User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Syarat Masuk Kuliah di The University of Sydney Australia

The University of Sydney merupakan universitas peringkat pertama di Australia yang didirikan atas dasar prinsip kesetaraan potensi setiap orang melalui kesempatan pendidikan. Selain menjadi universitas terdepan di Australia, The University of Sydney juga secara konsisten menempati deretan 50 besar universitas terbaik di dunia. Universitas ini menawarkan pilihan disiplin ilmu terluas di Australia. Sementara penelitiannya berfokus pada solusi untuk menjawab tantangan terbesar publik.

Dengan kapasitas Universitas yang terdiri dari sekitar 50.000 mahasiswa, 3.400 staf akademik, dan 320.000 alumni, The University of Sydney menjadi sebuah komunitas besar yang menawarkan 400 program studi pilihan dengan sederet persyaratan masuk.

Berikut beberapa syarat masuk kuliah di The University of Sydney, Australia, seperti dimuat dalam laman resmi universitas, www.sydney.edu.au.

 

Syarat Masuk Kuliah Program Sarjana

Sebelum melamar, silakan memeriksa kualifikasi diri—apakah sesuai dengan kualifikasi yang diakui The University of Sydney untuk memastikan diri memenuhi syarat masuk program kuliah Universitas.

Ada sejumlah persyaratan akademik minimum untuk kelayakan para pelamar program gelar sarjana. Mereka diwajibkan untuk memenuhi salah satu kualifikasi pendidikan menengah (sekolah menengah) berikut ini dengan skor tertentu:

  • kualifikasi sekolah menengah atas yang diterima,
  • setidaknya menyelesaikan satu tahun studi tersier dalam program gelar sarjana di institusi tersier yang diakui,
  • kualifikasi tersier setara yang diterima oleh Universitas,
  • program dasar universitas yang diakui.

Untuk beberapa program, termasuk Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pendidikan, Musik, Kesehatan Mulut, Seni Visual, dan Kedokteran Hewan, terdapat  syarat masuk tambahan, seperti wawancara, audisi, portofolio, atau kinerja. Jika kualifikasi para pelamar tidak diakui, mereka dapat menyelesaikan program persiapan yang disediakan Universitas.

Silakan mengunjungi halaman situs web Universitas untuk detail program khusus (termasuk prasayarat dan pengetahuan yang diasumsikan). Jika mahasiswa tidak memenuhi pengetahuan yang diasumsikan, Universitas merekomendasikan mereka melakukan kuliah matrikulasi atau penyetaraan yang sesuai, sebelum mereka memulai program perkuliahannya.

 

Baca juga: Akomodasi Kuliah di The University of Sydney, Australia

 

Syarat Masuk Kuliah Program Pascasarjana Berbasis Kuliah

Kriteria penerimaan dapat mencakup kualifikasi akademik yang dapat diterima, biasanya setara dengan program gelar sarjana Australia, dan sesuai dengan kriteria khusus untuk suatu program.

 

Syarat Masuk Kuliah Program Pascasarjana Berbasis Penelitian

Secara umum, untuk memenuhi syarat masuk kuliah ke program gelar pascasarjana berbasis penelitian, calon mahasiswa perlu untuk menunjukkan pengalaman dan kemampuan penelitian sebelumnya yang cukup, seperti:

  • gelar sarjana dengan kehormatan kelas dua pertama atau atas, atau
  • gelar master dilakukan pada standar akademik yang tinggi, dan yang termasuk komponen penting dari penelitian asli, atau
  • kualifikasi setara yang menunjukkan pengalaman, keunggulan, dan kemampuan penelitian.

 

Kriteria Penerimaan Umum

Setiap program memiliki serangkaian persyaratan yang harus dipenuhi. Ini dicantumkan pada halaman informasi masing-masing program studi, termasuk beberapa hal berikut.

  • Kualifikasi yang diperlukan seperti penyelesaian sekolah menengah (misalnya, International Baccalaureate), diploma, kuliah matrikulasi atau penyetaraan, atau penyelesaian program tersier (perguruan tinggi atau universitas). Periksa halaman Universitas untuk kualifikasi yang diakui yang dapat diterima dari negara di seluruh dunia.

Universitas menyediakan program matrikulasi atau penyetaraan untuk mata kuliah dasar seperti Matematika, Biologi, Statistik, Kimia, dan Fisika bagi mahasiswa program sarjana. Setiap program tersebut diadakan dalam bentuk lokakarya yang berlangsung selama beberapa hari dan memperkenalkan dasar-dasar subjek yang kompleks. Program matrikulasi ini bertujuan untuk mempercepat proses pembelajaran mahasiswa yang memerlukannya.

  • Universitas menerima lulusan program yayasan dari universitas-universitas di Australia dan Selandia Baru dan beberapa program luar negeri untuk masuk. Lebih dari 80 persen mahasiswa yang menyelesaikan Program Persiapan The University of Sydney (USPP) berasal dari Program Yayasan The University of Sydney (USFP) dan Program Persiapan Berprestasi Tinggi (HAPP), yang kemudian diterima di salah satu program sarjana Universitas.
  • Pengetahuan yang diasumsikan, di mana Universitas menganggap calon mahasiswa atau pelamar telah mencapai tingkat pengetahuan tertentu atau telah lulus subjek yang relevan di Kelas 12 SMA Australia atau setara.
  • Prasyarat, termasuk prasyarat bidang studi matematika. Beberapa program kuliah memiliki prasyarat bidang studi matematika untuk membantu mahasiswa berkembang dalam bidang sains, teknologi, teknik dan matematika, perdagangan dan ekonomi, serta kedokteran dan kesehatan.
  • Persyaratan Bahasa Inggris

Jika Bahasa Inggris bukan bahasa pertama pelamar atau jika ia belum menyelesaikan studi pendidikan menengah atau tinggi dalam Bahasa Inggris, ia mungkin harus memenuhi persyaratan Bahasa Inggris yang ditetapkan Universitas.

Untuk kemahiran dengan sertifikasi IELTS, pelamar program sarjana setidaknya harus memiliki nilai minimum IELTS 6.5. Sementara, untuk nilai TOEFL IBT setidaknya pelamar program sarjana harus memiliki nilai minimum 85.

Jika pelamar tidak memenuhi persyaratan ini, ia mungkin masih dapat mendaftar untuk program kuliahnya dan menyelesaikan kuliah Bahasa Inggris melalui Centre for English Teaching.

  • Kriteria penerimaan tambahan. Untuk beberapa program kuliah, seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pendidikan, Musik, Kesehatan Mulut, Seni Visual dan Kedokteran Hewan, ada sejumlah kriteria penerimaan tambahan, seperti audisi, wawancara, portofolio, atau pernyataan pribadi.

 

Baca juga:

 

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang syarat masuk kuliah di The University of Sydney, Australia, silakan menghubungi tim konsultan pendidikan resmi kami yang tertera di halaman situs web ini, atau dengan menghubungi langsung informasi kontak di bawah ini:

  • Head Office Gading Serpong, Tangerang: 021-54210200
  • Branch Office Pluit Village Mall, Jakarta Utara: 021-66670204
  • Branch Office Taman Palem Lestari, Jakarta Barat: 021-22553272
  • Branch Office Ruko Kebayoran Arcade Bintaro, Tangerang Selatan: 021-29511824
  • Branch Office Jl. Bougenville, Karanggayam, Sleman, Yogyakarta: 0274-5016618

Atau akun media sosial resmi sekolah berikut ini:

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms