User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat Masuk Kuliah di Curtin University Malaysia

Syarat Masuk Curtin University, Malaysia Yang Harus Kamu Tahu

Curtin University menjadi salah satu tujuan utama untuk mereka yang ingin belajar di Malaysia. Akomodasi Kuliah di Curtin University, Malaysia yang lengkap menjadi salah satu alasannya. Kalau kamu ingin masuk kampus ini juga, ada persyaratan masuk yang harus kamu ketahui.

 

Program Sarjana

Berikut ini syarat-syarat masuk kuliah di Curtin University Malaysia untuk kamu yang ingin mengambil jurusan dengan tingkat S1.

 Kualifikasi

Persyaratan Minimum

STPM (Setara Sekolah Menengah Umum/Atas di Indonesia) 

Kamu harus memenuhi syarat kelulusan dengan penilaian sistem Malaysia. Untuk STPM ini, kamu harus memperoleh nilai 5 untuk minimal 2 subyek pelajaran, tetapi tidak lebih dari 3 subyek pelajaran. Lalu, kamu juga harus lulus persyaratan Bahasa Inggris.

A Level (Subyek lanjutan yang berhubungan dengan jurusan yang akan kamu ambil)

Sama seperti persyaratan SMTP, untuk subyek yang berhubungan, kamu juga harus mendapatkan nilai maksimum, yaitu 5, untuk 2 hingga 3 subyek. Atau, 5 poin dari 2 subyek yang berhubungan dan 2 subyek pendukung (Advanced Subsidiary Levels). Ditambah juga perysaratan Bahasa Inggris sama seperti pada persyaratan diatas.

UEC (Unified Examination Certificate)

Kamu mungkin tidak perlu mengambil ini, karena ini khusus untuk siswa Malaysia. Tapi, bila kamu pindah ke Malaysia dan belajar di SMP/SMU disana, sebelum masuk Curtin University, kamu mungkin perlu mengambil ujian ini, dan mendapatkan nilai 15 untuk 5 mata pelajaran.

Foundation (Program awal sarjana – setara D1, D2, dan D3)

Lulus program Foundation yang berhubungan dengan jurusan yang akan kamu ambil. Kamu juga bisa mengambil program Foundation ini di Curtin University.

Diploma (Gelar D1, D2, D3)

Lulus program diploma dengan IPK minimal 2.0

Untuk jurusan Perdagangan dengan program Akunting, IPK minimalnya adalah 2.5

Matrikulasi

Kamu juga bisa mendaftar pada program sarjana di Curtin University, Malaysia, setelah memasuki universitas di Indonesia. Syaratnya adalah IPK kamu minimal harus 2.5

Selain beberapa persyaratan diatas, kamu juga harus mengurus beberapa dokumen untuk mulai belajar di kampus ini. Misalnya, dokumen imigrasi untuk ijin tinggal di Malaysia. Hal ini juga menjadi salah satu syarat penting untuk menggunakan Akomodasi dari Curtin University, Malaysia. 

 

Program Pasca Sarjana

Curtin University di Malaysia juga menyediakan program pasca sarjana yang bisa kamu ambil. Terdapat beberapa jurusan dan gelar yang tersedia. Namun, sebelum kamu memilih, kamu harus tahu persyaratan utama untuk masuk dalam program pasca sarjana. Berikut ini persyaratan yang harus kamu penuhi:

  • Lulus dan mendapatkan gelar setara S1 dari universitas yang diakui oleh Curtin University. Beberapa program pasca sarjana di kampus ini juga membutuhkan kamu untuk memenuhi pra-syarat untuk bidang ilmu tertentu.
  • Karena semua program di Curtin University, Malaysia diajarkan menggunakan Bahasa Inggris, kamu juga harus memenuhi persyaratan kemampuan berbahasa Inggris dari kampus ini. Berikut ini nilai yang harus kamu dapatkan dari dua tes utama kemampuan berbahasa Inggris, yaitu IELTS dan TOEFL.

Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Nilai

IELTS

Writing and Speaking (Menulis dan Berbicara) – 6.0

Reading dan Listening (Membaca dan Mendengar) – 6.0

Nilai total – 6.5

TOEFL

Writing (Menulis) – 21

Listening (Mendengar) – 13

Reading (Membaca) – 13

Speaking (Berbicara) - 18

Nilai Total - 79

  • Untuk kamu yang mendaftar program Master of Philosophy, kamu harus lulus program S1 dengan tingkat satu atau dua Honours atau yang setara, S1 dengan nilai terbaik, ditambah dengan pengalaman bekerja.
  • Untuk gelar Doctor of Philosophy (S3), kamu harus lulus dan menyelesaikan gelar S2 atau program bertipe Honours dengan kelas pertama atau kedua. Kamu juga harus membuktikan bila kamu dapat memberikan performa belajar terbaik, memiliki pengalaman kerja dan terlibat peneilitian subyek tertentu, dan memiliki kapasitas untuk memulai penelitian kamu sendiri.
  • Untuk program pasca sarjana dengan tipe penelitian, kamu bisa mendaftar setiap saat sepanjang tahun. Namun, kamu harus berkonsultasi dengan Dekan fakultas yang kamu pilih di Curtin University. Dan juga melihat apakah Akomodasi dari Curtin University, Malaysia dapat memfasilitasi penelitian yang akan kamu lakukan.

 

Baca juga: Jadwal Masuk (Intake) Kuliah di Curtin University, Malaysia

 

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat masuk kuliah yang penting, bila kamu ingin mendaftar dan diterima di Curtin University yang terletak di Serawak, Malaysia. Beberapa diantaranya mungkin sulit untuk dipenuhi, khususnya untuk mahasiswa internasional. Namun, ada banyak cara dan tes penyetaraan yang bisa kamu ambil untuk dapat memenuhi syarat yang diperlukan.

Satu hal yang juga perlu kamu ingat, tempat belajar ini tidak hanya memiliki jurusan terbaik dan Akomodasi dari Curtin University, Malaysia yang memuaskan. Tetapi, kampus ini memiliki reputasi baik di dunia internasional. Alumni dari kampus ini banyak yang menjadi orang sukses tingkat global. Jadi, kalau kamu bisa lulus dari sini, dijamin, masa depanmu akan lebih terang benderang.

Share Now :

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms

Promo

ICAN - General English

Chat with us: