User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Selain mental, baju sesuai cuaca disana, perlengkapan keseharian kamu yang perlu di bawa dan dokumen, budget juga perlu banget kamu pertimbangin. Biaya sewa tempat tinggal, ongkos ke kampus dan selama disana, budget buat beli perlengkapan kampus, biaya makan, dan puluhan list lainnya.

 

Tidak bisa kamu pungkirin, kuliah di luar negeri memang butuh biaya yang cukup besar, tapi kita bisa kok “neken” budget kita selama tinggal di negara orang. Simak beberapa tips buat ngehemat budget kamu selama menempuh pendidikan di liar negeri!

 

  1. Cari temen buat sewa tempat tinggal bareng
    Mungkin awalnya kamu bakal sewa sebuah tempat tinggal buat diri sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu, coba deh kamu cari temen di kampus yang ngekos atau nyewa juga. Pasti banyak banget temen-temen yang mau diajak buat tinggal bareng, soalnya secara gak langsung biaya tempat tinggal kamu bakal dibagi sesuai dengan jumlah temen yang mau sharing sama kamu.
    Tapi cari deh temen yang deket sama kamu, yang cocok dan yang bisa kamu percaya. Kalo gak bakal berat banget dan bikin kamu gak betah. Pertimbangin juga jumlah orang dengan besarnya tempat tinggal kamu, jangan terlalu ramai juga kayak posko bencana alam. hehehe

  2. Belajar masak supaya gak perlu selalu beli makanan
    Ada bagusnya kamu belajar masak sebelom pergi. Kalo kamu bener-bener ga bisa masak, coba buat belajar masakan simple yang kira-kira bisa buat kamu bertahan hidup selama disana. Perbedaan biaya makan antara kamu beli bahan mentah dan masak sendiri sama beli masakan jadi itu jauh banget. Kira-kira bisa 2x lipat! Jadi dengan masak makanan buat diri kamu sendiri di sana bisa ngehemat budget makan kamu sampai setengahnya!

  3. Beli buku bekas
    Biaya buku yang cukup berat, gak kayak di Indonesia yang buku bisa kamu dapetin dengan harga yang gak begitu mahal. Kuliah di luar negeri biasanya harga buku mahal banget. Tipe mayoritas pelajar di dunia adalah beli buku, pakai di kelas, selesai semester bukunya jadi ganjelan pintu. Nah mubazir banget kalau kamu beli buku baru mahal-mahal cuman buat pakai satu semster atau satu tahun. 
    Coba kamu pinjem di perpustakan kalo bisa, kalo gak bisa, coba kamu cari buku-buku bekas yang di jual di situs jual beli atau kamu bisa cari kakak kelas di atas kamu yang mau jual buku bekasnya yang sudah gak terpakai. Di beberapa negara memberikan izin kamu buat fotocopy buku buat perkuliahan selama dipakai buat pribadi, bukan di jual. Tapi coba cari tahu dulu, karena buat beberapa negara hal itu dianggep illegal dan ada hukumnya. Intinya, kamu cari tau dulu kondisi kampus kamu, banyak nanya demi irit.

  4. Kerja Part-time
    Kerja part-time bakal nambah uang jajan kamu. Banyak banget yang mau nampung mahasiswa yang mau kerja part-time. Jenis kerjaannya juga beragam banget, mulai dari jaga toko, pelayan restoran, atau bahkan jadi baby sitter. Buat batas jam kerja mahasiswa International berbeda di tiap negara, tapi mereka bakal kasih tau kamu aturannya sebelum nge-rekrut. Umumnya jadwal kerja buat mahasiswa part-time bakal lebih fleksibel dan kamu bisa atur sama jadwal kuliah. Tapi inget, jangan sampe jadwal kerja kamu ngeganggu studi. Lumayan banget kan buat nambahin biaya bulanan sambil nambah pengalaman.

  5. Belajar hidup hemat
    Kalau selama tinggal di Indonesia kamu suka mandi 1 jam dan bisa sampai menghabiskan air satu bak, atau ninggalin rumah dengan lampu dan AC yang masih nyala, coba deh ubah gaya hidup kamu. Dengan pemakaian air dan listrik yang minimal, bakal ngurangin tagihan akhir bulan kamu. Kalau kamu mau pergi yang deket-deket tempat tinggal kamu, coba kamu jalan atau naik sepeda buat olahraga sekalian ngirit ongkos transport. Lumayan kan, badan sehat dompet juga sehat. hehehe

 

Gimana, sudah niat buat ngirit budget? Lumayan kan, duitnya bisa buat nambahin biaya shopping kamu selama disana. Pasti kalian semua punya daftar barang yang kamu mau beli dan gak bisa kamu temuin di negara sendiri kan?

 

 

 

Ditulis oleh: Angel Sung – Alumni SMK Pariwisata Santa Theresia Jakarta

 
Konsultasi Gratis

Isi formulir registrasi di bawah ini:

Powered by BreezingForms