User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Jika anda memiliki keinginan untuk kuliah ke Amerika, mungkin anda familiar atau pernah mendengar istilah ivy league. Apa sih sebenarnya ivy league itu? Universitas mana saja yang termasuk dalam kelompok ivy league? Apa perbedaan ivy league dengan universitas lainnya? Apakah ada keuntungan jika anda kuliah di kampus yang termasuk dalam kelompok ivy league? Apa persyaratan sebuan universitas bisa bergabung dalam kelompok ivy league? Dimana saja lokasi kampus ivy league? Semua pertanyaan itu akan saya bahas dalam tulisan kali ini. Dalam tulisan ini saya akan membahas ivy league secara umum. Jika anda ingin mengetahui informasi detil setiap kampus saya sarankan untuk mengunjungi website kampus tersebut.

 

Ivy league adalah sebuah asosiasi yang berisikan 8 universitas yang terletak di Amerika Utara. Ivy league merupakan sebuah istilah yang berarti kesempurnaan dan elitisme dalam akademik. Selain menggunakan istilah ivy league, kedelapan universitas yang termasuk dalam anggota ivy league juga dikenal dengan istilah ancient eight atau delapan sekolah lama atau tua.Seluruh anggotanya mempunyai ciri-ciri yang umum: mereka adalah universitas-universitas yang paling prestisius di Amerika dan hampir selalu berada di peringkat teratas dalam daftar universitas top Amerika dan dunia; mereka juga adalah bagian dari universitas-universitas dengan pendapatan keuangan terbesar di dunia. Dari universitas-universitas inilah hampir 80% riset mengenai teknologi yang berkembang saat ini ditemukan dan juga banyak sekali ilmuwannya yang telah meraih penghargaan nobel di berbagai bidang ilmu pengetahuan.

 

Selain itu, jumlah mahasiswa sarjananya juga lumayan kecil di kedelapan universitas tersebut, antara 4.100 untuk Darmouth dan 13.700 untuk Cornell. Mereka semuanya berlokasi di sebelah timur laut AS dan kesemuanya didirikan pada zaman kolonial AS kecuali Cornell. Anggota Ivy League semua merupakan universitas swasta, kecuali Cornell yang adalah setengah swasta.

 

Berikut daftar anggota dari Ivy League:

  1. Universitas Brown, di Providence, Rhode Island, didirikan tahun 1764 dengan nama Rhode Island College
    Kampus Brown terletak di Providence, Rhode Island. Terkenal dengan nama tim atletiknya yang disebut The Bears. Dengan jumlah penerimaan mahasiswa 6.316 orang, kampus dengan motto In Deo Speramus (Pada Tuhan Kami Berharap) tesebut tekenal juga dikenal dengan liberal arts-nya.

  2. Universitas Columbia, di New York City, New York, didirikan tahun 1754 dengan nama King's College
    Columbia terletak di New York City, New York. Kampus dengan motto In lumine Tuo videbimus lumen (Pada cahaya kita bisa melihat cahaya) tahun ini menerima sedikitnya 7.160 mahasiswa baru, kampus yang dikenal dengan performing arts-nya tersebut memiliki tim atletik yang populer dengan sebutan The Lions.

  3. Universitas Cornell, di Ithaca, New York, didirikan tahun 1865
    Cornell merupakan satu-satunya dari ivy league yang memiliki sistem setengah universitas swasta. Selain itu, Cornell juga merupakan satu-satunya universitas dari ivy league yang berdiri setelah era kolonial Amerika. Dengan motto I would found an institution where any person can find instruction in any study, Cornell berhasil menjaring 13.931 mahasiswa baru tahun ini. Kampus yang terketak di Ithaca, New York itu memiliki tim atletik ternama, yakni The Big Red.

  4. Universitas Dartmouth, di Hanover, New Hampshire, didirikan tahun 1769
    Kampus dengan motto Vox clamantis in deserto (Suara sebuah tangisan pada keliaran) tersebut terletak di Hanover, New Hampshire, dengan tim atletik The Big Green, Dartmouth menerima 4.248 mahasiswa baru tahun ini.

  5. Universitas Harvard, di Cambridge, Massachusetts, didirikan tahun 1636 dengan nama New College
    Sebagai universitas terbaik se-dunia, kampus tesebut hanya menerima 7.181 mahasiswa dari seluruh dunia tahun ini. Universitas yang terkenal dengan Jurusan Hukum dan Liberal Arts, kampus dengan motto Veritas (Kebenaran) tersebut pun memiliki tim atletik yang sangat diperhitungkan yakni The Crimson. Kampus yang terletak di Cambridge, Massachusetts juga memiliki media massa online yang sangat aktif dengan nama The Harvard Crimson.

  6. Universitas Pennsylvania di Philadelphia, Pennsylvania, didirikan tahun 1749 dengan nama Academy of Philadelphia
    Kampus yang terketak di New Jersey tersebut dikenal dengan kampus swasta yang mahal. Meski demikian, universitas dengan motto Dei sub numine viget (Di bawah kekuatan Tuhan Dia berkembang), tetap bisa menjaring 5.113 mahasiswa tahun ini. University of Pennsylvannia juga memiliki klub atletik yang dikenal dengan nama The Tigers.

  7. Universitas Princeton, in Princeton, New Jersey, didirikan tahun 1746 dengan nama College of New Jersey
    Terletak di Philadelphia, kampus dengan tim atletik yang bernama The Quakers tersebut menerima mahasiswa baru sebanya 10.337 orang tahun ini. Dengan motto Leges sine moribus vanae (Hukum tanpa moral adalah sia-sia), kampus tersebut juga sering disebut dengan Penn.

  8. Universitas Yale, di New Haven, Connecticut, didirikan tahun 1701 dengan nama Collegiate School
    Dengan tim atletik yang bernama The Bulldogs, Yale merupakan saingan Harvard University. Yale terletak di New Haven, Connecticut dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru hanya sebanyak 5.275 orang tahun ini. Semboyan kampus tersebut yakni Lux et veritas (cahaya dan kebenaran) yang menjadikan Yale merupakan kampus terbaik di Liberal arts. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat!! dan Jangan lupa like dan share Facebook Page kami:

Facebook: ICAN Education Consultant

Twitter: @icaneducation

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms