Syarat dan cara daftar James Cook University, Singapore

James Cook University, Singapore secara resmi menempati peringkat top 2%  universitas terbaik di dunia berdasarkan penilaian dari institusi pendidikan tinggi Shanghai Jiao Tong University, pada 2019 lalu.

Sebagai lulusan kampus Singapura, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana dan Master yang sama persis dengan lulusan JCU Australia dan diakui di Australia maupun secara internasional. Selain itu, kamu akan memiliki pilihan untuk pindah ke kampus Australia kapan saja selama masa perkuliahan atau di akhir masa kuliah.

Syarat dan Cara Pendaftaran James Cook University, Singapore

Sebagai siswa internasional, kamu harus memenuhi beberapa syarat dan prosedur pendaftaran yang berlaku. Kamu bisa mendaftarkan diri secara mandiri di situs resmi kampus atau juga melalui agen pendidikan luar negeri.

ICAN Education Consultant memiliki tim konselor profesional untuk membantu setiap proses pendaftaran hingga kamu terdaftar di kampus ini.

Proses pendaftaran untuk siswa internasional sedikit lebih rumit daripada siswa lokal untuk memenuhi persyaratan hukum tertentu. Ada juga biaya tambahan yang dikeluarkan untuk mendapatkan izin dan sertifikasi yang diperlukan.

Berikut langkah-langkah melakukan proses pendaftaran, jika kamu berencana mendaftar secara mandiri.

1. Pilih kelas yang kamu minati

Untuk informasi lebih lengkap seputar program di kampus ini, kamu bisa mengunjungi situs resmi di https://www.jcu.edu.sg/courses-and-study/courses. Jika perlu, kamu bisa menguhubungi staf untuk melakukan konsultasi di admissions-singapore[@]jcu.edu.au.

2. Kirimkan aplikasi

Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi online atau email. Jika kamu berhasil mengirimkan aplikasi online, lanjutkan ke langkah 3.

Jika mengirimkan melalui email, kamu bisa mengirimkan aplikasi di alamat email yang telah disebutkan di atas, beserta dengan beberapa dokumen ini:

  • Mengisi Formulir Aplikasi Umum (untuk semua program) atau Formulir Pendaftaran Belajar di Luar Negeri (untuk Program Studi di Luar Negeri)
  • Biaya aplikasi SGD $ 250 (Tidak Dapat Dikembalikan)
  • Salinan ijazah dan transkrip nilai tertinggi
  • Menyediakan IELTS, TOEFL, Pearson (PTE Academic), atau Medium of Instruction dalam bahasa Inggris untuk negara-negara yang tidak berbahasa Inggris
  • Salinan paspor
  • 1 foto ukuran paspor terbaru

Untuk aplikasi Higher Degree by Research, harap berikan juga CV / resume terbaru, beserta dua Academic Referee’s Reports.

 

Baca Juga: Akomodasi dan Fasilitas James Cook University, Singapore

 

3. Surat Penawaran dan Kontrak Mahasiswa

Setelah aplikasi berhasil dikirimkan, dokumen-dokumen tersebut akan dinilai berdasarkan persyaratan masuk akademik dan bahasa Inggris dari program pilihan kamu.

Jika lamaran dianggap berhasil, kamu akan menerima surat penawaran, kontrak siswa, catatan penasihat, buku pegangan siswa, dan beberapa informasi lainnya.

Jika aplikasi Anda tidak berhasil, Anda akan diberitahu oleh tim penerimaan dan opsi alternatif akan dibahas.

4. Menerima Penawaran

Semua siswa harus membaca kontrak siswa dengan seksama sebelum menandatangani kontrak tersebut.

Untuk menerima tawaran tersebut, harap tanda tangani dan kembalikan catatan penasehat, kontrak pelajar dan surat penawaran ke kantor penerimaan kami di alamat email yang telah disebutkan sebelumnya.

Proses Pengajuan Visa

Untuk bisa belajar di universitas Singapura, kamu perlu memiliki visa pelajar yang harus diajukan sebelum masa studi dimulai. Pihak universitas bisa membantu proses pengajuan visa dengan beberapa syarat.

Dokumen di bawah ini diperlukan jika kamu berasal dari negara yang membutuhkan visa. Silakan periksa situs web ICA untuk memeriksa apakah Anda memerlukan visa masuk ke Singapura.

  • Salinan rekening koran / rekening deposito tetap / rekening tabungan
  • Surat kerja untuk kedua orang tua dan / atau pelamar (jika ada)

Setelah menerima dokumen lengkap, JCU akan mengajukan izin pelajar ke Immigration & Checkpoints Authority (ICA), Singapura. Waktu pemrosesan umum untuk aplikasi baru adalah 2 hingga 4 minggu. Beberapa aplikasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses.

Setelahnya, kamu akan menerima salinan In-Principle Approval Letter (IPA) yang dikeluarkan oleh ICA setelah aplikasi student pass disetujui. IPA berfungsi sebagai visa masuk ke Singapura jika kamu berasal dari negara yang membutuhkan visa.


Sharing is Caring!

|

Event

Promo

Event Registration