User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

syarat dan cara daftar kuliah di inggris

 

Cara Daftar Kuliah di Inggris Terlengkap

Untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Inggris, kini ada banyak cara yang bisa ditempuh. Cara daftar kuliah di Inggris pun kini semakin dipermudah dengan hadirnya layanan online. Anda bisa mengajukannya secara online dengan mudah dan cepat.

Di Inggris tersedia ratusan fakultas dan universitas jempolan. Sebelum mendaftar, pastikan Anda sudah menjatuhkan pilihan akan kuliah di universitas mana, dan jurusan apa yang diambil. Setelah itu, persiapkanlah persyaratan apa saja yang wajib dipenuhi.

 

Persiapan Persyaratan Kuliah di Inggris

Sebelum masuk ke tahap pendaftaran, sebaiknya ketahui terlebih dahulu persyaratannya. Setiap kampus memiliki aturannya masing-masing. Terlebih jika tujuan Anda adalah universitas luar negeri, yaitu Inggris. Sebisa mungkin Anda harus mengetahui persyaratan apa saja untuk bisa belajar di tempat tersebut. Persyaratan adalah hal yang penting dan wajib sebelum mengajukan aplikasi dan mendaftar.

Bahasa adalah salah satu persyaratan yang wajib Anda perhatikan. Kualifikasi bahasa di beberapa universitas Inggris bahkan tergolong tinggi. IELTS bisa mencapai 6 hingga 8 poin. Jadi, matangkan bahasa Inggris Anda sebelum mendaftar.

Untuk masuk ke jenjang S1, banyak universitas di Inggris yang meminta sertifikat A level. Namun, tidak berarti bahwa Anda yang tidak memilikinya tak bisa mendaftar. Bagi yang tidak memilikinya, bisa masuk mengambil foundation. Dengan begitu, masa kuliah S1 selama 3 tahun, ditambah foundation 1 tahun, jadi total selama 4 tahun.

Persyaratan lain yang harus Anda miliki adalah Visa pelajar. Ini merupakan syarat penting memasuki Inggris dan menjadi pelajar di sana. Akan tetapi, sebaiknya Anda membuatnya setelah positif diterima di salah satu universitas.

 

Cara Mendaftar Kuliah di UCAS

Salah satu layanan pendaftaran di Inggris yang paling populer adalah UCAS. UCAS sama seperti SNMPTN atau UM untuk penerimaan mahasiswa baru. Jika Anda ingin mendaftar sendiri, simak berikut langkah-langkahnya.

  • Login di Website UCAS

Daftarkan diri Anda melalui website resmi UCAS. Setelah itu, pilihlah bidang studi yang Anda inginkan dan lengkapi data-data yang diminta.

  • Memilih Program Studi

Pilih program studi yang Anda inginkan. Satu orang pemohon hanya bisa memilih 5 jenis program saja. Sedangkan untuk program kedokteran hewan dan kedokteran gigi hanya bisa memilih 4 saja.

  • Mengisi Data Jenjang Pendidikan

Selanjutnya Anda harus mengisi secara lengkap jenjang pendidikan yang telah dilalui. Anda pun harus melengkapi prestasi dan kualifikasi yang pernah diraih. Cantumkan juga pekerjaan Anda sebelumnya (jika pernah bekerja).

  • Personal Statement (Pernyataan Pribadi)

Personal statement ini penting dalam melakukan pendaftaran di UCAS. Pernyataan ini harus mendeskripsikan diri Anda sejelas mungkin. Buatlah personal statement ini semenarik mungkin.

Isi dari pernyataan pribadi ini tentang alasan kenapa Anda memilih kuliah di Inggris, kenapa Anda memilih universitas tersebut, dan menjelaskan tentang kemampuan diri Anda. Tuliskanlah pernyataan pribadi ini dengan bahasa Inggris yang baik.

  • Langkah Akhir

Setelah semua form Anda lengkapi, lanjutkan dengan memilih “complete”. Namun, sebelum memilih “complete”, pastikan semua data telah Anda isi sebenar-benarnya. Setelah mengkliknya, isikan alamat email valid yang biasa Anda gunakan dan kontak dari pihak yang memberi referensi.

 

Perlu Anda ketahui, persyaratan di UCAS ini tidak gratis. Anda diwajibkan untuk membayar biaya dalam jumlah tertentu per 1 program yang dipilih.

Nah, itulah persyaratan dan cara daftar kuliah di Inggris. Pastikan syarat-syarat telah Anda penuhi. Lalu, daftarkan segera diri Anda. Selain melalui UCAS, ada juga jalur lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemudahan dan kenyamanan Anda.

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms