User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat Masuk Kuliah di Curtin University Australia

 syarat masuk curtin.jpg

Source: www.youtube.com

Kesempatan untuk dapat kuliah di luar negeri seperti di Australia tentu bisa menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan. Salah satunya, jika Anda meminati Curtin University—universitas terkemuka dunia yang berada di peringkat 1% teratas dan peringkat ke-20 untuk universitas di bawah usia 50 tahun, seperti dimuat dalam QS World University Rankings 2019.

Untuk dapat belajar di Curtin University, siswa harus memenuhi standar penerimaan universitas, salah satunya, persyaratan akademis yang ditetapkan untuk program sarjana maupun pascasarjana. Para siswa domestik maupun internasional yang ingin melamar di salah satu program sarjana atau pascasarjana tersebut dapat merujuk ke kriteria penerimaan mereka sebelum menyelesaikan aplikasinya, seperti dimuat dalam www.curtin.edu.au.

 


Baca juga: Atur Biaya kuliah di Luar Negeri Anak dengan Tepat Sejak Dini


Persyaratan Masuk

Apakah Anda termasuk siswa pelamar yang belajar di sekolah menengah luar negeri? Silakan lihat daftar sekolah menengah atas luar negeri dengan kualifikasi yang diakui oleh Curtin University. Jika kualifikasi siswa tidak terdaftar tetapi telah berhasil menyelesaikan studi penuh waktu minimal satu tahun dalam gelar sarjana di lembaga tersier luar negeri yang diakui, maka siswa pelamar mungkin masih memenuhi syarat untuk masuk. Ingat, mereka yang memenuhi kriteria penerimaan minimum tidak menjamin masuk ke program Curtin. Aplikasi akan dinilai berdasarkan kasus per kasus terhadap kriteria yang ditetapkan oleh Curtin University.

Para siswa/mahasiswa pelamar sangat dianjurkan untuk menyerahkan transkrip akademis terakhir, ijazah penilaian dan sertifikat penghargaan gelar (jika berlaku) dengan aplikasi untuk masuk ke program studi yang diminati sehingga kualifikasi luar negeri mereka dan aplikasi untuk masuk ke program kuliah dapat dinilai pada saat yang sama.

Khusus bagi para siswa/mahasiswa pelamar internasional, silakan menghubungi Curtin International. Kualifikasi mereka akan dinilai sesegera mungkin.

Kriteria Penerimaan Program Sarjana

Jika siswa ingin mendaftar untuk program sarjana, ia harus memenuhi persyaratan masuk akademis dan persyaratan kompetensi berbahasa Inggris. Siswa juga harus memenuhi prasyarat kuliah tertentu. Siswa dapat mendaftar ke Curtin University sebelum mengikuti ujian SMA.

 


Baca juga: Cara Mendaftar Kuliah di Curtin University Australia


Siswa pelamar harus memenuhi kriteria berikut ini untuk memenuhi syarat salah satu program sarjana di Curtin University:

Kriteria penerimaan umum:

  • Skor ATAR minimal 70 atau setara
  • Kemahiran berbahasa Inggris

Kriteria khusus program kuliah:

  • Beberapa kursus membutuhkan skor ATAR di atas 70
  • Prasyarat dan persyaratan penting lainnya untuk program kuliah tertentu

Persyaratan masuk akademis menurut negara

Setiap negara memiliki sistem dan pengujian pendidikannya sendiri. Bagi siswa pelamar yang berasal dari Indonesia, berikut ini diuraikan sejumlah persyaratan masuk akademis minimum.

Berhasil menyelesaikan ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menyertakan sertifikat kelulusan dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 8,0 dan total nilai keseluruhan 8,0 dari Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) (Sertifikat Wisuda) dengan bukti terpisah yang menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris yang diperlukan atau penyelesaian satu atau dua tahun gelar sarjana di lembaga yang diakui dengan kompetensi bahasa Inggris.


Baca juga: Ayo, Kuliah Bisnis di Curtin University Malaysia


Persyaratan minimum kemahiran Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris

Skor

IELTS

Listening, Reading, Writing and Speaking

Total skor untuk setiap kemahiran

6.0

6.5

6.0 (minimum)

GCSE/GCE O-Level English/English Language/English Literature/General Paper/ESL

Grade C (minimum)

GCE Advanced Subsidiary Level English/English Language/English Literature/General Paper/ESL

Grade C (minimum)

GCE A-level English/English Language/English Literature/General Paper/ESL

Grade C (minimum)

SPM 1119 English

Grade C6 (minimum)

TOEFL

Reading

Listening

Speaking

Writing

79 (total)

13

13

18

21

PTE-A

Listening, Reading, Writing, and Speaking

58 (total)

50

 


Baca juga: Biaya Kuliah di Curtin University Singapore



Kriteria Penerimaan Program Pascasarjana

Jika mahasiswa tertarik pada program pascasarjana, ia harus telah menyelesaikan gelar dari universitas yang diakui dan menunjukkan kemahiran dalam Bahasa Inggris. Mahasiswa pelamar juga diharuskan untuk memenuhi persyaratan program kuliah tertentu.

Beberapa program kuliah mungkin memiliki persyaratan masuk tambahan, seperti wawancara, memberikan portofolio, memiliki izin polisi, memegang sertifikat pertolongan pertama, atau mendapatkan pemeriksaan bekerja dengan anak.

Jika mahasiswa pelamar tidak memenuhi persyaratan masuk minimum Curtin untuk program studi yang diminatinya, pertimbangkan untuk mengambil program studi dengan Curtin English atau Curtin College untuk membantu mendapatkan prasyarat yang dibutuhkan.

Mahasiswa pelamar harus memenuhi kriteria berikut ini untuk memenuhi syarat salah satu program pascasarjana di Curtin University:

  1. Menyelesaikan gelar sarjana yang diberikan oleh perguruan tinggi yang diakui. Beberapa program pascasarjana mungkin memerlukan gelar sarjana yang lengkap di bidang yang relevan. Harap diperhatikan hal-hal berikut:
  • Beberapa program sertifikat pascasarjana dapat mempertimbangkan pelamar dengan tingkat pengalaman kerja signifikan yang sesuai dengan bidang studi. Silakan merujuk ke kriteria penerimaan kuliah khusus untuk melihat apakah ini merupakan opsi masuk untuk program studi pelamar.
  • Jika pelamar telah menyelesaikan gelar sarjana yang diberikan oleh lembaga pendidikan tinggi di luar negeri, Curtin akan menilai kualifikasi mereka untuk memastikan bahwa itu sebanding dengan tingkat sarjana Australia.
  1. Kemahiran berbahasa Inggris
  2. Beberapa program pascasarjana mungkin memiliki kriteria penerimaan tambahan seperti pengalaman kerja yang relevan.


Baca juga: Akomodasi Kuliah di Curtin University Australia


Persyaratan minimum kemahiran Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris

Skor

IELTS

Listening, Reading, Writing, and Speaking

6.0

6.5

TOEFL

Reading

Listening

Speaking

Writing

79 (total)

13

13

18

21

PTE-A

Listening, Reading, Writing, and Speaking

50

60

Cambridge Certificate in Advanced English (CAE)

Listening, Reading, Writing and Speaking

169

176

English Language Bridging (ELB)

Grade B (minimum)

 

Persyaratan minimum kemahiran Bahasa Inggris untuk program pascasarjana dengan riset

Tes Bahasa Inggris

Skor

IELTS

 

Writing and speaking

Reading and listening

Total

6.0

6.0

6.5

TOEFL

 

Reading

Listening

Speaking

Writing

79 (total)

13

13

18

21

PTE Academic

58 (beberapa program studi mensyaratkan skor yang lebih tinggi)

CAE

Grade C (minimum)

 

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat masuk kuliah di Curtin University Australia, silakan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms