biaya sekitar A$17,030 atau senilai Rp178.526.487 untuk biaya hidup dan akomodasi sejumlah A$11,700 yang setara dengan Rp122.651.785.

Dari beberapa universitas di atas, kamu bisa memilih universitas yang benar-benar sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Perlu untuk kamu ketahui biaya atau tuition fee diatas sewaktu-waktu dapat berubah. Kamu bisa menghubungi kami bila ingin memastikan biaya terbaru dari universitas tersebut.

Dan untuk kamu yang tertarik di bidang studi Arsitektur, Kesenian, Ekonomi dan Perdagangan serta Pendidikan, maka kamu bisa memilih University of Melbourne. Namun, sebelum memilih universitas tersebut, kamu bisa mencari informasi mengenai University of Melbourne tuition fees terutama untuk kamu calon international student agar kamu bisa mempersiapkan biaya yang harus kamu keluarkan selama berkuliah di sana.

Selain itu, jangan lupakan dokumen-dokumen penting lainnya seperti passport, visa, dokumen pendidikan, serta sertifikat yang akan dibutuhkan di kampus tujuan. Dengan mempersiapkan mulai sekarang, maka kamu bisa meminimalisir kendala saat masuk ke universitas tersebut.

Share Now :

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Promo

ICAN - General English

Chat with us: