User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Share Now :

Syarat Masuk Kuliah di Swinburne University Malaysia

Syarat Masuk untuk Pendaftaran Kuliah di Swinburne University Malaysia

Tertarik ingin melanjutkan kuliah di Malaysia? Kalau iya, kamu bisa mendaftarkan diri di Swinburne University of Technology di Sarawak. Meskipun masih berada di wilayah negara tetangga, Swinburne University Malaysia menawarkan peluang untuk mendapatkan pendidikan tinggi berkualitas ala pendidikan barat, lho!

Kok bisa? Tentu saja bisa, karena Swinburne University di Malaysia merupakan kampus yang didirikan sebagai wujud kerja sama antara Pemerintah Negara Bagian Sarawak dan Swinburne University of Technology Melbourne, Australia.

Dengan lokasi yang lebih dekat, biaya hidup yang lebih terjangkau, dan lingkungan yang terasa lebih familiar, kamu tetap bisa menikmati segala fasilitas dan akomodasi pendidikan berkualitas internasional di Swinburne University Malaysia. Menarik, kan?

Bagaimana cara pendaftaran dan apa saja syarat masuknya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

 

Standar Minimal Bahasa Inggris dan Nilai Akademik

Salah satu syarat masuk kuliah di Swinburne University yang harus kamu penuhi adalah skor minimal kemampuan bahasa Inggris serta nilai ujian akhir nasional (UAN) yang kamu miliki. Standar nilai UAN yang telah ditetapkan oleh Swinburne University Kampus Sarawak adalah sebagai berikut.

Program

Jurusan Bisnis Lainnya

Akuntansi dan Keuangan

Desain

Teknik

Teknologi Informasi & Komunikasi

Ilmu Komputer

Bioteknologi

Nilai UAN SMA

74%

74%

74%

74%

74%

74%

74%

 

Sebagai salah satu syarat masuk untuk jenjang sarjana, skor minimal kemampuan bahasa Inggris yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut:

Tingkat Studi

Skor Minimal (semua program studi, kecuali Akuntansi & Keuangan)

Skor Minimal (program studi Akuntansi & Keuangan)

IELTS

6.0 dan tidak ada skor individual band yang ada di bawah 6.0.

6.0 dan tidak ada skor individual band yang ada di bawah 6.0.

TOEFL (berbasis internet)

75 (skor Reading minimal 18, dan skor Writing minimal 20).

75 (skor Reading minimal 18, dan skor Writing minimal 20).

 

Instruksi Pendaftaran

Swinburne University Kampus Sarawak juga berpartisipasi di dalam acara-acara pameran pendidikan di luar Malaysia. Dalam kesempatan ini, kamu bisa bertanya-tanya dan berdiskusi dengan staf pembimbing soal program studi, akomodasi di Swinburne University Malaysia, hingga berkuliah di Malaysia secara umum.

 

Secara garis besar, proses pendaftaran di Swinburne University of Technology Kampus Sarawak, Malaysia adalah seperti ini.

1. Pilih program studi yang cocok dengan minat atau bidang karir yang diinginkan.

Di Swinburne University, kamu bisa pilih program studi Bisnis, Desain, Teknik, Sains, Ilmu Komputer, dan Sastra Inggris. Terlepas dari apa program studi pilihanmu, Swinburne University berkomitmen untuk selalu memberikan fasilitas terbaik dengan kualitas internasional dengan metode pembelajaran yang melibatkan industri dunia nyata untuk mempersiapkanmu menjadi SDM unggul di dunia kerja nanti.

 

2. Isi formulir pendaftaran, secara online maupun tertulis (manual/offline).

Untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di Swinburne University Malaysia, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online lewat website resmi milik kampus. Nanti, kamu cukup isi data diri, informasi penting tentang dirimu, program studi yang diminati, dan melampirkan berbagai dokumen pendukung yang penting.

Setelah mengisi semua informasi yang ditanyakan, pastikan kamu melakukan pengecekan ulang, ya! Tujuannya adalah agar tidak ada kesalahan pengetikan alias typo di dalam formulir aplikasimu. Contohnya nama SMA, tahun lulus, nama, dan sebagainya.

Selain pendaftaran online, kamu juga bisa mencetak formulir pendaftaran yang bisa kamu download juga dari situs resmi Swinburne University Kampus Sarawak, Malaysia. Siapkan juga salinan dokumen penting untuk pendaftaran sebelum mengirimkannya ke alamat Kampus Sarawak.

 

Baca juga: Cara Mendaftar Kuliah di Swinburne University, Malaysia

 

3. Dokumen-dokumen penting yang harus dilampirkan.

Baik untuk pendaftaran online maupun offline, dokumen-dokumen penting dan relevan yang melengkapi pendaftaran dan harus kamu lampirkan adalah sebagai berikut:

  • Bukti kemampuan berbahasa Inggris, berupa salinan atau fotokopi sertifikat atau hasil skor IELTS maupun TOEFL.
  • Salinan nilai ujian akhir nasional yang sudah dilegalisir.
  • Dokumen-dokumen pendukung yang relevan lainnya, seperti surat rekomendasi dari sekolah dan salinan paspor yang masih berlaku (masa berlaku paspor yang masih tersisa adalah maksimal 18 bulan).

Untuk menunjang kelengkapan dokumen, sebaiknya kamu juga siapkan seluruh dokumen pendukung penting yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, ya.

 

4. Untuk pendaftaran secara offline, kirimkan formulir aplikasi dan semua dokumen pendukung.

Kamu bisa gunakan layanan pos internasional untuk mengirimkan formulir aplikasi dan seluruh dokumen pendukung yang diminta, atau membawa dokumen pendaftaranmu secara langsung ke Swinburne University of Technology Kampus Sarawak. Dokumen harus sudah sampai setidaknya 8 (delapan) minggu sebelum masa kuliah dimulai, ya!

 

5. Menerima surat penawaran lewat email.

Setelah aplikasimu diproses, pihak Swinburne University melalui Marketing and Student Recruitment Division akan menghubungimu lewat email.

Nah, itulah panduan ringkas tentang syarat masuk kuliah dan instruksi pendaftaran untuk kamu yang tertarik kuliah di Malaysia, terutama di Swinburne University of Technology Kampus Sarawak. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms
Chat with us: