User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat dan Biaya Kuliah di Sejong University Korea


Syarat dan Biaya Kuliah di Sejong University Korea Source: www.sejong.ac.kr

 

Berkesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi di luar negeri merupakan harapan bagi siswa-siswi internasional. Tak heran jika setiap tahunnya, banyak dari mereka mencari universitas bereputasi global di berbagai negara destinasi, salah satunya—Korea. Ya, di kota Seoul, terdapat sejumlah universitas yang memiliki rekam jejak akademis tingkat global untuk bidang teknologi informasi (TI), sains dan teknologi, serta seni. Seoul pun juga digolongkan ke dalam 10 kota pelajar teratas di dunia.  Selain itu, banyak ahli percaya bahwa Asia akan memimpin sektor penting global pada abad ke-21 dan Korea akan memainkan peran kunci dalam bidang bisnis, politik, budaya, dan pendidikan.

 


Baca Juga: Syarat dan Biaya Kuliah di Billy Blue College of Design Australia


 

Salah satu universitas terbaik Korea yang berlokasi di Seoul adalah Sejong University. Universitas yang berdiri sejak 1940 ini memiliki 10 kampus dengan kapasitas 11.000 mahasiswa program sarjana dan 2.500 mahasiswa program pascasarjana. Tercatat sekitar 1.700 siswa internasional belajar di Sejong, termasuk siswa asal Indonesia. Saat ini, Sejong University menempati peringkat ke-12 universitas teratas di Korea, seperti dimuat dalam Times Higher Education dan termasuk deretan universitas 100 teratas di Asia versi QS World University Rankings. Universitas ini pun telah menjalin afiliasi selama bertahun-tahun dengan lebih dari 250 universitas di seluruh dunia.

 

Pilihan Program Gelar

Sebagai universitas papan atas Asia, Sejong University menawarkan beragam pilihan program studi dalam jenjang sarjana dan pascasarjana (master dan doktoral), seperti dimuat dalam platform resmi universitas, www.sejong.ac.krBerikut detail pilihan program gelarnya:

 

Program Sarjana

  • Seni Liberal (Literasi dan Bahasa Korea, Studi Internasional, Sejarah, Pendidikan, Fakultas Hukum)
  • Ilmu Sosial (Perdagangan dan Ekonomi, Administrasi Publik, Media dan Komunikasi)
  • Administrasi Bisnis (Fakultas Administrasi Bisnis)
  • Manajemen Perhotelan dan Pariwisata (Fakultas Manajemen Perhotelan, Pariwisata, dan Layanan Pangan)
  • Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas Matematika dan Statistika, Fisika dan Astronomi, Kimia)
  • Ilmu Hayati (Fakultas Sistem Biologi)
  • Teknologi Informasi dan Elektronika (Teknik Listrik)
  • Teknologi Konvergen dan Perangkat Lunak (Teknik dan Ilmu Komputer, Komputer dan Keamanan Informasi, Perangkat Lunak, Ilmu Data, Fakultas Mekatronik Intelijen, Teknik, Studi Kreatif)
  • Teknik (Fakultas Teknik Arsitektur, Teknik Sipil dan Lingkungan, Geoinformatika, Energi, dan Lingkungan, Teknik Sumber Daya Mineral dan Energi, Fakultas Mekanik dan Teknik Luar Angkasa, Teknologi Nano dan Teknik Material Lanjutan, Teknik Energi Nuklir)
  • Seni dan Pendidikan Jasmani (Seni Lukis, Desain Fashion, Musik, Pendidikan Jasmani, Tari, Seni Film)

 


Baca Juga: Persyaratan dan Biaya Kuliah di TAFE NSW Australia


 

Program Pascasarjana

  • Seni Liberal (Literasi dan Bahasa Korea, Literasi dan Bahasa Inggris, Literasi dan Bahasa Jepang, Pendidikan, Sejarah)
  • Ilmu Sosial (Perdagangan dan Ekonomi, Administrasi Publik, Seni Komunikasi)
  • Administrasi Bisnis (Bisnis dan Akuntansi)
  • Manajemen Perhotelan dan Pariwisata (Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, Manajemen Layanan Pangan dan Kuliner)
  • Ilmu Pengetahuan Alam (Matematika dan Statistika, Fisika, Astronomi dan Ilmu Ruang Angkasa, Kimia)
  • Ilmu Hayati (Biologi Molekuler, Ilmu Pangan dan Bioteknologi, Biosains dan Bioteknologi, BIoteknologi Tanaman)
  • Teknologi Informasi dan Elektronika (Teknik Listrik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Optik, Teknik dan Ilmu Komputer, Komputer dan Keamanan Informasi, Konvergensi Perangkat Lunak)
  • Teknik (Arsitektur, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil dan Lingkungan, Energi dan Lingkungan, Teknik Geoinformasi, Teknik Sumber Daya Mineral dan Energi, Teknik Mekanik, Teknik Luar Angkasa, Teknologi Nano dan Teknik Material Lanjutan, Teknik Energi Nuklir)
  • Seni dan Pendidikan Jasmani (Seni Lukis, Desain, Musik, Pendidikan Jasmani, Tari, Desain Fashion, Animasi, Seni Film)
  • Program Multidisiplin (Pertunjukan, Film & Animasi, Perubahan Iklim, Studi Perkotaan & Real Estate, Teknologi Sistem Pertahanan, Teknologi Bioindustri)

 

Program Khusus Pascasarjana

  • Sekolah Bisnis Pascasarjana (Program MBA Bisnis Internasional)
  • Sekolah Kebijakan Publik Pascasarjana (Program Studi Asia)
  • Sekolah Industri Pascasarjana (Manajemen Perhotelan, Manajemen Properti Real Estate, Manajemen Resort & Golf, Industri Distribusi)

 


Baca Juga: Biaya Kuliah di Le Cordon Bleu Sydney Australia


 

Mahasiswa internasional yang telah lulus dalam studi mereka, kelak dapat bekerja di beragam perusahaan Korea, terutama bagi lulusan jurusan Teknologi dan Sains. Mereka juga dapat bekerja paruh waktu setelah menetap selama 6 bulan di Korea. Sejong University juga menyediakan program kuliah dalam bahasa Inggris, namun sangat dianjurkan untuk mengambil program bahasa Korea sebelum memulai kuliah agar dapat beradaptasi dengan baik selama menetap di Korea.

 

Syarat Pendaftaran

Persyaratan masuk di Sejong University Korea, meliputi persyaratan umum dan persyaratan khusus, seperti dimuat dalam platform resmi universitas.

 

  • Persyaratan Umum Terdapat beberapa persyaratan kemahiran berbahasa Inggris dan Korea bagi calon mahasiswa internasional yang merupakan persyaratan umum, baik untuk program gelar sarjana maupun pascasarjana, seperti dirinci berikut ini:

 

  1. Kemahiran Bahasa Inggris: > IELTS Akademik – nilai minimum 5.5 dalam aspek membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. > TEPS – nilai minimum 600 > PTE Akademik – nilai total 53 > TOEFL IBT – total nilai minimum 80 > TOEFL PBT – nilai minimum 550 > TOEFL CBT– nilai minimum 210

 

  • Kemahiran Bahasa Korea: > Level 2 – untuk jurusan Tari dan Musik > Level 3 – untuk jurusan Inovasi Desain Komik dan Teknologi Animasi, jurusan seni lainnya > Level 4 – semua jurusan lain

 

  • Persyaratan Khusus Terdapat perbedaan dalam persyaratan khusus bagi calon mahasiswa internasional untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (master/S2, doktoral/S3), yang dirinci sebagai berikut:> Program Sarjana – peminat telah lulus masa pendidikan formal setidaknya 12 tahun (di tingkat SD, SMP, SMA/setara) sebelum masa pendaftaran masuk di Sejong University, atau telah menyelesaikan seluruh program pendidikan tingkat menengah yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Korea.> Program Pascasarjana (master/doktoral) – peminat telah bekerja/berpenghasilan sebelum pendaftaran masuk dan merupakan lulusan program sarjana/master dari masa perkuliahan 4 (empat) tahun di universitas asalnya.

 


Baca Juga: Biaya Pendaftaran dan Syarat Kuliah di Monash University Australia


 

Biaya Kuliah

Bila dibandingkan dengan biaya kuliah yang berlaku di universitas-universitas global berbahasa Inggris seperti  di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Australia, maka biaya kuliah di universitas Korea jauh lebih terjangkau. Tidak hanya itu, biaya kuliah yang diberlakukan bagi mahasiswa internasional di universitas ini tidak dibedakan dengan mahasiswa lokal. Hal ini juga merupakan faktor finansial yang membedakan universitas-universitas di Korea dengan universitas-universitas di Eropa.

Berikut tabel daftar biaya kuliah untuk masing-masing program gelar sarjana dan pascasarjana yang berlaku di Sejong University, seperti dimuat dalam platform www.sejong.ac.kr/eng.

 

  • Biaya Kuliah Program Sarjana (dalam unit KRW) :


Syarat dan Biaya Kuliah di Sejong University Korea * Biaya pendaftaran dibayarkan 1 (satu) kali pada semester pertama * 1.200 KRW setara dengan 1 Dollar AS

 

  • Biaya Kuliah Program Pascasarjana (dalam unit KRW)

    1 Syarat dan Biaya Kuliah di Sejong University Korea

* Biaya pendaftaran dibayarkan 1 (satu) kali pada semester pertama * 1.200 KRW setara dengan 1 Dollar AS

 


Baca Juga: Info Pendaftaran di William Blue Australia


 

Bergegaslah mempersiapkan keberangkatan dengan menghubungi konsultan pendidikan tepercaya. Pelajari dan lengkapi semua persyaratan, lalu  pastikan telah memenuhi proses pendaftaran.  Ingat, setiap biaya dan persyaratan yang diberlakukan dapat berubah sewaktu-waktu.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms