4 Tips Menghemat Biaya Kuliah di Australia Bagi yang Tidak Menerima Beasiswa

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Siapa sih yang tidak ingin kuliah di luar negeri, semua orang pasti mengharapkan hal tersebut, mengingat banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika nantinya bisa menempuh pendidikan ke luar negeri dan lulus, mulai dari masa depan yang terjamin, begitu juga dengan jaringan pertemanan yang nantinya akan didapatkan, jauh lebih luas dibandingkan dengan sekedar kuliah di dalam negeri saja. Sehingga tidak heran jika seandainya banyak yang sudah belajar mati-matian hanya demi bisa kuliah ke luar negeri. Apalagi di beberapa universitas ternama.

Australia sendiri menjadi negara yang banyak dituju oleh anak-anak Indonesia ketika ingin belajar ke luar negeri, bukan tanpa alasan, melainkan karena memang selain cukup dekat kualitas pendidikannya juga bagus, namun sebanding dengan hal tersebut biaya kuliah di Australia juga tidak bisa dikatakan murah, itulah mengapa banyak diantaranya yang mengandalkan program beasiswa untuk bisa kuliah kesana, tentunya dengan persaingan yang terbilang begitu ketat, satu kursi beasiswa akan diperebutkan oleh ribuan orang.

Namun bagi yang tidak mendapatkan beasiswa tersebut juga tak perlu khawatir, karena tetap ada banyak sekali cara yang ditempuh untuk bisa belajar disana, namun dengan biaya yang dipangkas atau menjadi lebih minim.

Berikut ini diantara tips kuliah lebih hemat di Australia

1. Menghemat biaya makan dengan cara memasak sendiri

Apalagi jika seandainya Anda memiliki teman sekamar yang sama-sama berasal dari Indonesia, pastinya mereka memiliki selera makan yang sama bukan, karena terkadang di luar negeri sulit sekali mendapatkan makanan yang sesuai dengan lidah, apalagi untuk para muslim pastinya akan kesulitan mendapatkan makanan yang halal. Maka langkah terbaik adalah dengan patungan membeli bahan makanan dan memasak sendiri, ini akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membeli makanan diluar.

2. Mencari tempat tinggal yang murah

Umumnya mahasiswa yang berasal dari Indonesia memiliki sebuah homestay, dimana nantinya Anda bisa tinggal bersama dengan mahasiswa yang juga berasal dari Indonesia, karena tinggal bersama ini nantinya biaya juga bisa jadi jauh lebih murah. Ada pula program orang tua asuh yang memungkinkan tinggal dengan keluarga lainnya, namun hanya bagi mereka yang berusia di bawah 18 tahun saja, adanya keluarga asuh ini membuat biaya untuk tempat tinggal dan makan juga bisa gratis.

3. Menghemat biaya transportasi dengan menggunakan Smart Rider

Ini adalah sebuah kartu transportasi yang digunakan naik berbagai sarana transportasi umum, dengan menggunakan kartu ini nantinya biaya transportasi pastinya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau naik dengan pembayaran manual, jika ingin lebih hemat lagi belilah sepeda, kemudian tinggalkan di stasiun tempat biasanya berhenti dan gunakan untuk ke kampus.

4. Mencari uang saku tambahan dengan bekerja part time

Ini banyak sekali dipilih oleh mahasiswa dari Indonesia yang kuliah ke luar negeri, bahkan tak jarang diantaranya yang bisa membantu ekonomi keluarga di rumah juga dengan bekerja sambil kuliah semacam ini. apalagi jika dilihat gaji yang dibayarkan juga berdasarkan hitungan jam dengan nominal yang cukup besar jika dirupiahkan, sehingga sangat bermanfaat untuk menambah biaya kuliah dan hidup selama berada disana.

Itulah beberapa langkah menghemat biaya kuliah di Australia yang dapat diterapkan, sehingga tak perlu lagi khawatir masalah biaya hanya untuk menuntut ilmu ke luar negeri.

 

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms