User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat Masuk Kuliah di Australian National University

Salah satu universitas ternama dunia yang banyak diminati pelamar internasional adalah Australian National University (ANU). Universitas ini merupakan universitas penelitian negeri terbaik dunia yang berlokasi di Canberra, Australia. Dengan dukungan tim staf pengajar yang terdiri dari para peneliti aktif dan para ahli di bidangnya masing-masing, ANU banyak diminati pelamar internasional, baik untuk program sarjana maupun pascasarjana dengan sederet persyaratan masuk.

Sejumlah persyaratan masuk yang berlaku untuk masing-masing jurusan atau program studi di beragam jenjang yang ditawarkan Australian National University akan diuraikan berikut ini, seperti dimuat dalam laman resmi universitas, www.anu.edu.au.

 

Persyaratan Masuk

Cari tahu tentang persyaratan masuk untuk pelamar internasional.

Persyaratan masuk minimum program sarjana

  • Untuk diterima di program sarjana, pelamar harus memenuhi persyaratan akademik minimum Universitas, yaitu telah lulus studi sekolah menengah atas (SMA), atau telah menyelesaikan 1 (satu) tahun program gelar Sarjana Australia atau kualifikasi lain yang diterima oleh ANU, atau yang setara dengan gelar Sarjana Australia, sesuai Kerangka Kualifikasi Australia.
  • Pastikan pelamar telah memeriksa Persyaratan Masuk Akademik Internasional untuk program pilihannya. Beberapa program memiliki persyaratan masuk tambahan seperti prasyarat atau portofolio.
  • Pelamar harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris Universitas untuk dinilai.

Persyaratan masuk minimum program pascasarjana

  • Untuk diterima di program pascasarjana, pelamar harus sudah memiliki atau akan menyelesaikan gelar Sarjana Australia atau kualifikasi lain yang diterima oleh ANU, yang sebanding dengan Gelar Sarjana Australia, sesuai Kerangka Kualifikasi Australia.
  • Beberapa program mungkin memiliki persyaratan khusus. Pelamar dapat memeriksa persyaratan untuk program pilihannya, termasuk prasyarat, persyaratan serumpun, dan pengalaman kerja melalui situs web Program & Kursus.
  • Pelamar harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris Universitas untuk dinilai.

 

Baca juga:

 

Persyaratan Bahasa Inggris

Semua pelamar, baik domestik maupun internasional, harus memberikan bukti bahwa kemampuan berbahasa Inggris mereka memenuhi persyaratan minimum untuk masuk.

Berikut kualifikasi tes kemampuan berbahasa Inggris yang disyaratkan:

  • IELTS: skor total minimum 6.5 untuk program sarjana dan pascasarjana.
  • TOEFL IBT: skor minimum 80 untuk program sarjana dan pascasarjana.

 

Persyaratan Dokumen

Ketika para pelamar mendaftar ke ANU, mereka harus siap untuk memberikan dokumen khusus yang diperlukan untuk penilaian aplikasi.

Berikut daftar dokumen yang perlu diajukan:

  • Bukti bahwa pelamar telah memenuhi persyaratan Bahasa Inggris minimum Universitas.
  • Catatan akademik pelamar, termasuk skala penilaian.
  • Jika pelamar mendaftar untuk program sarjana, ia harus memberikan transkrip akademik yang menunjukkan bahwa dirinya telah menyelesaikan studi menengah.
  • Jika pelamar mendaftar untuk program pascasarjana, ia harus memberikan transkrip akademik terkini.
  • Dokumentasi lain yang diperlukan untuk program pilihan masing-masing pelamar. Beberapa program ANU mengharuskan pelamar untuk memenuhi persyaratan tambahan, termasuk memberikan bukti pengalaman kerja yang relevan. Pelamar dapat memeriksa apakah program pilihannya memiliki persyaratan tambahan pada Program dan Kursus.
  • Pelamar dapat memilih untuk memberikan ID resmi saat melamar (akta kelahiran, dokumen kewarganegaraan, paspor). Identitas diri resmi akan diperlukan jika aplikasi pelamar berhasil dan mendapatkan kursi kuliah di ANU.

Dokumen tidak boleh diubah dengan cara apa pun. Dokumen harus dipindai dalam warna dan tidak boleh digunakan ulang. Dokumen resmi yang diajukan harus berbahasa Inggris atau diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Setiap halaman terjemahan yang diotorisasi harus bertanda tangan penerjemah, tanggal terjemahan, dan detail akreditasi penerjemah dan cap atau stempel resmi organisasi akreditasi penerjemah. Salinan yang diterjemahkan oleh sumber lain tidak akan diterima. Dokumen yang diterjemahkan sendiri juga tidak dapat diterima.

 

Persyaratan Visa Pelajar Internasional

  • Pelamar internasional harus memastikan memegang visa saat ini yang memberikannya hak untuk belajar selama program kuliah. Biasanya visa ini adalah tipe visa pelajar subkelas 500.
  • Pelamar harus mengajukan permohonan visa pelajar segera setelah ia menerima konfirmasi pendaftaran elektronik (eCoE).
  • Semua visa tunduk pada persyaratan dan pelamar harus memastikan diri untuk mematuhi persyaratan visa setiap saat.
  • Dokumen eCoE dikeluarkan untuk semua calon mahasiswa internasional begitu ia menerima tawaran untuk kuliah di ANU. Dokumen ini menegaskan jangka waktu program studi pelamar dan diharuskan untuk mengajukan visa pelajar.

 

Persyaratan Paspor

Pelamar juga wajib memiliki paspor yang berlaku selama masa tinggal di Australia. Jika paspor pelamar akan kedaluwarsa saat ia berada di Australia, maka ia harus memeriksa cara memperbaruinya sebelum berangkat ke ANU.

 

Kriteria Penilaian

Pihak Universitas akan menggunakan kriteria indeks prestasi kumulatif (IPK) berikut ini untuk menilai aplikasi pelamar.

 

Kriteria program sarjana:

Australian National University menggunakan kualifikasi akademis para pelamar atau urutan studi untuk memberi mereka Peringkat Seleksi ANU 99,95. Peringkat Seleksi ANU masing-masing pelamar digunakan untuk menentukan apakah ia memenuhi persyaratan minimum untuk program ANU pilihan.

Jika hasil akhir tersedia, pelamar harus mendaftar menggunakan hasil tersebut. Jika pelamar menggunakan hasil prediksi untuk mendukung aplikasinya, hasil prediksi tersebut harus menggunakan kop surat sekolah resmi dan dalam format yang sama dengan hasil akhir, yang mencakup:

  • tanggal penerbitan surat,
  • perkiraan tanggal kelulusan,
  • tanggal yang diharapkan untuk merilis hasil resmi,
  • hasil prediksi untuk setiap mata pelajaran, dan
  • ditandatangani oleh kepala sekolah, pelamar, atau yang setara.

Hasil prediksi pelamar harus dikeluarkan segera mungkin dengan saat mengajukan aplikasi dan, jika mungkin sertakan laporan sekolah terkini yang merinci hasil akademik pelamar.

 

Baca juga:

 

Kriteria program pascasarjana:

Australian National University menggunakan skala Grade Point Average (GPA) 7. Semua kualifikasi yang diajukan untuk masuk di ANU dikonversi ke skala umum ini. Nilai ini akan menentukan apakah pelamar memenuhi  persyaratan penerimaan yang dipublikasikan.

 

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat masuk kuliah di Australian National University (ANU), silakan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms