User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat Masuk Kuliah di Monash University Australia

Syarat Masuk Kuliah di Monash University Australia.jpg

Source: www.ican-education.com 

Salah satu universitas ternama dunia yang banyak diminati siswa internasional adalah Monash University. Universitas yang berbasis di Australia ini didirikan pada 1958 dan termasuk ke dalam anggota Group of Eight dengan sederet peringkat dunia. Tak heran, banyak siswa peminat yang ingin mengetahui apa saja syarat masuk yang dibutuhkan untuk menempuh kuliah.

Sejumlah persyaratan berlaku untuk masing-masing program studi di beragam jenjang yang ditawarkan Monash University Australia, seperti dimuat dalam www.monash.edu/study/courses/entry-requirements. Sebelum siswa/mahasiswa peminat mendaftar ke Monash University, pastikan telah memenuhi persyaratan yang berlaku.

 


Baca juga: Akomodasi Kuliah di Monash University Australia


Persyaratan Usia

Pada saat mendaftar di program studi pilihan di Monash University, siswa peminat harus berusia minimal 17 tahun, meskipun ada beberapa pengecualian. Salah satu dari dua kriteria pengecualian persyaratan usia masuk tersebut adalah:

  1. 1. Siswa akan berusia 16 tahun pada saat mendaftar di universitas dan telah memiliki:
  • VCE ATAR dengan peringkat 95 atau lebih tinggi atau setara dalam kualifikasi lain yang diakui oleh Monash University, atau
  • persetujuan Dekan fakultas.
  1. 2. Siswa akan berusia di bawah 16 tahun pada saat pendaftaran, tetapi siswa memiliki kedua hal berikut:
  • VCE ATAR dengan peringkat 95 atau lebih tinggi atau setara dalam kualifikasi lain yang diakui oleh Monash University, dan
  • persetujuan Dekan fakultas.

Jika siswa tidak memenuhi kriteria di atas, fakultas dapat menawarkan tempat yang ditangguhkan, yang dapat diambil saat memenuhi persyaratan usia.

 


Baca juga: Jadwal Masuk Kuliah di Monash University Australia


Persyaratan Masuk Akademis, Prasyarat, dan Tambahan

Siswa peminat harus memastikan bahwa dirinya memenuhi persyaratan akademis, prasyarat, dan tambahan untuk program studi yang dipilih. Silakan membuka halaman program kursus yang dipilih untuk melihat rincian persyaratan.

Jika seorang mahasiswa internasional bergelar sarjana ingin melanjutkan studi di Monash University, silakan membuka halaman kursus yang dipilih atau gunakan kredit studi dan pencarian penerimaan kelayakan.

Untuk persyaratan masuk program pascasarjana internasional, mahasiswa peminat dapat merujuk ke halaman program studi yang dipilih.

 


Baca juga: Fasilitas Kuliah di Monash University Australia


Persyaratan Bahasa Inggris

Untuk dapat kuliah di program sarjana atau pascasarjana Monash University, siswa/mahasiswa peminat harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris universitas. Beberapa mata kuliah memiliki persyaratan Bahasa Inggris yang lebih tinggi dibandingkan yang lain.

Monash University menilai kemahiran siswa/mahasiswa peminat menggunakan tes Bahasa Inggris terbaru yang dimilikinya. Bahkan, jika siswa/mahasiswa peminat telah melakukan beberapa tes atau penilaian selama bertahun-tahun, pihak universitas hanya mempertimbangkan hasil yang terakhir.

Jika siswa/mahasiswa peminat belum memenuhi persyaratan Bahasa Inggris dari studi sebelumnya, mereka dapat melakukan tes kemahiran berbahasa Inggris untuk dapat memasuki program studi pilihan. Universitas berhak untuk mewajibkan peminat menjalani tes kemahiran berbahasa Inggris.

Jika hasil tes tersebut tidak memenuhi persyaratan Bahasa Inggris dalam program studi pilihan, Pusat Bahasa Inggris Monash University akan menawarkan Program Bahasa Inggris yang memberikan peluang terbaik untuk beralih ke universitas.

Peminat harus mencapai nilai minimum yang ditunjukkan untuk salah satu tes Bahasa Inggris yang tertera dalam tabel berikut, seperti dimuat dalam www.monash.edu/admissions/english-language-requirements.

Test

Minimum overall score

Minimum band score

IELTS Academic

6.5

Reading: 6.0

Listening: 6.0

Writing: 6.0

Speaking: 6.0

TOEFL paper-based

550

Test of written English: 4.5

TOEFL internet

79

Reading: 13

Listening: 12

Writing: 21

Speaking: 18

Pearson Test of English (Academic)

58

No PTE communicative skills score below 50

Cambridge English: Advanced (CAE)

176

No skill score below 169

Cambridge English: Proficiency (CPE)

176

No skill score below 169

 


Baca juga: Daftar Jurusan Kuliah di Monash University Australia  


Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat masuk kuliah di Monash University Australia, silakan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms