Syarat masuk dan cara daftar Asia Pacific University, Malaysia

Asia Pacific University, Malaysia (APU) adalah salah satu universitas paling beragam di Malaysia, terletak di Kuala Lumpur, salah satu kota paling dinamis di Asia. Kini, lebih dari setengah populasi siswa adalah siswa internasional dan datang dari 130 negara berbeda.

Universitas ini sendiri telah memiliki pengalaman panjang untuk merekrut, memilih dan mendukung siswa internasional. APU saat ini memiliki lebih dari 12.000 siswa dengan lebih dari 6000 siswa internasional di Kampus Malaysia.

Syarat Masuk dan Cara Daftar Asia Pacific University, Malaysia

Jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri di kampus ini, maka kamu perlu mengetahui informasi perihal syarat masuk dan cara daftar Asia Pacific University, Malaysia. Informasi lengkap akan membantu kamu menjalani proses pendaftaran yang lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui konsultan pendidikan luar negeri. ICAN Education Consultant memiliki tim konselor yang bekerja secara profesional untuk membantu setiap siswa melalui proses pendaftaran ke APU.

Syarat Masuk Asia Pacific University

Jika kamu akan mendaftarkan diri pada aplikasi Undergraduate maka beberapa dokumen yang perlu kamu lampirkan antara lain:

  • Certified True Copies of Academic Qualification (bersama dengan terjemahan bahasa Inggris jika tersedia)
  • Salinan IELTS/TOEFL dan lainnya untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris

Sedangkan, untuk pengajuan visa, kamu perlu memiliki beberapa dokumen, seperti misalnya:

  • 4 foto ukuran paspor dengan latar belakang putih (35mm x 45mm)
  • Salinan semua halaman paspor termasuk halaman kosong
  • Sertifikat akademik dan sertifikat lainnya yang disertifikasi sebagai salinan asli oleh lembaga penerbit dokumen atau oleh Notaris atau pengacara
  • Formulir Pernyataan Kesehatan ditandatangani oleh siswa. APU merekomendasikan agar semua siswa menghadiri pemeriksaan Medis Sebelum Kedatangan untuk memastikan bahwa mereka dalam keadaan sehat
  • IELTS/TOEFL/PTE/MUET English Certification Results.
  • Persyaratan / dokumen lain yang dipersyaratkan oleh Universitas untuk mendukung aplikasi visa

Cara Daftar Asia Pacific University

Setelah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri dan pengajuan visa, saatnya kamu mengetahui informasi lengkap mengenai cara daftar di APU sebagai siswa internasional.

Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui online di situs resmi universitas dengan beberapa langkah ini:

1. Memulai Aplikasi

Isi formulir aplikasi bersama dengan dokumen berikut dan email ke Fast Track Application fta[@]apu.edu.my atau ke info[@]apu.edu.my.

Lampirkan pula dokumen asli dari Academic Qualificatiion dengan terjemahan bahasa Inggris dan salinan IELTS/TOEFL untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris kamu.

Harap jelaskan dengan jelas "Program" yang kamu lamar dan "Tanggal Masuk". Biasanya, kamu akan menerima hasilnya dalam 2-3 hari kerja setelah universitas menerima dokumen lengkap di atas.

2. Mengkonfirmasi penerimaan

Kamu akan menerima Letter of Offer jika memenuhi kriteria kelayakan. Kamu dapat mengkonfirmasi pendaftaran dan pihak universitas akan mengajukan aplikasi visa pelajar. Kamu juga diharapkan untuk melakukan pembayaran sebesar RM2,400.00 untuk biaya Pre-Arrival Application Processing.

3. Pemrosesan Visa

Setelah pihak universitas menerima dokumen lengkap bersama dengan Visa Pelajar Internasional dan Biaya Aplikasi, maka aplikasi kamu akan dikirimkan ke EMGS (Education Malaysia Global Services).

Ini mungkin memakan waktu sekitar 2-3 minggu setelah menerima dokumen lengkap, bersama dengan pembayaran. Kamu juga dapat melacak proses aplikasi di Situs EMGS dan kamu bisa mengunduh Visa Approval Letter (VAL) jika telah disetujui.

4. Surat Persetujuan Visa

Jika kamu sudah mendapatkan informasi seputar Visa Approval Letter (VAL), artinya visa pelajar kamu telah disetujui dan akan diinformasikan melalui email atau melalui Pos bersama dengan langkah dan pedoman yang diperlukan.

Kamu juga dapat memeriksa status aplikasi di situs web EMGS dan mengunduh VAL milikmu.

5. Kedatangan di Malaysia

Sebelum keberangkatan, harap pastikan bahwa kamu telah membaca surat penawaran serta pedoman kedatangan untuk pemeriksaan, agar dapat sepenuhnya memahami dan mematuhi persyaratan.

Lengkapi juga semua dokumentasi kamu sebelum berangkat, seperti paspor, sertifikat kesehatan, surat persetujuan student pass, visa, dan sebagainya. Untuk memenuhi ijin imigrasi, paspor kamu harus masih berlaku setidaknya selama 13 bulan pada saat keberangkatan.

Syarat Lain yang Berlaku

Kamu harus melakukan pemeriksaan kesehatan di Klinik yang ditunjuk EMGS dalam waktu 7 hari setelah kedatanganmu di Malaysia.

Silakan temui staf di Kantor Internasional yang akan menginformasikan kemana kamu harus pergi untuk pemeriksaan medis.

Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, kamu perlu menyerahkan paspor dan slip check-up medis kepada staf universitas di kantor internasional.

Kemudian, pihak kampus akan menunggu hasil medis kamu, biasanya sekitar 4-5 hari, sebelum mereka menyerahkan paspor kamu untuk pengesahan jangka panjang visa pelajar selama masa studi kamu di APU, maksimum 1 tahun dan tergantung pada durasi kursus.


Sharing is Caring!

|

Promo

Online Class Private for Preparation Class IELTS or TOEFL

Chat with us: